Sukses

Beauty

Hal yang Harus Dilakukan Setelah dan Sebelum Facial

Fimela.com, Jakarta Facial adalah perawatan kecantikan wajah untuk mengatasi masalah kulit. Perawatan facial ini dilakukan dengan cara mengelupas kulit, atau biasa disebut dengan mengeksfoliasi kulit. Facial tidak hanya dilakukan oleh perempuan saja, namun juga dilakukan oleh lelaki juga.

Facial memiliki banyak manfaat seperti membersihkan jerawat, mengecilkan pori-pori, mengontrol minyak di wajah, meregenerai kulit hingga membantu mencegah penuaan dini.

Walaupun facial adalah perawatan wajah paling dasar yang bisa dilakukan di salon atau klinik kecantikan, namun tidak banyak yang mengerti tentang hal-hal yang harus dilakukan, pada saat sebelum memulai dan setelah melakukan facial. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan setelah dan sebelum melakukan facial, dilansir dari Dream.co.id:

Jenis Facial

Sebelum melakukan facial, lebih baik mengetahui jenis-jenis facial terlebih dahulu. Ada beberapa jenis facial yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti facial dehidrasi untuk membantu menghidrasi kulit, facial detoks untuk mengeluarkan racun di wajah, facial gold untuk mencegah penuaan dini, facial lifting untuk mengencangkan wajah, facial jerawat untuk menghilangkan jerawat dan facial vitamin c untuk mencerahkan wajah.

Selain itu ada beberapa teknik facial wajah seperti menggunakan oksigen, menggunakan ozon, menggunakan jarum dan lain sebagainya.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Facial

Sebelum melakukan perawatan facial, Sahabat Fimela bisa berkonsultasi kepada dokter kulit terlebih dahulu, agar tepat saat menangani masalah kulit wajah. Karena jika salah memilih jenis facial, maka wajah akan teriritasi dan menambah masalah kulit yang baru.

Saat perjalanan ke klinik kecantikan untuk melakukan facial, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, agar kulit tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung, akan mengalami iritasi dan kulit menjadi kemerahan.

Sebelum melakukan facial, biasanya dokter juga menganjurkan agar tidak menggunakan riasan wajah yang terlalu tebal. Karena riasan wajah yang tebal bisa membuat pori-pori tersumbat, dan wajah menjadi sangat kotor karena riasan.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Facial

Hal yang harus dilakukan setelah facial yaitu harus menjaga kulit wajah dengan benar. Setelah keluar dari klinik kecantikan, usahakan menggunakan tabir surya dan menggunakan masker, agar kulit wajah tidak terkena polusi atau debu saat perjalanan, dan agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Setelah facial, pori-pori pada kulit wajah cenderung terbuka dan kulit wajah menjadi lebih tipis. Usahakan jangan menggunakan riasan setelah facial. Gunakanlah riasan sehari setelah melakukan facial.

Sahabat Fimela juga harus rajin merawat kulit wajah di rumah, dengan mencuci wajah dan menggunakan produk perawatan kulit. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit wajah dari dokter, maupun menggunakan produk yang beli di drugstore.

Tips Facial di Rumah

Sebenarnya melakukan facial di salon atau klinik kecantikan membutuhkan durasi waktu satu hingga dua jam. Tentu saja tidak semua orang memiliki waktu luang untuk pergi ke salon atau klinik kecantikan. Untuk melakukan perawatan wajah, kamu juga bisa melakukan facial di rumah dengan perawatan secara alami.

Untuk melakukan perawatan wajah dengan facial, baik di rumah atau pun di salon dan klinik kecantikan, lakukan minimal satu kali seminggu, agar kulit tidak terlalu tipis dan iritasi. Berikut beberapa tips untuk melakukan facial di rumah.

Double Cleansing

Sebelum melakukan facial di rumah, lakukanlah double cleansing untuk mengangkat sisa riasan, debu dan kotoran yang menempel di wajah. Kalau double cleansing ini harus dilakukan setiap hari, pada saat setelah menggunakan riasan wajah.

Double cleansing dilakukan dengan cara membersihkan wajah dengan micellar water, cleansing balm atau cleansing oil terlebih dahulu. Setelah itu gunakanlah facial wash, agar wajah terasa lebih bersih dan siap untuk melakukan facial.

Menguapi Wajah

Karena perawatan facial berfungsi untuk membersihkan pori-pori, dan mengatasi berbagai masalah kulit, kamu bisa menguapi wajah terlebih dahulu untuk membuka pori-pori, setelah melakukan double cleansing.

Menguapi wajah bisa dilakukan dengan mendidihkan air, lalu uapi wajah dengan uap air hangat tersebut. Untuk yang memiliki wajah berjerawat, bisa menguapi wajah dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

Menggunakan Scrub

Setelah pori-pori terbuka, Sahabat Fimela bisa menggunakan scrub atau masker wajah untuk mengatasi masalah kulit. Scrub digunakan untuk mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit dan membersihkan pori-pori sampai yang terdalam.

Ada berbagai macam scrub alami yang bisa digunakan, contohnya teh hijau untuk mendetoks kulit, lemon untuk mengatasi kulit jerawat, kopi untuk membantu mengatasi penuan dini dan masih banyak lagi.

Jika sudah selesai melakukan scrub wajah, bersihkan wajah kembali dengan facial wash, dan lanjutkan menggunakan produk-produk skincare.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Jerawat dengan 3 Bahan Rumahan ala Artis India, Malaika Arora
Artikel Selanjutnya
Review: Facial Wash-Toner yang Mencerahkan dan Lawan Kulit Kusam