Sukses

Beauty

Jerawat dan Beruntusan Saat Pakai Masker Seharian? Atasi dengan 5 Cara Ini

ringkasan

  • dr. Sonia Hanifati Dermato-venereologist Bamed Skin Care beri 5 cara cegah jerawat saat pakai masker
  • Mulai dari cara pemilihan bahan sampai meminimalisir pemakaian skincare

Fimela.com, Jakarta Jerawat dan beruntusan menjadi dua masalah kulit yang sering dikeluhkan di era new normal karena pemakaian masker. Terutama bagi kita yang beraktivitas seharian dengan menggunakan masker.

Masker akan memberikan kelembapan pada wajah yang akan memerangkap moisture alami. Hal itu membuat kelembapan berlebih di wajah dan kemungkinan terjadi sumbatan di pori-pori serta pertumbuhan kuman, bakteri, dan jerawat.

 

dr. Sonia Hanifati Dermato-venereologist Bamed Skin Care pun memberikan cara untuk mengatasi jerawat saat memakai masker. Mulai dari pemilihan bahan dan cara mencuci untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat, kuman, dan bakteri.

Untuk pemilihan bahan, disarankan memakai katun atau sutra. Karena jenis bahan tersebut bisa menyerap kelembapan di wajah.

"Selain itu frekuensi ganti masker juga perlu diperhatikan. Karena sebum dan minyak akan menempel dalam masker, idealnya harus diganti tiap empat jam sekali," lanjut dr. Sonia.

 

 

Cara Mencuci Masker agar Terhindar dari Jerawat

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah cara mencuci masker. Untuk meminimalisir iritasi bertambah pada wajah, saat mencuci, cukup gunakan deterjen.

"Jadi cuci pakai deterjen aja tanpa pewangi dan pelembut untuk mencegah iritasi bertambah," sambungnya. 

Cara selanjutnya adalah double cleansing yang wajib dilakukan jika kita mengaplikasikan makeup. Membersihkan dan mencuci wajah adalah keharusan untuk mencegah pori-pori tersumbat pada area yang tertutup masker.

Dan terakhir, usahakan pemakaian skincare seperlunya. Jika biasanya kita memakai lebih dari 10 tahap, cobalah untuk menyederhanakan pemakaian skincare.

"Skincare juga usahakan tidak usah berlapis, minimal yang diperlukan saat ini adalah moisturizer dan sunscreen. Kalau moisturizernya sudah punya SPF juga bisa skip pakai sunscreen," tutup dr. Sonia.

Simak video berikut

#ChangeMaker 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Memanjangkan Rambut yang Sehat
Artikel Selanjutnya
Review: Tinted Lip Balm Lokal Pigmented yang Instan Melembapkan Bibir