Sukses

Beauty

4 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Bunga kenanga merupakan bunga yang identik dengan kuburan, tetapi memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Bunga kenanga memiliki nama lain Cananga odorata atau ylang-ylang, yang tumbuh di negara Indonesia dan biasanya digunakan untuk pemeakaman.

Bunga kenanga juga tumbuh dengan subur di negara Malaysia dan Filipina. Kemudian bunga kenanga dibudidayakan di negara Madagaskar, Polinesia dan Kepulauan Komoros.

Bunga kenanga memiliki aroma yang sangat wangi, sehingga bisa diolah menjadi parfum atau minyak esensial, yang bisa dijadikan pengharum ruangan atau pengahurm pakaian. Selain itu bunga kenanga juga dijadikan sebagau bahan perawatan kecantikan. Berikut beberapa manfaat bunga kenanga untuk kecantikan, dilansir dari Merdeka.com:

 

Dijadikan Lulur

Manfaat bunga kenanga yang pertama yaitu digunakan sebagai bahan untuk lulur. Lulur merupakan salah satu perawatan kulit tubuh, yang bisa membantu mencerahkan kulit, meregenerasi kulit dan membuat kulit lebih lembut.

Bunga kenangan bisa diolah dan diambil minyaknya. Kemudian minyak tersebut dicampur dengan lulur organik yang kamu punya. Minyak bunga kenanga ini bisa membantu mengoptimalkan fungsi lulur atau masker, agar saat diaplikasikan ke tubuh dan digosok, tidak menyebabkan iritasi kulit atau melukai kulit.

 

Mengatasi Jerawat

Bunga kenanga dipercaya bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Tentu saja jerawat yang membandel bisa membuat kepercayaan diri seorang perempuan menurun. Apalagi jika disertai peradangan jerawat yang membuat wajah memerah.

Minyak dari bunga kenanga bisa dioleskan pada area kulit berjerawat, untuk membantu mengeringkan jerawat membandel, mengurangi kemerahan di wajah, membunuh bakteri jerawat dan memudarkan bekaas jerawat di wajah.

Mengatasi Jamur di Kulit

Infeksi jamur bisa saja muncul di kulit tubuh atau wajah. Infeksi jamur ini disebut dengan panu. Kalau kulit terinfeksi jamur, biasanya akan timbul bercak warna putih di kulit, kulit menjadi kering dan ruam disekitar kulit yang tumbuh jamur.

Di dalam bunga kenanga terkandung linalool, yang memiliki sifat antibakteri, antijamur dan anti inflamasi. Bunga kenanga ini terkenal bisa membantu membunuh infeksi jamur candida albicans.

 

Menjaga Kecantikan Rambut

Bunga kenanga juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan rambut. Rambut yang kusam, lepek dan bau sangat mengganggu penampilan, karena sangat susah untuk diatur dan bisa menyebabkan ketombe.

Minyak bunga kenanga bisa digunakan sebagai masker rambut. Karena minyak dari bunga kenanga ini bisa membantu menghaluskan rambut, menghilangkan ketombe, mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi lebih wangi. 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Alami yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kolagen di Kulit
Artikel Selanjutnya
Urutan Zodiak Paling Cantik dalam Astrologi Menurut Ahli