Sukses

Beauty

Cara Alami yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kolagen di Kulit

Fimela.com, Jakarta Semakin bertambahnya usia, kulit akan mengalami proses penuaan dini seperti elastisitas berkurang, munculnya noda-noda hitam di kulit, kantung mata mengendur dan munculnya kerutan di kulit.

Penuaan dini juga bisa saja disebabkan karena terlalu sering menggunakan riasan, kulit terpapar matahari, terlalu sering begadang, kurangnya mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, hingga penggunaan masker kain juga berpengaruh. Penyebab-penyebab ini bisa membuat produksi kolagen di dalam tubuh berkurang.

Kolagen adalah protein yang dibutuhkan kulit, untuk menjaga elatisitas kulit, mempercepat pertumbuhan kulit dan membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit. Berikut cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kolagen di kulit, dilansir dari Merdeka.com:

Wajib Minum Air Putih

Kulit yang mengalami penuaan dini, biasanya terlihat lebih kusam, kering dan muncul kerutan di wajah. Kulit mengalami penuaan dini, bisa jadi karena kulit dehidrasi atau kekurangan cairan.

Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, bisa membantu menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Sehingga air putih sangat baik dikonsumsi untuk mencegah proses penuaan dini pada kulit. Selain itu, air putih juga berfungsi untuk menjaga sistem kerja organ tubuh.

Menggunakan Air Dingin

Saat tubuh sedang lelah dan lagi banyak pikiran, solusi paling bagus adalah berendam atau mandi dengan air hangat. Pasalnya air hangat bisa membantu tubuh dan pikiran lebih rileks, serta mengurangi pegal-pegal di bagian tubuh.

Namun terlalu sering menggunakan air hangat, bisa menurunkan produksi kolagen di kulit, membuat kulit bersisik, terlalu kering hingga mengelupas.

Agar produksi kolagen di kulit tetap terjaga, kulit selalu terhidrasi dan mengurangi proses penuaan dini, kamu bisa mandi menggunakan air dingin, dan gunakan air hangat seminggu satu kali.

 

Menggunakan Pelembap

Untuk membantu meningkatkan kolagen pada kulit, Sahabat Fimela bisa menggunakan pelembap, yang berfungsi untuk melembutkan kulit, mencerahkan kulit dan juga membuat kulit lebih kenyal.

Penggunaan pelembap tidak hanya di gunakan pada kulit wajah saja. Namun juga perlu digunakan pada kulit yang ada di tubuh. Penggunaan pelembap harus selalu digunakan pada pagi, siang dan malam hari sebelum tidur.

Menggunakan Tabir Surya

Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kulit cepat kering, kusam, noda hitam muncul di kulit dan elastisitas pada kulit menurun.

Maka dari itu, setelah menggunakan pelembap, ada baiknya menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30++. Karena tabir surya bisa membantu menjaga kulit agar lebih awet muda, melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan membantu menjaga produksi kolagen di dalam kulit.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara terakhir yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen secara alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti kale, bayam, brokoli dan sawi, karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini bisa membantu menangkal radikal bebas, yang bisa merusak jaringan sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Lalu konsumsilah buah-buahan yang kaya akan vitamin C, vitamin E dan vitamin A, untuk membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit, serta membantu mencerahkan kulit.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Urutan Zodiak Paling Cantik dalam Astrologi Menurut Ahli
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal, Ini Kata Pakar tentang Menggunakan Garam Epsom untuk Mengatasi Jerawat