Sukses

Beauty

5 Penyebab Wajah Mudah Berminyak dan Terlihat Kusam

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah yang mudah berminyak dan tampak kusam pastinya menjadi masalah kulit bagi perempuan yang sangat mengganggu dan bisa membuat tidak percaya diri. Saat kulit wajah berminyak, tekstur kulit tentunya tidak lagi lembap dan tidak terlihat segar karena kelebihan minyak yang ada pada wajah membuatnya mengkilap.

Tidak hanya itu saja, kulit wajah yang mudah berminyak juga bisa berakibat terhadap munculnya jerawat dan sejumlah gangguan kulit wajah lainnya. Awalnya mungkin bisa disiasati dengan rajin touch-up. Namun, jika kulitmu terus saja berminyak, maka kamu perlu tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Begitu juga dengan kulit wajah yang mudah terlihat kusam walaupun sudah kamu poles dengan sejumlah produk skincare berkualitas. Tentunya kondisi-kondisi tersebut aka membuatmu heran sampai stres karena permasalahan kulit wajah yang tidak kunjung selesai.

Maka dari itu, kamu sebaiknya mengenal apa saja yang menyebabkan kulit berminyak dan kusam. Dilansir dari Liputan6.com, berikut 5 penyebab wajah mudah berminyak dan terlihat kusam. Selengkapnya dibawah ini.

Faktor Makanan

Penyebab kulit wajah mudah berminyak dan tampak terlihat kusam yang pertama ialah karena faktor makanan yang kamu konsumsi. Kamu perlu tahu bahwa ada beberapa jenis makanan yang berpengaruh terhadap kondisi kulit wajah menjadi lebih mudah berminyak dan tampak kusam.

Beberapa jenis makanan tersebut ialah produk olahan susu dan minuman yang mengandung kafein. Produk olahan susu atau dairy products seperti susu, keju, yogurt, es krim, susu kental manis, susu bubuk, maupun susu kemasan kerap dianjurkan untuk dihindari dalam berbagai jenis diet. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan.

Produk olahan susu memang kaya akan kalsium, tetapi produk tersebut juga kaya akan kandungan hormon yang tinggi. Hal ini dapat menstimulasi kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak pada kulit.

Hal ini serupa ketika kamu hobi mengonsumsi kopi yang mengandung kafein karena kopi dapat membuat tubuh kamu kekurangan cairan. Sementara itu, saat tubuh dan kulit kamu kekurangan cairan, tubuh akan secara refleks mengonsumsi lebih banyak minyak.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Berikutnya, penyebab kulit wajah mudah berminyak dan tampak terlihat kusam ialah karena terlalu sering mencuci wajah. Pasti kamu heran mengapa sering mencuci wajah justru dapat menyebabkan kulit wajah mudah berminyak, alasannya mudah saja karena terlalu sering mencuci wajah dapat membuat kulit menjadi kering.

Ketika dalam kondisi kering maka, kulit akan bereaksi untuk memproduksi minyak berlebih. Sebaiknya, kamu cukup mencuci wajah dua kali sehari dan tidak lebih dari itu. Cuci muka di pagi hari untuk menyiapkan kulit beraktivitas dan di malam hari untuk membersihkan kulit dari rias wajah dan polutan lingkungan selama seharian.

Mengabaikan Pelembap Wajah

Selanjutnya, penyebab kulit wajah mudah berminyak dan terlihat kusam ialah karena kamu sering mengabaikan pelembap wajah. Mempunyai kulit berminyak mungkin membuatmu berpikir bahwa wajahmu tidak memerlukan pelembap lagi. Namun, ternyata melewatkan penggunaan pelembap bisa membuat kulit lebih berminyak. Hal ini karena pelembap bekerja untuk meminimalkan persepsi kulit bahwa ia terlalu kering.

Menggunakan pelembap pada wajah berminyak dapat membantu kulit tetap terhidrasi. Menambahkan kelembaban ke kulit sebenarnya membantu mengurangi minyak di wajah karena membantu memperlambat produksi sebum. Oleh karena itu, agar kulit wajah bebas dari minyak, maka sebaiknya kamu rutin menggunakan pelembap wajah.

Berlebihan dalam Menggunakan Face Scrub

Keempat, penyebab lainnya yang bisa membuat kulit wajah mudah berminyak dan terlihat kusam ialah berlebihan dalam menggunakan face scrub atau lulur wajah. Scrubbing atau pengelupasan kulit memang penting untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Namun, penggunaannya yang terlalu sering dan terlalu kuat akan menyebabkan kulit menghasilkan lebih banyak minyak sebagai respons alaminya.

Tidak hanya itu saja, scrubbing yang terlalu kuat juga akan mengikis kulit dan menyebabkan iritasi. Daripada berlebihan dalam menggunakan face scrub, lebih baik kamu beralih ke perawatan asam salisilat. Asam salisilat adalah lipofilik yang mampu melarutkan minyak. Zat ini mampu menembus ke dalam pori-pori dan mengeringkan kulit berminyak. Namun, penggunaannya juga tak boleh berlebihan.

Menggunakan Produk Penyumbat Pori

Terakhir, penyebab kulit wajah mudah berminyak dan juga terlihat kusam ialah karena kamu menggunakan beberapa produk yang efeknya menyumbat pori-pori. Jika kulit sudah terlalu banyak memproduksi minyak, jauhi produk apapun yang dapat menghalangi kelenjar minyak, folikel rambut, atau pori-pori. Produk yang menyumbat pori-pori akhirnya akan menyebabkan jerawat dan komedo.

Sebaiknya, pilihlah produk perawatan kulit yang berlabel non-komedogenik. Ini berarti produk-produk ini tidak akan menyumbat pori-pori dan menjebak minyak yang menyebabkan kulit makin berminyak.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tahapan yang Tepat Membersihkan Kuas dan Sponge Makeup di Masa Pandemi
Artikel Selanjutnya
Alami Jerawat Akibat Masker, Drew Barrymore Atasi dengan Cara Ini