Sukses

Beauty

7 Kandungan Makeup yang Harus Dihindari Jika Kulit Mudah Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Jika sahabat Fimela memiliki kulit wajah sensitif yang mudah berjerawat, pastikan berhati-hati dalam memilih produk makeup.

Walau produk tersebut sedang hits atau terlihat cocok untuk tampilanmu, belum tentu aman untuk kesehatan kulit. Untuk itu, ada beberapa kandungan atau bahan yang harus dihindari jika kulit mudah berjerawat.

Kandungan apa saja? Berikut ulasannya melansir Byrdie.

Minyak

Produk mengandung minyak termasuk almond dan alpukat serrta minyak kelapa sebaiknya tidak masuk ke dalam list untuk kandungan makeup-mu. Rhonda Klein, MD, MPH, FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology di Westport, CT, mengatakan walau bahan alami bukan berarti tidak menyebabkan masalah pada kulit.

"Minyak ini sangat komedogenik dan harus dihindari. jika memiliki kulit yang mudah berjerawat," papar Shari Sperling, MD, dokter kulit di Sperling Dermatology di Florham Park.

Silikon

Menurut Deanne Robinson, M.D., FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology, silikon adalah bahan lain yang harus dihindari dalam riasan terutama primer, yang sering ditambahkan untuk memberi produk tekstur yang lembut dan tahan air. Dan dapat menyebabkan dehidrasi dan penyumbatan pori. Bahan yang mengental dan menghidrasi yang harus dicari adalah asam hialuronat.

Wewangian

Ini benar-benar berlaku untuk semua wewangian buatan yang ditambahkan ke riasan, tetapi Deanne Robinson mengatakan yang harus diperhatikan adalah benzaldehida. “Benzaldehyde adalah wewangian buatan yang digunakan oleh beberapa produsen makeup. Seperti wewangian lainnya, dapat menyumbat pori-pori," jelasnya. Wewangian sangat mengiritasi dan dapat menyebabkan alergi dan jerawat.

 

Lanolin

Menurut Shari Sperling, lanolin adalah bahan utama yang harus dihindari jika memiliki kulit yang rentan berjerawat. Jadi harus sangat berhati-hati saat memeriksa label produk. Lanolin adalah sebum, atau minyak kulit domba dan sangat komedogenik dan dapat menyebabkan lebih banyak jerawat pada kulit.

Nama lain untuk lanolin adalah, acetylated lanolin alcohol, ethoxylated lanolin, PEG 16 lanolin dan solulan 16. Lanolin juga dapat menjadi pemicu terjadinya dermatitis kontak.

Petrokimia

Menurut Robinson, bahan ini sebenarnya tidak akan disebut "petrokimia" pada labelnya — tetapi tetap berbahaya bagi kesehatan. Petrokimia dapat muncul di label kosmetik dengan kedok lilin parafin, minyak mineral, atau petrolatum, "Ini adalah bahan kimia yang digunakan untuk menjaga umur simpan produk, tetapi dapat menyumbat pori-pori," jelasnya.

Natrium klorida

Ini adalah nama lain untuk garam biasa, yang tidak disangka akan ada di riasanmu. Terkadang garam ditambahkan ke produk sebagai zat pengental.

Namun, jika rentan berjerawat, itu adalah sesuatu yang harus dihindari. Sodium Chloride, nama lain dari garam biasa, digunakan untuk jenis alas bedak tertentu. Mirip dengan makanan asin, bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan lebih banyak jerawat, terutama di bagian dagu dan sekitar mulut,” ungkap Shari Sperling.

D & C Merah

Bahan ini kemungkinan besar adalah sesuatu yang hanya akan ditemukan pada perona pipi terutama karena warnanya merah tetapi Shari Sperling mengatakan yang memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat juga harus dihindari.

“D & C Red adalah pewarna sintetis yang dihasilkan dari minyak bumi atau batubara, sering digunakan dalam kosmetik berwarna. Meski sebagian dari warna-warna ini sudah tidak boleh digunakan lagi," tutupnya. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading