Sukses

Beauty

Cara Atasi Rambut Rontok dari Luar dan Dalam dengan Tepat

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok masuk ke dalam tiga masalah rambut utama yang dialami oleh perempuan Indonesia. Faktor penyebab rambut rontok pun beragam. Mulai dari radikal bebas hingga gaya hidup yang memicu rambut rontok.

Clarin Hayes merupakan beauty enthusiast memiliki kondisi rambut panjang dengan batang rambut yang tebal. Sehingga masalah rambut yang kerap dihadapi adalah rambut rontok akibat beratnya batang rambut. Untuk mengatasi hal tersebut, Clarin melakukan sejumlah perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan.

"Rambut itu mahkotanya perempuan. Ini adalah berkat yang mesti dirawat. Alasannya dengan rambut yang sehat dan indah jadi bikin lebih PD aja," ujar Clarin Hayes.

Dalam sesi Hair and Beauty DIY Class secara daring, Clarin Hayes merasa bahwa perawatan rambut tidak cukup hanya dari luar dengan menggunakan produk perawatan rambut. Melainkan juga tetap harus dilakukan perawatan dari dalam.

Perawatan rambut rontok dari dalam dimulai dengan memiliki gaya hidup dan mendapatkan asupan nutrisi yang tepat. Clarin menyarankan untuk lebih banyak makan makanan yang tidak diproses. Sehingga tubuh mendapatkan nutrisi secara utuh.

 

Makanan yang direkomendasikan

Salah satu jenis makanan yang direkomendasikan Clarin adalah vitamin C yang berasal dari buah. Vitamin C sendiri menjadi bahan baku kolagen sehingga membantu kulit dan rambut meregenerasi dirinya sendiri.

Selain itu ada juga protein yang menjadi sumber nutrisi dan membantu pertumbuhan jaringan baru. Salah satunya dengan mengonsumsi telur. Jika kamu merasa kandungan kolesterol pada telur terlalu tinggi, kamu bisa mengonsumsi putih telurnya saja.

Sayuran menjadi penting sebagai salah satu sumber antioksidan. Sehingga dapat membantu rambut menangkal radikal bebas. Konsumsi nutrisi harus dibarengi dengan olahraga dan tidur cukup. Saat kurang tidur akan berdampak pada penampilan rambut rontok dan kusam.

 

Perawatan rambut rontok dari luar

Sementara, untuk perawatan rambut rontok dari luar dimulai dengan membersihkan rambut secara rutin. Jadwal keramas setiap orang berbeda tergantung dari jenis dan kebutuhan rambutnya.

"Frekuensi keramas orang beda-beda. Kalau berminyak dan lepek biasanya keramas tiap hari. Tapi kalau ngga terlalu banyak ngga perlu keramas tiap hari," ungkap Clarin.

Setelah keramas, Clarin memiliki kebiasaan menggunakan kondisioner hingga ujung rambut. Memastikan setiap batang rambut ternutrisi dengan baik. Jangan lupa untuk membilas rambut hingga bersih.

Setelah itu, Clarin mengaplikasikan hair tonic di bagian kulit kepala. Fungsinya untuk merawat kulit kepala agar rambut tidak mudah lepas. Terakhir, gunakan vitamin rambut atau hair oil di bagian batang rambut.

Bagi kamu yang kerap menggunakan alat styling diwajibkan untuk menggunakan heat protector. Fungsinya, melindungi rambut dan mencegah rusaknya kutikula yang dapat menyebabkan rambut patah.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Ternyata Pandemi Bisa Memperparah Permasalahan Jerawat, Simak Tips Perawatannya
Artikel Selanjutnya
Cushion Paling Dinanti Hadir di Indonesia, Simak Apa Saja Kelebihannya