Sukses

Beauty

6 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe, Salah Satunya dengan Kimci

Fimela.com, Jakarta Kulit kepala gatal, serpihan putihan karena kulit kepala mengelupas menjadi gejala khas rambut ketombe. Penyebab masalah ini ialah kulit kering, dermatitis, hingga jamur.

Meskipu banyak produk shampo anti ketombe yang ijual bebas, namun sahabat Fimela juga dapat mencoba rutinitas perawatan rambut bebas ketombe dengan bahan alami. Melansir healthline, berikut ini beberapa bahan rumahan yang bisa digunakan.

1. Tea tree oil

Te tree oil memiliki anti mikroba dan anti inflamsi yang dapat meringankan ketombe. Cara terbaik menggunakannya debfab mencampurkan beberapa tetes tea tree oil kedalam minyak kelapa. Jadi jangan mengoleskan ke kulit kepada langsung karena tea tree oil menyebabkan iritasi pada pemiliki kulit sensitif.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit.

3. Lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal menjadi tanaman yang baik untuk perawatan rambut. Cara hanya dengan mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala, ketombe pun akan berkurang.

4. Kurangi stres

Stres diyakini memengaruhi banyak aspek kesehatan dan kesejahteraan. Itu dapat mempengaruhi segalanya mulai dari kondisi kronis hingga kesehatan mental.

Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan ketombe, itu dapat memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal.Untuk menjaga tingkat stres tetap terkendali, cobalah beberapa teknik pengurangan stres, seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau aromaterapi.

5. Tingkatan asupan omega 3

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam tubuh.Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk rambut kering, kulit kering, dan bahkan ketombe.

Ikan berlemak seperti salmon, trout, dan mackerel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Serta dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan atau menambah asupan makanan kaya omega-3 lainnya seperti biji rami, biji chia, dan kenari.

6. Makan Lebih Banyak Probiotik

Probiotik adalah jenis bakteri menguntungkan yang baik untuk kesehatan. Probiotik juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan mengurangi keparahan ketombe pada 60 orang.

Probiotik juga bisa ditemukan di berbagai jenis makanan fermentasi, seperti kombucha, kimchi, tempe, sauerkraut.

 

#changemaker

;
Loading