Sukses

Beauty

5 Cara Alami Mengatasi Kulit Belang yang Tidak Mengiritasi Kulit

Fimela.com, Jakarta Memiliki warna kulit yang tidak rata atau yang disebut dengan kulit belang, membuat perempuan menjadi tidak percaya diri. Kondisi kulit belang ini bisa saja disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari, akibat banyaknya aktivitas di luar ruangan.

Area tubuh yang paling sering mengalami belang adalah kaki, tangan, leher dan area yang tidak tertutup oleh pakaian. Bahkan area tangan yang tertutup jam, biasanya lebih cerah dibanding kulit yang tidak tertutup jam tangan.

Selain disebabkan karena paparan sinar matahari yang meningkatkan produksi pigmen melanin, kulit belang juga disebabkan karena kulit kotor, infeksi dan pengaruh obat tertentu. Berikut cara alami mengatasi kulit belang yang tidak mengiritasi kulit:

Cara Alami Mengatasi Kulit Belang

1. Kunyit dan Lemon

Cara alami yang pertama adalah menggunakan bahan kunyit dan lemon, untuk membantu mengatasi kulit belang yang tidak mengiritasi kulit. Kedua bahan ini merupakan bahan alami yang sangat populer di dalam dunia kecantikan. Karena kunyit memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri, yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit, tanpa membuat kulit menjadi iritasi dan mengurangi peradangan pada kulit.

Sedangkan lemon memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan kolagen di dalam tubuh, sehingga bisa membantu mencerahkan kulit yang belang. Cara menggunakan kedua bahan ini sangat mudah, hanya dengan mencampur bubuk kunyit dengan perasan air lemon, lalu aduk hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian kulit yang belang. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Air Beras

Air cucian beras juga bisa digunakan sebagai bahan alami, yang bisa membantu menghilangkan kulit belang tanpa mengiritasi kulit. Beras juga sangat populer di dunia kecantikan, bahkan beberapa produk kecantikan dibuat dengan bahan dasar beras. Air cucian beras memiliki kandungan asam ferullic serta allantoin.

Kandungan ini bisa membantu mencerahkan kulit yang belang, meredakan iritasi kulit, mengurangi kemerahan akibat kulit terbakar matahari dan bisa membuat kulit terasa lebih halus. Cara membuatnya sangat mudah, hanya dengan mencuci beras dengan air hingga air berwarna seperti susu. Setelah itu pisahkan beras dengan airnya. Lalu endapkan air beras ini, dan gunakanlah sebagai lulur dengan mengoleskan ke area kulit yang belang.

 

Cara Alami Mengatasi Kulit Belang

3. Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun dan madu baik digunakan untuk kulit dan tidak mengiritasi kulit. Perpaduan minyak zaitun dan madu, bisa membantu menjaga kelembapan kulit, melindungi sel kulit agar tidak rusak, meregenerasi kulit dan membantu mencerahkan kulit. Kamu hanya perlu mencampurkan 4sdm minyak zaitun dengan 2sdm madu, lalu aduk semua bahan hingga tercampur, lalu oleskan ke kulit setelah mandi.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit seperti meredakan kemerahan pada kulit, mencerahkan kulit, menyembuhkan luka bakar dan juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut serta lembap. Untuk menggunakan lidah buaya ini sangat mudah, hanya dengan menggunakan lidah buaya yang baru dipetik, lalu ambil gel yang bening dan berlendir, oleskan pada bagian kulit yang belang, tunggu selama 15menit dan bilas hingga bersih.

5. Kentang dan Susu

Cara alami yang terakhir untuk membantu menghilangkan kulit belang, yaitu dengan cara menggunakan kentang dan susu. Kedua bahan alami ini memiliki kandungan mineral yang bersifat antibiotik. Kandungan ini bisa membantu mencerahkan kulit tubuh, menangkal radikal bebas dan memperbaiki tekstur kulit. Rebuslah kentang hingga empuk, lalu halus kan kentang dan campur dengan 2sdm susu. Aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Oleskan kedua bahan ini ke kulit yang belang, diamkan hingga 30menit dan bilas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading