Sukses

Beauty

5 Cara Alami untuk Cerahkan Kulit Kusam Secara Efektif

Fimela.com, Jakarta Kulit kusam tentu kondisi yang paling ditakutkan. Tapi, hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Walau sudah melakukan ragam perawatan, terkadang kulit kusam sulit diatasi. Penyebab kulit kusam sangat beragam, mulai dari agresi lingkungan, stres, hingga penuaan dini.

Bingung menggunakan skincare yang berada di pasaran, kamu bisa atasi kulit kusam agar bisa kembali cerah dengan 7 bahan alami. Perlahan namunpasti, bahan alami ini optimal cerahkan kulit kusam. Penasaran apa saja dan bagaimana cara mengaplikasikannya? Seperti yang dilansir dari Stylecraze.com, simak selengkapnya berikut ini.

Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan dikenal dengan anti-pigmentasi yang efektif atasi noda dan cerahkan kulit. Lemon bisa dijadikan masker untuk kulit, namun ingat kandungan asam yang tinggi tentu tidak serta merta dioleskan begitu saja.

Caranya:

Peras lemon ke dalam wadah, gunakan kapas untuk aplikasikan sari lemon ke wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air bersih. Lakukan dua kali dalam satu minggu untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Sebelum aplikasikan, lakukan patch test pada bagian kecil kulit, jika tidak menunjukkan gejala alergi, maka kamu bisa mengaplikasikannya pada kulit. Jangan lupa untuk gunakan sunscreen setelah mengaplikasikannya pada keesokan harinya dan hindari pemakaian di siang hari karena bisa jadikan kulit teriritasi. 

.

2. Madu

Madu mengandung alpha-hydroxy acid dan kandungan bioaktif lainnya yang dapat mengurangi efek hiperpigmentasi pada kulit sekaligus melembapkan dengan optimal.

Cara menggunakan

Oleskan tipis madu pada wajah dan leher, diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan selama dua kali dalam satu minggu.

3. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya juga memiliki kandungan yang dapat menghambat proses terbentuknya melanin dan menjadikan kulit lebih cerah.

Caranya:

Gunakan ekstrak aloe vera dan campur dengan gula merah halus (brown sugar), lalu palikasikan pada kulit selama 15 menit. Jika sudah bilas dengan air bersih sambil scrub perlahan. Sel kulit mati perlahan akan terangkat sempurna dan kulit jadi lebih cerah tanpa membuatnya teriritasi.

4. Yogurt

Sedangkan yogurt juga baik untuk atasi kulit kusam dan efektif atasi tanda penuaan di kulit.

Caranya: Campurkan yogurt segar dengan 1/2 teh sendok madu. Aplikasikan pada kulit sebagai masker selama 15 menit. Lakukan secara rutin, setidaknya dua kali dalam satu minggu. Jangan lupa bilas dengan air mengalir dan aplikasikan pelembap setelahnya.

Pepaya

Sedangkan pepaya memang dipercaya dengan kemampuannya untuk mencerahkan kulit dan membantu meningkatkan kolagen pada kulit.

Caranya:

Hancurkan pepaya, tambahkan sedikit air lemon, lalu aplikasikan pada kulit selama 10 menit dan jika sudah, bilas dengan air bersih.

Penggunaan bahan alami memang lebih aman, namun membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk melihat efektivitasnya pada kulit.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading