Sukses

Beauty

5 Penyebab Jerawat Batu di Pipi yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang sering muncul di wajah, yang bisa mengganggu penampilan dan membuat sakit. Jerawat memiliki banyak jenis yang berbeda, salah satunya adalah jerawat batu. Jerawat batu bisa dialami segala usia.

Jerawat batu yang muncul di bagian pipi, bisa saja terjadi akibat adanya acne mechanica. Kondisi ini muncul akibat kulit terkena gesekan, seperti saat mengangkat telepon, saat tidur pipi menyentuh bantal atau mengeringkan dengan handuk yang kasar. Sehingga hal ini harus diwaspadai, agar kondisi jerawat tidak semakin buruk.

Selain muncul karena ada gesekan pada pipi, ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan jerawat batu di pipi. Sebaiknya hindari penyebab jerawat batu, untuk menjaga kulit tetap sehat. Berikut penyebab jerawat batu di pipi yang jarang diketahui:

Penyebab Jerawat Batu

1. Faktor Keturunan

Penyebab jerawat batu di pipi yang pertama yaitu faktor keturunan atau faktor genetika. Jerawat bisa saja diturunkan oleh orang tua ke anaknya, jika orang tua memiliki kulit berminyak dan sering berjerawat. Walaupun jerawat batu bisa muncul karena faktor keturunan, tetapi kita tidak boleh menyalahkan orang tua kita. Cukup menjaga kulit wajah agar lebih lembap, produksi minyak terkontrol dan menggunakan produk perawatan yang bisa membantu mengempeskan jerawat batu.

 2. Hormonal

Jerawat batu yang muncul di bagian pipi sering kali dikaitkan dengan faktor hormonal. Hormon pada seorang perempuan bisa saja berubah-ubah, seperti saat masa pubertas, datang bulan, hamil dan menopause. Saat jerawat batu muncul akibat faktor hormonal, hal ini disebabkan karena hormon androgen lebih banyak di dalam tubuh manusia, yang bisa memicu timbulnya jerawat batu di pipi, kulit lebih berminyak dan muncul komedo.

Penyebab Jerawat Batu

3. Lapisan Kulit Rusak

Penyebab jerawat batu yang muncul di pipi bisa juga disebabkan karena lapisan kulit rusak. Lapisan kulit yang rusak ditandai dengan sel kulit yang tidak seimbang, sel kulit mati menumpuk dan bertumbuhan sel kulit terhambat. Lapisan kulit yang rusak ini, membuat radikal bebas menjadi lebih mudah menyerang kulit, membuat wajah menjadi lebih banyak komedo, kondisi kulit menjadi berminyak hingga menyebabkan jerawat batu.

4. Menggunakan Riasan Tebal

Tak perlu diperdebatkan lagi, menggunakan riasan wajah yang tebal bisa menyebabkan jerawat batu tumbuh di pipi. Apalagi jika menggunakan riasan tebal seharian, tanpa mengganti riasan setelah digunakan seharian. Menggunakan riasan yang tebal bisa memicu kulit menjadi lebih berminyak. Untuk itu, berhati-hatilah saat menggunakan produk makeup.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

Selain disebabkan karena wajah terkontaminasi hal-hal yang kotor, penuh debu dan virus penyebab penyakit, jerawat batu yang muncul di bagian pipi juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat. Kalau kamu menyukai makanan dan minuman manis, akan memicu jerawat batu tumbuh di pipi, karena makanan dan minuman manis bisa meningkatkan produksi insulin di tubuh. Insulin tinggi akan menyerang bagian wajah dan bisa memicu munculnya jerawat batu, akibat kulit wajah berminyak dan pori-pori tertutup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading