Sukses

Beauty

10 Cara Menghilangkan Belang di Wajah Secara Alami Tanpa Efek Samping

Fimela.com, Jakarta Kulit belang merupakan sebuah kondisi saat warna kulit tidak rata. Kulit belang ini bisa disebabkan karena terlalu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, jarang menggunakan sunscreen dan banyak faktor lainnya.

Kulit yang sering mengalami warna belang adalah wajah, kaki, tangan dan leher. Karena bagian tubuh ini tidak tertutup oleh pakaian saat melakukan aktivitas harian.

Kulit belang bisa diatasi dengan berbagai cara. Untuk menghilangkan kulit belang di area wajah, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang tidak memiliki efek samping jika digunakan, berikut cara menghilangkan belang di wajah, dilansir dari Brilio.net:

Penyebab Kulit Belang yang Perlu Kamu Ketahui

Kulit merupakan bagian luar tubuh yang terlihat oleh mata. Jika kulit belang, bisa mengganggu penampilanmu yang membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Kulit belang bisa disebabkan karena beberapa faktor, bisa juga dijadikan pertanda suatu kondisi tubuh yang kurang baik.

Penyebab kulit belang bisa dikarenakan melasma, yang sering kali dikaitkan pada perubahan hormon pada seorang perempuan. Kulit wajah yang belang karena melasma ini, biasanya dialami perempuan pada saat memasuki usia 20tahun ke atas dan saat hamil.

Solar lentiginosis merupakan kondisi kulit wajah belang yang sering terjadi pada usia diatas 40tahun. Kulit belang yang satu ini disebabkan karena adanya sentuhan langsung dari sinar matahari dalam waktu lama, yang menyebabkan munculnya bintik-bintik kecokelatan di wajah.

Dalam beberapa kondisi tubuh, kulit wajah belang juga bisa disebabkan karena kelainan kulit seperti vitiligo. Kulit wajah yang belang karena vitiligo ini, terjadi karena adanya gangguan autoimun.

Karena adanya luka pada kulit, juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi belang, seperti luka gores, luka bakar dan luka infeksi, yang menyebabkan kulit kehilangan pigmennya.

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang cara menghilangkan kulit belang di wajah, yang disebabkan karena terkena paparan lansung sinar matahari, kulit mengalami penuaan dini dan terpapar radikal bebas.

Menghilangkan Belang dengan Air Beras, Kunyit dan Lemon

Air Beras

Cara alami menghilangkan kulit belang yang pertama, yaitu dengan menggunakan air cucian beras untuk merawat kulit belang di wajah. Air cucian beras ini dipercaya bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang belang, tanpa menimbulkan efek samping pada kulit wajah.

Metode perawatan kulit dengan air cucian beras ini sangat populer di dunia kecantikan. Karena air cucian beras memiliki kandungan asam ferullic serta allantoin, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah belang, meredakan iritasi kulit, mengurangi kemerahan akibat kulit terbakar matahari dan bisa membuat kulit terasa lebih halus.

Cara membuatnya sangat mudah, cucilah beras dengan air hingga air berwarna seperti susu. Lalu pisahkan beras dengan airnya, dan endapkan air beras ini semalaman, setelah itu jadikan sebagai masker wajah di esok harinya.

Kunyit dan Lemon

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan kunyit dan lemon, yang bisa mengatasi kulit wajah yang belang, tanpa memberikan efek samping pada kulit yang mengalami belang.

Kunyit dan lemon adalah bahan alami yang populer di dunia kecantikan. Karena kunyit memiliki sifat sebagai antiseptik dan lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Perpaduan dari dua bahan alami ini, bisa membantu mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah.

Cara menggunakan kedua bahan ini sangat mudah, hanya dengan mencampur bubuk kunyit dengan perasan air lemon, lalu aduk hingga menjadi pasta dan oleskan pada bagian kulit yang belang. Diamkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya, Minyak Zaitun dan Madu

Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya bisa membantu menghilangkan kulit belang di wajah. Karena lidah buaya ini memiliki kandungan yang baik untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan di dalam lidah buaya memiliki sifat antioksidan, yang bisa membantu mencerahkan kulit, mengurangi peradangan dan bisa membuat kulit menjadi lebih lembut.

Kamu bisa menggunakan gel dari lidah buaya yang baru saja dipetik, lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang belang dan diamkan selama 15 menit. Cara ini bisa digunakan setiap 3 kali dalam seminggu agar hasilnya optimal.

 

Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun dan madu merupakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping, kalau kedua bahan ini dipadukan untuk dijadikan masker wajah, yang ampuh untuk menghilangkan kulit wajah yang mengalami belang.

Selain mampu mencerahkan kulit wajah yang belang, kedua bahan alami ini mampu melembapkan kulit, melindungi lapisan kulit, menjaga kulit radikal bebas dan membuat kulit terasa lebih halus.

Kamu hanya perlu mencampurkan 4sdm minyak zaitun dengan 2sdm madu, lalu aduk semua bahan hingga tercampur, lalu oleskan ke kulit setelah mandi.

Bengkoang, Kentang dan Susu

Bengkoang

Cara menghilangkan kulit belang yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bengkoang. Buah bengkoang merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan vitamin B, yang aman digunakan untuk merawat kulit belang tanpa memberikan efek samping.

Kandungan yang terdapat pada buah bengkoang, bisa membantu merangsang pertumbuhan sel kulit, mencerahkan kulit wajah yang belang, menghaluskan kulit dan membuat kulit wajah tampak lebih bersinar.

Cara menggunakan bengkoang untuk menghilangkan kulit belang sangatlah mudah. Bengkoang bisa diparut, lalu peras sari bengkoang dan jadikan masker wajah setiap seminggu 3 kali sebelum mandi.

 

Kentang dan Susu

Kentang dan susu juga bisa dijadikan bahan untuk menghilangkan belang di kulit wajah. Karena kedua bahan alami ini memiliki kandungan yang kaya akan mineral, yang memiliki sifat sebagai antiobiotik, sehingga tidak menyebabkan efek samping untuk kulit wajah.

Kedua bahan ini bisa membantu mencerahkan kulit, menangkal radikal bebas, memperbaiki tekstur kulit, melembapkan kulit dan menghaluskan kulit wajah.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, dengan merebus kentang hingga empuk, lalu haluskan kentang dan campur dengan 2sdm susu. Aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Oleskan kedua bahan ini ke kulit yang belang, diamkan hingga 30menit dan bilas.

Timun, Putih Telur dan Madu

Timun

Timun merupakan bahan alami yang terbuat dari sayuran, yang biasanya digunakan untuk merawat kulit area mata. Selain itu, timun juga memiliki manfaat lain, yang bisa membantu merawat kulit wajah yang belang.

Timun merupakan sayuran yang memiliki kandungan mineral dan vitamin, yang bisa membantu mencerahkan kulit belang, menghidrasi kulit, melembapkan dan membantu menjaga kadar air di dalam kulit wajah.

Cara menggunakannya hanya dengan menghaluskan timun, lalu oleskan di bagian kulit wajah yang belang, diamkan selama 30menit dan cuci dengan air dingin hingga bersih.

Putih Telur dan Madu

Cara menghilangkan kulit belang pada wajah yang selanjutnya adalah menggunakan putih telur yang dicampur dengan madu. Putih telur merupakan bahan alami yang sangat terkenal di dunia kecantikan, karena selain membantu mencerahkan kulit yang belang, putih telur juga bisa membantu menghilangkan komedo dan jerawat di wajah.

Cara membuat masker ini sangat mudah, yaitu dengan mengocok putih telur hingga berbusa, lalu tambahkan madu dan perasan air jeruk nipis, lalu aplikasikan pada kulit wajah yang belang, diamkan selama 30menit, dan bilas dengan air sampai bersih.

Lemon dan Tomat

Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C, yang memiliki sifat sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, mengurangi peradangan pada kulit dan membantu mencerahkan kulit wajah yang belang.

Sahabat Fimela bisa menggunakan perasan air lemon, lalu aplikasikan air perasan lemon pada bagian kulit wajah yang belang, biarkan air meresap dan bilas.

 

Tomat

Cara menghilangkan kulit belang di wajah yang terakhir, yaitu dengan menggunakan tomat yang merupakan bahan alami tanpa menyebabkan efek samping di kulit. Buah tomat memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang bisa mencerahkan kulit belang.

Cara membuat masker tomat adalah dengan menghaluskan tomat sampai berbentuk jus, kemudian oleskan pada bagian kulit wajah yang belang. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading