Sukses

Beauty

5 Cara Ampuh Atasi Jerawat di Rahang

Fimela.com, Jakarta Jerawat di rahang adalah contoh utama jerawat yang umumnya dialami orang dewasa. Berbeda dari jerawat umumnya yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon, jerawat di rahang tidak selalu hormonal.

Produksi sebum berlebih dan penumpukan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati di wajah bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di garis rahang. Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

Yang perlu dilakukan adalah membuat beberapa perubahan gaya hidup dan menggabungkan bahan-bahan yang dapat melawan jerawat. Dilansir dari Boldsky, terdapat lima cara ampuh untuk mengatasi jerawat di rahang.

1. Jangan menyentuh wajah terus menerus

Gerakan sederhana ini akan memindahkan kuman dari tangan ke wajah yang menyebabkan jerawat di garis rahang. Sebisa mungkin jauhkan tangan dari wajah. Jika perlu, kamu lebih baik mencuci tangan terlebih dahaulu sebelum menyentuh wajah.

 

2. Biarkan kulit kamu bernapas

Jerawat yang menyebar di garis rahang bisa menjadi semakin parah jika kamu mengenakan riasan berlebih. Umumnya hal ini dilakukan untuk menyembunyikan jerawat dengan menggunakan foundation, concealer, dan bedak. Semua produk riasan menyumbat pori-pori kulit dan menarik lebih banyak kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Kamu perlu membiarkan kulit bernapas agar jerawat bisa sembuh dengan sendirinya.

3. Eksfoliasi secara teratur

Pori-pori kulit yang tersumbat dan bakteri adalah dua penyebab paling umum dari jerawat. Eksfoliasi dianjurkan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati dari wajah untuk membuka pori-pori. Mencegah penumpukkan bakteri, lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu dan lakukan perawatan lembut pada kulit.

4. Gunakan produk penangkal jerawat

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang bisa melawan jerawat. Seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan asam miristat. Bahan ini tidak hanya akan efektif melawan jerawat dan membersihkan kulit, tetapi juga mencegah serangan jerawat di masa mendatang.

5. Jauhi makanan berminyak

Minyak berlebih yang diproduksi di kulit dapat menyebabkan jerawat di garis rahang. Makan makanan berminyak dan kaya gula bisa memperburuk kondisi jerawat. Selain perawatan, kamu perlu mengontrol pola konsumsi makan. Sertakan makanan yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan untuk membantu kamu melawan berbagai masalah dan menjaga kesehatan kulit yang optimal.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Diskon Besar-Besaran Produk Kecantikan di Mega Sale 11.11
Artikel Selanjutnya
4 Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering di Area Hidung