Sukses

Beauty

5 Cara Menghilangkan Kulit Belang yang Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Fimela.com, Jakarta Kulit belang merupakan masalah kulit yang bisa mengganggu penampilan. Kulit yang belang biasanya muncul dibagian kulit leher, wajah, tangan dan kaki. Karena area kulit ini tidak tertutup oleh pakaian.

Kulit belang sering kali disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Walaupun di dalam rumah saja, tetapi sinar matahari juga bisa masuk. Kemudian paparan sinar matahari menyebabkan kulit menjadi belang.

Untuk mengatasi kulit belang ini, Sahabat Fimela bisa menggunakan beberapa teknik kecantikan. Mulai dari merawat kulit dengan bahan alami hingga menggunakan perawatan kulit dari dokter. Berikut beberapa cara menghilangkan kulit belang akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari:

Alasan Sinar Matahari Menyebabkan Warna Kulit Belang

Paparan sinar matahari bisa menyerang kulit dimana saja, bahkan di dalam rumah kita bisa terkena paparan sinar matahari. Sebenarnya lapisan kulit kita memiliki kemampuan untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Kulit akan memproduksi pigmen yang disebut dengan melanin, untuk melindungi lapisan sel kulit yang terpapar sinar matahari.

Tetapi kalau secara terus menerus lapisan kulit terkena paparan sinar matahari, maka pigmen melanin lama kelamaan akan menggelap. Karena semakin banyak sel kulit yang terbakar oleh radiasi sinar UVA dan UVB. Untuk itu, berhati-hatilah dengan paparan sinar matahari.

Selain menyebabkan kulit menjadi belang, terlalu sering terpapar sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit. Kita harus rajin merawat kulit agar tidak belang dan terlindungi dari paparan sinar mathari. Penggunaan sunscreen sangat diperlukan untuk melindungi kulit.

 

Cara Menghilangkan Kulit Belang

1. Menggunakan Tabir Surya

Cara menghilangkan kulit belang yang pertama adalah dengan menggunakan tabir surya. Produk perawatan kulit yang satu ini, bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan membantu mencegah terjadinya kanker kulit. Tabir surya harus digunakan setiap pagi dan siang hari, minimal 30 menit saat sebelum keluar ruangan atau setelah mandi. Gunakan tabir surya yang memiliki kandungan minimal SPF 30 PA+++ saat di luar rumah, dan gunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF15 PA+++ saat di dalam rumah.

2. Gunakan Produk Eksfoliasi

Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, cara menghilangkan kulit belang yang efektif adalah menggunakan produk eksfoliasi. Produk ini memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati di kulit. Terlalu sering terpapar sinar matahari, bisa membuat sel kulit menjadi terbakar dan menggelap.

Sehingga sel kulit mati ini harus diangkat menggunakan produk eksfoliasi, agar regenerasi kulit lebih cepat, dan tidak menyebabkan warna kulit menjadi belang. Produk eksfoliasi yang bisa digunakan adalah produk yang memiliki kandungan AHA dan BHA, seperti yang terdapat pada produk toner, atau yang memiliki butiran halus berupa scrub dan masker.

Cara Menghilangkan Kulit Belang

3. Menggunakan Pelembap

Selain menggunakan tabir surya dan eksfoliasi, cara menghilangkan kulit belang bisa dilakukan dengan menggunakan pelembap. Pelembap bisa diaplikasikan ke kulit setelah menggunakan produk eksfoliasi, kemudian diakhiri dengan penggunaan tabir surya, untuk mengunci semua produk perawatan kulit. Pelembap yang bisa digunakan untuk menghilangkan kulit belang, yaitu pelembap yang memiliki fungsi sebagai pencerah kulit. Pelembap ini biasanya memiliki kandungan retinol, vitamin C, vitamin A, vitamin E dan niacinamide yang memiliki sifat sebagai antioksidan.

4. Mengonsumsi Air Putih

Ketika sering beraktivitas di luar ruangan, tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, begitu juga dengan kulit yang dehidrasi akibat terpapar sinar matahari. Kurangnya cairan di dalam kulit, bisa menyebabkan kulit belang, kulit kusam, kulit kering, kulit pecah-pecah dan munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit yang lainnya. Agar kulit tidak dehidrasi, kamu bisa mencegahnya dengan rutin mengonsumsi air putih untuk menambah cairan di tubuh. Air putih bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit yang belang.

5. Ubah Pola Makan

Cara menghilangkan kulit belang yang terakhir adalah dengan mengubah pola makan. Sahabat Fimela bisa membantu merawat kulit belang dari dalam tubuh, dengan memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, seperti buah lemon, beri-berian dan sayuran yang hijau. Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula, seperti manisan, alkohol dan soda, agar lapisan kulit tidak rusak dan menyebabkan masalah kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading