Sukses

Beauty

10 Cara Hilangkan Kerut di Wajah Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Kerut di wajah pasti terjadi. Seiring berjalannya waktu, pertambahan usia dan faktor lainnya memang menyebabkan kerutan di wajah. Kerut bisa terjadi secara alami ataupun lebih cepat dari yang seharusnya. Hal inilah yang disebut dengan proses penuaan dini.

Kerut akibat proses penuaan dini kerap disebabkan akibat paparan lingkungan, dehidrasi, toxin, dan hal lainnya yang menyebabkan kerut di kulit. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Gunakan sunscreen

Sunscreen diperkaya dengan SPF yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjaadi penyebab utama penuaan dini. Walau efeknya tidak instan, namun penggunaan sunscreen pada kulit dapat memberikan efek jangka panjang yang membuat kulit lebih sehat.

2. Batasi konsumsi gula

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Gula mampu memecah kolagen di kulit yang membuatnya cepat menua, termasuk timbulnya kerut pada kulit. Jadi, usahakan untuk persiapkan apa yang akan kamu konsumsi dengan metode memasak yang baik. Dengan cara ini, maka kulit akan senantiasa awet muda.

3. Stop merokok

Merokok buruk bagi kesehatan dengan sejumlah alasan. Banyak orang yang mengalami penuaan dini akibat rokok. Rokok juga menyebabkan kondisi kulit bertambah buruk, begitu juga bagi para perokok pasif yang akan mendapatkan efek ganda dari perokok aktif.

4. Gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang akan menutrisi kulit. Dengan rajin mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit, maka permukaannya akan lebih sehat, optimal, dan kelembapannya terjaga dengan baik, sehingga kerutan di wajah yang terjadi akibat dehidrasi dapat teratasi.

5. Konsumsi beta carotene

Beta carotene dan retinol (Vitamin A) sering digunakan sebagai kandungan dari produk kosmetik anti-aging. Cobalah untuk konsumsi suplemen beta carotene 30 mg setap hari, dengan cara ini, maka kulit akan lebih sehat dan kerut di wajah perlahan tersamarkan.

6. Minum lemon balm lead tea

Pengobatan holistik mengatakan jika lemon balm leaf tea dapat membuat kulit lebiih elastis dana memperbaiki kerusakan jaringan tisu.

7. Ubah posisi tidur

Kerut di wajah juga sering terjadi akibar posisi tdur. Tekanan saat tidur membuat kulit jadi terpapar dan menimbulkan kerutan. Jadi, usahakan untuk tidur terlentang agar bisa mendapatkan posisi terbaik.

8. Cuci muka secara rutin

Saat mencuci wajah, usahakan untuk tidak terburu-buru. Luangkan waktu 3 sampai 5 menit agar sisa kotoran yang menempel di kulit teratasi dengan sempurna. Hal ini akan menghambat penuaan dini pada kulit, salah satunya kerut di wajah.

9. Hindri sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet juga menyebabkan kerutan yang terjadi di area wajah, leher, tangan, dan lengan. Walau tidak bisa dihindari sepenuhnya, namun kamu bisa meminimalisirnya dengan cara mengurangi aktivitas outdoor, menggunakan baju lengan panjang, topi, kacamata, dan perlindungan lainnya untuk lindungi kulit dengan baik.

10. Jaga asupan antoksidan

Antioksidan akan membantu mengatasi kerusakan oksidatif pada kulit, dan meminimalisir stres pada sel kulit. Konsumsi blueberry, kacang merah, anggur, kale, dan bayam, akan jadikan kulit lebih sehat, luar dan dalam.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading