Sukses

Beauty

5 Kesalahan Menggunakan Clay Mask, Bisa Bikin Kulit Kering hingga Jerawat

Fimela.com, Jakarta Clay mask digunakan sebagai salah satu eksfoliator untuk membersihkan dan merawat kulit. Menggunakan clay mask juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengaplikasikan produk ke seluruh wajah dan tunggu hingga kering. Setelah kering, kamu hanya perlu membilasnya dengan lembut dan tidak perlu digosok terlalu kasar.

Bentuknya yang unik membuat masyarakat Indonesia menyukai penggunaan clay mask sebagai salah satu rangkaian perawatan kulit. Selain unik, clay mask kerap dijadikan sebagai alternatif masker bagi pemilik kulit sensitif karena tidak memiliki tekstur kasar atau scrub yang bisa memperparah kondisi kulit sensitif.

Meski kaya manfaat, clay mask yang kamu gunakan menjadi kurang khasiatnya jika penggunaannya salah. Akibatnya kulitmu menjadi lebih kering bahkan bisa timbul jerawat. Seperti apa kesalahan yang umum dilakukan saat penggunaan clay mask?

1. Tidak membersihkan wajah sebelum menggunakan clay mask

Untuk memaksimalkan penggunaan masker, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu. Akan lebih baik jika melakukan double cleansing dengan membersihkan makeup dan mencuci wajah dengan sabun. Jika hanya menggunakan micellar water akan menyulitkan pengaplikasikan clay mask.

 

2. Menggunakan clay mask yang tidak sesuai kebutuhan

Tidak jarang pengguna clay mask yang tidak memahami manfaat dari kandungan clay mask itu sendiri. Sehingga kamu asal pakai tanpa tahu manfaatnya. Sebelum menggunakan clay mask pahami dulu apa yang menjadi kebutuhan kulitmu. Seperti green clay untuk mengangkat kotoran dan minyak hingga ke pori-pori, white clay untuk menutrisi dan mengangkat minyak berlebih, pink clay untuk meratakan warna kulit dan memperbaiki tekstur kulit, dan black clay untuk membersihkan kulit secara mendalam.

3. Menggunakan clay mask terlalu lama

Penting bagi kamu untuk membaca petunjuk penggunaan clay mask sebelum digunakan. Sehingga kamu dapat mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan menggunakan clay mask. Jika digunakan terlalu lama, clay mask akan membuat kulitmu lebih kering dan menyebabkan iritasi pada kulit.

 

4. Tidak menggunakan pelembap setelah menggunakan clay mask

Salah satu keunggulan clay mask adalah mengatasi masalah kulit berminyak. Dengan menggunakan clay mask dapat mengangkat kotoran, debu, dan minyak berlebih pada kulit. Setelah penggunaan clay mask biasanya kulitmu terasa kering dan terasa seperti ditarik. Seharusnya langsung diaplikasikan toner dan pelembap untuk mengembalikan kelembapan kulit. Sehingga kulit tidak memproduksi minyak berlebih dan malah timbul jerawat

5. Tidak konsisten

Karena clay mask sifatnya adalah perawatan sehingga penting untuk dilakukan secara rutin agar hasilnya terlihat maksimal. Perhatikan petunjuk penggunaan produk berapa kali dalam seminggu sebaiknya kamu menggunakan clay mask. Biasanya sekitar 1-2 kali dalam seminggu. Selebihnya kamu bisa menggunakan sheet mask yang bersifat melembapkan kulit.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Kering
Artikel Selanjutnya
Quiz: Menu Diet 4 Artis Korea Selatan, Apa Saja? Mudah Diikuti lho