Sukses

Beauty

5 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Kulit berminyak adalah kondisi saat kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak sebum atau minyak alami. Jika produksi sebum ini terlalu banyak, maka wajah seseorang akan terlihat lebih mengkilap, kusam dan berkilau. Sehingga kondisi ini membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Kondisi ini tentu saja bisa memicu munculnya jerawat dan komedo di wajah. Karena terlalu banyak sebum bisa menyumbat pori-pori, serta membuat lubang pori-pori menjadi lebih besar. Bahkan kulit wajah ini akan mudah mengalami peradangan jerawat.

Sebenarnya sebum ini bisa membuat kulit menjadi lebih lembap dan mencegah timbulnya penuaan dini. Tetapi produksi sebum ini harus dikontrol, agar tidak menyebabkan kulit berminyak cenderung berjerawat. Berikut cara menghilangkan minyak di wajah dengan mudah, dilansir dari berbagai sumber:

Tanda-Tanda Kulit Berminyak

Kulit berminyak sering terjadi mulai usia remaja, pada saat mengalami masa pubertas. Kulit berminyak juga bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, mengonsumsi gula tambahan dan jarang membersihkan wajah. Kulit berminyak juga bisa disebabkan karena faktor keturunan dan faktor usia.

Faktor perubahan cuaca yang tidak menentu juga dapat berpengaruh terhadap kondisi kulit wajah. Bahkan tidak cocok dengan kandungan produk skincare maupun makeup akan membuat kulit wajah menjadi berminyak. Pola hidup yang kurang sehat dapat menjadi penyebab kulit berminyak juga.

Kulit wajah yang berminyak memiliki ciri-ciri atau gejala yang terlihat kusam, wajah menjadi mengkilap, terlihat basah dan lengket jika di pegang, serta pori-pori wajah terlihat lebih besar. Seseorang yang memiliki kulit berminyak, juga akan timbul gejala komedo di wajah, munculnya beruntusan diwajah hingga jerawat, yang sangat mengganggu penampilan. 

Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

1. Rutin Mencuci Muka

Cara mengatasi muka berminyak yang pertama adalah dengan rajin mencuici muka. Kamu bisa mencuci mukamu setiap pagi, sore dan malam hari. Kamu bisa menggunakan facial foam dengan kandungan salicylic acid untuk mengontrol minyak di wajah.

2. Menghindari Makanan Berminyak

Kulit berminyak bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak. Agar produksi minyak di wajah terkontrol, ada baiknya untuk mengatur pola makan yang lebih sehat, dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, untuk menjaga kecantikan kulit.

3. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis yang mengandung gula tambahan, bisa menyebabkan produksi insulin meningkat, yang membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih di wajah. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis, atau yang mengandung alkohol dan soda.

4. Rajin Eksfoliasi

Cara mengatasi muka berminyak selanjutnya, bisa melakukan kebiasaan baik dengan rajin melakukan eksfoliasi. Perawatan wajah dengan eksfoliasi ini, bisa membantu membersihkan pori-pori dari sebum dan sisa kotoran, mengangkat komedo dan membantu mengangkat sel kulit mati.

5. Menggunakan Produk dengan Label Non Comedogenic

Kalau kamu memiliki kulit wajah berminyak, usahakan menggunakan produk yang memiliki label non comedogenic. Produk dengan label ini, memiliki formula ringan untuk kulit wajah, sehingga tidak akan menyebabkan minyak berlebih di wajah, tidak memicu tumbuhnya komedo dan jerawat.

Cara Membuat Masker untuk Mengatasi Wajah Berminyak

1. Masker Pisang dan Air Lemon

Bahan yang diperlukan:

  • 1 buah pisang, yang sudah dipotong-potong
  • 10 tetes air lemon
  • 1 sendok teh minyak zaitun murni

Cara membuat:

  1. Haluskan potongan pisang, lalu campurkan dengan air lemon dan minyak zaitun.
  2. Setelah tercampur menjadi pasta, aplikasikan keseluruh wajah.
  3. Diamkan selama 15 menit dan biarkan hingga mengering.
  4. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

 2. Masker Putih Telur dan Lemon

Bahan yang diperlukan:

  • 1 butir putih telur
  • 1 sendok teh perasan air lemon

Cara membuat:

  1. Pisahkan putih telur dengan kuning telur.
  2. Lalu campurkan putih telur dengan perasan air lemon.
  3. Setelah diaduk rata, aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  4. Biarkan masker mengering selama 15 menit, dan bersihkan dengan air yang hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading