Sukses

Beauty

Tips Memilih Kandungan Toner yang Cocok dengan Kulit

Fimela.com, Jakarta Toner adalah salah satu produk perawat kulit yang tidak boleh dilewatkan. Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, dianjurkan untuk menggunakan toner pada urutan penggunaan skincare selanjutnya, yang berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih ada di dalam pori-pori.

Selain membantu membersihkan hingga pori-pori yang terdalam, toner juga bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Toner bisa membantu melembapkan kulit yang kering, mencerahkan kulit wajah hingga membantu menghilangkan jerawat.

Toner merupakan rangkaian perawatan wajah yang terbuat dari kandungan bahan aktif seperti niacinamide, hyaluronic acid, salicylic acid dan lain sebagainya. Hindari menggunakan toner yang mengandung alkohol atau parfum. Berikut tips memilih kandungan toner yang cocok dengan kulit, dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Kulit Berminyak

Memiliki kondisi kulit yang berminyak, bisa menyebabkan perempuan menjadi kurang percaya diri, karena riasan di wajah menjadi cepat luntur dan wajah terlihat lebih kusam.

Sebenarnya minyak alami yang ada di kulit wajah, bisa membantu melembapkan kulit wajah, tetapi jika produksi kelenjar minyak terlalu banyak, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi berkomedo, pori-pori menjadi lebih lebar hingga memicu munculnya jerawat.

Toner yang bisa digunakan untuk merawat kulit berminyak, yang bisa membantu mengontrol produksi minyak dan membantu mengecilkan pori-pori, yaitu toner yang memiliki kandungan bahan aktif green tea dan salicylic acid. Kandungan bahan aktif ini juga bisa membantu mengeringkan jerawat.

Jenis Kulit Kering

Kulit kering adalah kondisi kulit saat kekurangan cairan atau dehidrasi. Kulit kering atau yang disebut dengan xerosis bisa dialami segala usia. Tetapi semakin lanjut usia, kulitmu akan lebih rentan mengalami kering.

Semakin menua, produksi kolagen dikulit akan berkurang, yang menyebabkan kulit wajah menjadi berkerut, muncul flek hitam, muncul mata panda dan kulit lebih kendur. Kulit kering bisa disebabkan karena faktor lingkungan, cuaca yang berubah-ubah, terlalu sering menggunakan air panas hingga kandungan produk yang salah.

Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini pada kulit yang kering, Sahabat Fimela bisa menggunakan toner yang memiliki kandungan hyaluronic acid dan ekstrak lidah buaya, untuk menghidrasi kulit dan melembapkan kulit wajah.

Jenis Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Area kulit yang berminyak adalah area hidung, dahi dan dagu. Sedangkan yang mengalami kulit kering adalah area pipi dan area bawah mata.

Biasanya kondisi kulit ini disebabkan karena salah menggunakan kandungan skincare, yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Pada kulit yang kombinasi, ditandai dengan munculnya keriput, pori-pori besar, muncul jerawat, kadar pH kulit tidak seimbang dan beberapa area mengalami kulit yang mengelupas.

Untuk mengatasi kulit yang kombinasi ini, kamu bisa menggunakan produk toner yang memiliki kandungan witch hazel dan niacinamide. Kemudian hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol atau parfum.

Kulit Sensitif

Jenis kulit yang terakhir adalah kulit sensitif. Kulit sensitif adalah kulit yang sangat mudah bereaksi terhadap berbagai macam faktor, seperti udara, bahan kimia dan pemicu alergi yang lainnya.

Orang yang memiliki kulit sensitif, biasanya mengalami tanda-tanda seperti ruam, gatal, kulit terasa perih, muncul beruntusan dan kemerahan yang terasa seperti terbakar. Kondisi ini bisa disebabkan karena perubahan hormon, stres, bahan kimia, lingkungan dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi kulit yang sensitif, gunakan toner yang memiliki kandungan ekstrak lidah buaya dan ekstrak bunga chamomile, yang bisa meredakan peradangan karena alergi yang terjadi pada kulit sensitif.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading