Sukses

Beauty

5 Cara Menggunakan Makeup Beserta Fungsinya

Fimela.com, Jakarta Menggunakan makeup adalah suatu keajaiban untuk seorang perempuan. Karena makeup bisa membuat penampilanmu terlihat lebih cantik. Makeup juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada perempuan.

Ada berbagai macam makeup yang bisa digunakan untuk mempercantik wajah. Sahabat Fimela dapat menggunakan bedak, foundationeyeliner, eyeshadow, blush on dan lain-lainnya. Tentu saja macam-macam makeup tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Selain fungsinya yang berbeda-beda, cara menggunakan produk makeup juga berbeda. Jangan sampai salah menggunakan makeup. Berikut cara menggunakan makeup beserta fungsinya:

Cara Menggunakan Makeup

1. Primer

Cara menggunakan makeup yang pertama adalah menggunakan primer. Primer adalah sebuah produk makeup, yeng memiliki fungsi untuk membuat riasanmu menempel dan tidak mudah luntur. Primer berfungsi untuk mengisi pori-pori, yang membentuk sebuah lapisan di atas kulit.

Lapisan ini bisa membantu melindungi kulit, agar bahan kimia yang ada di dalam produk makeup, tidak langsung menempel di kulit. Cara menggunakan primer sangatlah mudah, yaitu dengan mengaplikasikan keseluruh wajah, setelah kamu menggunakan skincare dan sebelum mengaplikasikan makeup.

2. Complexion

Istilah complexion sering digunakan oleh beauty influencer, untuk menjelaskan produk-produk makeup seperti foundation, concelear dan bedak. Foundation adalah alas bedak, yang digunakan setelah menggunakan primer. Foundation memiliki fungsi untuk meratakan warna kulit. Foundation memiliki tekstur krim atau cair, yang memiliki hasil couverage yang tipis hingga tinggi.

Selanjutnya, gunakan concelear yang berfungsi untuk menutupi bekas jerawat, noda-noda hitam, kantong mata dan kekurangan lainnya yang belum tertutup foundation. Complexion yang terakhir adalah bedak yang terbagi dalam dua jenis, yaitu bedak tabur yang berfungsi sebagai finishing powder, dan bedak padat yang memiliki fungsi untuk mengunci makeup.

Cara Menggunakan Makeup

3. Eye Makeup

Eye makeup yang terdiri dari eyeshadow, eyeliner, maskara dan pensil alis. Eyeshadow memiliki fungsi untuk memberikan warna pada bagian kelopak mata, yang memiliki banyak warna, yaitu warna matte atau shimmer. Setelah menggunakan eyeshadow, gunakan eyeliner dengan jenis spidol liner, gel liner, liquid liner atau cake liner, yang memiliki fungsi untuk mempertegas garis mata dan membuat mata terlihat lebih besar.

Kemudian gunakan maskara, yang memiliki fungsi untuk menambahkan volume pada bulu mata. Kamu juga bisa menggunakan bulu mata palsu, agar mata kamu terlihat lebih lentik. Lalu gunakan pensil alis, untuk membuat alis terlihat lebih tegas. Alis juga memiliki fungsi untuk mempertegas bingkai wajahmu.

4. Blush On dan Highlighter

Blush on dan highlighter digunakan untuk memberikan rona dibagian pipi, agar wajahmu terlihat lebih segar dan awet muda. Blush on digunakan sebelum menggunakan highlighter.

Dengan kuas yang besar, blush on digunakan untuk membuat pipi terlihat lebih merona. Sedangkan highlighter bisa digunakan pada tulang hidung, tulang pipit, dagu dan dahi, yang berfungsi untuk mempertegas bagian-bagian tersebut dan membuat lebih glowing.

5. Lipstik

Cara menggunakan makeup yang terakhir adalah menggunakan lipstik. Lipstik terdiri dari berbagai macam, yaitu sheer lipstick, matte lipstick, glossy lipstick, creamy lipstick, stain lipstick, velvet lipstick dan satin lipstick. Lipstik memiliki fungsi untuk mempercantik bibir, agar bibir tidak terlihat pucat saat menggunakan makeup. Selain bisa digunakan untuk bibir, lipstik juga bisa digunakan untuk eyeshadow maupun blush on.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading