Sukses

Beauty

5 Cara Mudah dan Murah untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan kulit bisa dimulai dari membiasakan kebiasaan yang baik, atau menjalankan pola hidup yang sehat dan bersih. Karena pola hidup yang sehat dan bersih, bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat, yang sangat berpengaruh pada kulit.

Seperti yang kita tahu, pola hidup yang kurang sehat dan hidup di lingkungan yang cenderung kurang bersih sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Hal ini bisa memicu munculnya kuman dan bakteri, yang bisa menyebabkan reaksi alergi dan menyebabkan berbagai masalah kulit.

Sahabat Fimela harus membiasakan menjaga pola hidup dan lingkungan yang sehat. Untuk menjaga kesehatan kulit agar selalu sehat, ada beberapa cara yang harus dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, berikutĀ 5 cara mudah dan murah untuk menjaga kesehatan kulit:

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

1. Konsumsi Air Putih

Cara pertama untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu dengan mengonsumsi air putih minimal 2 hingga 3 liter sehari, atau sesuai dengan kebutuhan cairan harianmu. Mengonsumsi air putih bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit, membantu menjaga kulit tetap lembap, mempercepat regenerasi sel-sel kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu, air putih sangat bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Racun di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat atau saat buang air kecil. Jika tubuh memiliki banyak racun, bisa menyebabkan berbagai macam masalah kulit.

2. Rajin Berolahraga

Pada saat melakukan olahraga, kita akan mengeluarkan keringat dari pori-pori kulit, yang membantu membersihkan dan mengeluarkan kotoran yang ada di dalam pori-pori. Rutin melakukan olahraga juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, yang membantu mensuplai oksigen dan nutrisi ke dalam kulit, agar kulit terlihat lebih sehat dan juga terlihat cerah. Olahraga juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit, agar kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Karena olahraga membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi setiap hari sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Sehingga cara murah dan mudah menjaga kesehatan kulit yang selanjutnya, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Mengonsumsi makanan yang tidak bergizi, bisa menyebabkan stres oksidatif yang bisa merusak kesehatan kulit, merusak jaringan kolagen dan DNA, yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit dan jerawat.

Makanan yang boleh dikonsumsi adalah makanan yang kaya akan vitamin, protein, mineral, karbohidrat kompleks dan semacamnya. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan berlemak, karena bisa memicu naiknya kadar insulin dan menyebabkan kulit menjadi berminyak dan berjerawat.

4. Rajin Membersihkan Wajah

Teknik membersihkan wajah adalah dengan teknikĀ double cleansing,Ā yaitu dengan menggunakanĀ micellar water, cleansing oilĀ atauĀ cleansing balmĀ terlebih dahulu, untuk mengangkan debu, kotoran dan riasan di wajah. Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakanĀ facial washĀ atauĀ facial foam,Ā untuk membersihkan sisa kotoran di wajah, melembapkan kulit dan membantu mengontrol minyak. Gunakan produk yang bertekstur lembut, agar lapisan kulit wajah tidak rusak.

5. Menggunakan Masker Alami

Cara murah dan mudah untuk menjaga kesehatan kulit yang terakhir, yaitu dengan rajin menggunakan masker wajah. Masker wajah berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, menutrisi kulit dan menghaluskan tekstur kulit. Kamu bisa menggunakan masker wajah alami, yang terbuat dari lemon, kopi, cokelat, madu, lidah buaya dan bahan dapur lainnya, yang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin dan mineral. Gunakan masker wajah secara rutin, setiap satu minggu sekali agar kulit tidak iritasi, dan jangan lupa untuk menggosok wajah dengan lembut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading