Sukses

Beauty

5 Cara Mudah Menghilangkan Jerawat Nodul

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa jenis jerawat yang sering muncul di kulit wajah, salah satunya adalah jenis jerawat nodul. Jerawat ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan jerawat batu atau cystic.

Jerawat nodul memiliki ukuran yang besar, meradang dan terasa sangat sakit jika disentuh. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan jerawat ini.

Jerawat nodul disebabkan karena adanya minyak, kotoran dan bakteri yang ada di bawah permukaan kulit. Berikut cara menghilangkan jerawat nodul, dilansir dari berbagai sumber:

Mengenal Jerawat Nodul

Jerawat nodul adalah jerawat timbul dipermukaan kulit wajah karena pori-pori tersumbat. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak produksi minyak di kulit, yang menyumbat pori-pori wajah.

Jerawat nodul memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan jerawat batu, yaitu berukuran besar, memiliki tekstur yang keras, berisi nanah dan meradang.

Peradangan pada jerawat nodul biasanya meradang hingga ke dalam lapisan kulit, yang menyebabkan jerawat ini menjadi sakit. Jika jerawat nodul sering disentuh, jerawat ini akan menyebar lebih banyak lagi.

Proses Terbentuk Jerawat Nodul

Secara umum jerawat disebabkan karena kelenjar minyak memproduksi minyak. Di dalam kulit wajah terdapat kelenjar minyak, yang berfungsi untuk memproduksi minyak yang bisa melembapkan kulit wajah.

Proses terjadinya jerawat nodul mirip dengan proses terjadinya jerawat biasa, yaitu adanya penyumbatan pori-pori akibat produksi minyak berlebih, sel kulit mati yang menumpuk, kuman dan bakteri yang berkembang di dalam pori-pori.

Saat mengalami jerawat nodul, jerawat akan meradang hingga lapisan kulit yang terdalam, sehingga menyebabkan jerawat ini susah untuk disembuhkan.

Cara Menghilangkan Jerawat Nodul

Walaupun jerawat nodul lumayan susah dihilangkan, karena peradangan jerawat ini menembus lapisan kulit yang terdalam, tetapi jerawat ini bisa disembuhkan dengan beberapa cara, berikut caranya menyembuhkan jerawat nodul:

Menjaga Pola Makan

Cara menyembuhkan jerawat nodul yang pertama, yaitu menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak.

Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, bisa membantu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Air putih juga bisa melancarkan sirkulasi darah, yang membuat kesehatan kulit lebih terjaga dan terbebas dari jerawat.

Berolahraga

Olahraga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah, maka penyuplaian oksigen dan nutrisi ke dalam kulit lebih lancar. Kulit akan tampak lebih sehat dan cerah.

Menggunakan Skincare

Untuk menyembuhkan jerawat nodul, rutinlah menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan salicylic acid, retinol, ceramide dan benzoyl peroxide.

Menggunakan Tabir Surya

Cara terakhir untuk menyembuhkan jerawat nodul, yaitu dengan menggunakan tabir surya setelah menggunakan produk skincare. Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Skincare Lokal Ibu Hamil dan Anak Produksi Rumahan yang Siap Dijual Global
Artikel Selanjutnya
QUIZ: Mencari Skincare yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit