Sukses

Beauty

5 Tips Merawat Wajah untuk Ibu Lanjut Usia

Fimela.com, Jakarta Merawat wajah tidak hanya dilakukan pada usia remaja atau pubertas saja. Tetapi saat memasuki lanjut usia, kulit wajah harus tetap dirawat agar tidak mengalami masalah kulit.

Masalah kulit yang muncul pada lanjut usia, biasanya disebabkan karena produksi minyak dan kolagen pada kulit berkurang, sehingga menyebabkan kulit wajah mengalami penuaan dini seperti munculnya garis halus dan elastisitas kulit yang berkurang.

Kekurangan minyak alami dan kolagen pada kulit, juga bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan menyebabkan pengelupasan pada lapisan kulit. Berikut tips merawat wajah untuk ibu lanjut usia, dilansir dari berbagai sumber:

Mencuci Wajah

Saat ibu memasuki lanjut usia, akan lebih sering menghabiskan waktunya dan beraktivitas di dalam rumah. Walaupun hanya melakukan aktivitas di dalam rumah, ibu yang lanjut usia juga harus tetap membersihkan wajahnya.

Karena di dalam rumah juga terdapat debu, kotoran dan keringat yang bisa menempel di wajah serta menyumbat pori-pori. Jika tidak dibersihkan, hal ini bisa membuat kulit wajah ibu lanut usia menjadi terlihat kusam.

Cara membersihkan wajah pada ibu lanjut usia yaitu dengan membilas wajah dengan air bersih di pagi hari. Kemudian pada malam hari gunakan sabun cuci muka yang bertekstur gentle, untuk mengebalikan kelembapan kulit yang mengalami penuaan dini di usia lanjut.

Gunakan Pelembap

Tips merawat wajah untuk ibu lanjut usia yang selanjutnya, yaitu dengan rutin menggunakan pelembap atau moisturizer. Pelembap ini adalah produk yang wajib digunakan, karena bisa mengembalikan kelembapan kulit pada ibu yang lanjut usia.

Pelembap juga bisa membantu meningkatkan produksi minyak alami dan kolagen di dalam kulit. Pelembap memiliki fungsi untuk memperbaiki tekstur kulit yang kasar dan pecah-pecah, serta bisa membantu membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Pelembap yang bisa digunakan untuk usia lanjut, yaitu pelembap yang memiliki kandungan asam laktat dan urea, yang mampu mengembalikan kelembapan dan memperbaiki skin barrier yang rusak.

Menggunakan Tabir Surya

Saat melakukan aktivitas di dalam rumah, sinar UVA dan UVB tetap bisa masuk ke dalam sudut rumah. Sehingga untuk ibu lanjut usia harus tetap menggunakan tabir surya di pagi dan siang hari. 

Tabir surya memiliki fungsi untuk melindungi kulit wajah agar tidak terpapar sinar UVA dan UVB secara langsung. Paparan sinar UVA dan UVB ini, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan muncul flek hitam. Tabir surya juga bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit dan mencerahkan kulit.

Untuk ibu yang lanjut usia, bisa menggunakan produk tabir surya dengan kandungan SPF 30 PA+++, kemudian mengulang pengaplikasian tabir surya setiap 4 jam sekali.

Menggunakan Humidifier

Humidifier adalah alat yang digunakan untuk mengatur kelembapan udara di dalam ruangan. Sering kali humidifier ini digunakan untuk mengharumkan ruangan dengan minyak esensial yang alami, sebagai pengganti parfum ruangan yang terbuat dari bahan kimia.

Selain itu, humidifier juga bisa digunakan untuk merawat wajah pada ibu lanjut usia. Karena humidifier ini bisa membantu mengurangi penyebaran partikel debu di udara kering, yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan menimbulkan masalah kulit.

Tak hanya baik untuk melembapkan kulit wajah, humidifier juga memiliki fungsi untuk mengatasi bibir pecah-pecah, mencegah penyakit yang disebabkan virus dan mengatasi iritasi pada mata.

 

Mengonsumsi Air Putih

Tips merawat wajah untuk ibu lanjut usia yang terakhir, yaitu rajin mengonsumsi air putih setiap hari. Karena kulit wajah yang kering dan mengalami penuaan dini pada lanjut usia, bisa saja disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi.

Rutin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit, yang menyebabkan kulit menjadi lebih lembap, elastisitas terjaga dan tampak lebih cerah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading