Sukses

Beauty

5 Kandungan Skincare yang Aman untuk Mengatasi Jerawat Papula

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum dialami oleh berbagai usia, mulai dari usia remaja yang mengalami pubertas hingga usia dewasa, salah satunya adalah jerawat papula yang muncul dan menyebabkan peradangan ringan pada kulit.

Jerawat papula disebabkan karena pori-pori tersumbat sel kulit mati dan produksi minyak wajah yang berlebih. Jerawat ini tidak memiliki nanah seperti jerawat pada umumnya. Biasanya jerawat ini muncul dengan bentuk yang kecil dan mengalami peradangan ringan.

Jerawat papula bisa meradang dan menyebabkan kulit menjadi kemerahan, akibat adanya aktivitas bakteri di dalam lapisan kulit. Berikut kandungan skincare yang aman untuk mengatasi jerawat papula, dilansir dari berbagai sumber:

Alpha Hydroxy Acid

Kandungan skincare yang pertama untuk mengatasi jerawat papula, yaitu kandungan alpha hydroxy acid atau AHA yang biasanya terdapat di dalam produk toner. Kandungan AHA memiliki sifat sebagai eksfoliator yang aman untuk kulit berjerawat.

AHA berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Karena jerawat papula disebabkan karena pori-pori yang tersumbat, akibat sel kulit mati dan produksi minyak yang berlebih.

AHA juga bisa membersihkan komedo, menghaluskan tekstur kulit yang kasar, menyembuhkan peradangan jerawat papula dan menghilangkan bekas jerawat papula.

Beta Hydroxy Acid

Hampir sama dengan AHA, beta hydroxy acid atau BHA adalah kandungan yang berfungsi sebagai eksfoliator, yang bisa mengurangi peradangan pada jerawat papula dan mengeringkan jerawat.

Kandungan BHA ini bisa membantu mengontrol produksi minyak yang berlebih. Karena pada umumnya, jerawat papula disebabkan karena kulit wajah terlalu berminyak dan minyak tersebut menyumbat pori-pori.

Selain itu, BHA juga bisa membantu mengatasi peradangan pada jerawat, membunuh bakteri penyebab jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan bahan aktif skincare yang merupakan turunan dari vitamin B3. Kandungan ini biasanya terdapat di dalam toner, serum dan juga pelembap yang diformulasikan untuk menyembuhkan jerawat.

Kandungan ini bisa membantu mengendalikan produksi minyak di kulit wajah, sehingga produksi minyak di kulit wajah lebih terkontrol, tidak menyumbat pori-pori, serta tetap meneybabkan kulit wajah lembap agar kulit tidak kering.

Karena pada dasarnya, jerawat juga bisa muncul pada kulit yang kering. Selain membantu mengontrol minyak, niacinamide juga membantu menyamarkan bekas jerawat.

Retinol

Kandungan skincare yang aman untuk mengatasi jerawat papula selanjutnya, yaitu kandungan bahan aktif retinol yang formulanya bisa melindungi skin barrier, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Retinol bisa membantu membersihkan pori-pori, membunuh kuman atau bakteri penyebab jerawat, meregenerasi kulit dan menenangkan kulit yang meradang.

Penggunaan retinol harus sangat hati-hati karena konsentrasinya yang keras. Gunakan produk ini pada malam hari, maksimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Hindari penggunaan AHA dan BHA secara bersamaan.

Zinc

Kandungan skincare yang aman untuk mengatasi jerawat papula yang terakhir, yaitu kandungan bahan aktif berupa zinc, yang bisa mengendalikan produksi minyak pada kulit.

Kandungan zinc ini bisa mencegah penyumbatan pada pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat papula, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan akibat jerawat dan membantu membuat kulit wajah tetap lembap.

Kandungan ini bisa membantu memperkuat sel kulit agar tidak mudah rusak karena radikal bebas, membantu membentukan membran protein pada kulit, melindungi kulit dari sinar matahari dan menghilangkan bekas jerawat.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Skincare Benefit dan Sun Protection Hadir dalam Satu Bedak Wajah, Harganya Juga Terjangkau!
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menghaluskan Tekstur Kulit yang Kasar dengan Aman