Sukses

Beauty

Hal yang Harus Dilakukan saat Jerawat Baru Muncul

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang bisa muncul kapan saja. Jerawat baru bisa muncul dari usia remaja hingga usia dewasa, bahkan saat kondisi kulit sedang kering atau berminyak pun jerawat baru bisa muncul.

Memiliki kulit yang berjerawat bisa membuat para perempuan menjadi insecure, serta membuat kesusahan saat mengaplikasikan makeup ke wajah. Karena pada saat kulit sedang berjerawat, biasanya kulit akan meradang, muncul kemerahan dan menjadi lebih bertekstur.

Ada banyak penyebab munculnya jerawat baru di kulit wajah. Tentu saja ada hal yang harus dilakukan untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat baru yang ada di kulit. Berikut hal yang harus dilakukan, dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Munculnya Jerawat Baru

Secara umum, jerawat baru bisa muncul karena adanya perubahan hormon yang dialami seorang perempuan, seperti saat mengalami datang bulan atau sedang masa kehamilan. Jerawat baru yang datang karena hormon ini terjadi secara alami pada kulit wajah.

Jerawat baru juga bisa muncul karena pola hidup yang kurang bersih, seperti terlalu sering menggunakan riasan dan lupa mencuci wajah, jarang mandi, sering menyentuh wajah dengan tangan kotor dan jarang mengganti masker wajah.

Jerawat baru juga bisa muncul akibat terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak, tinggi akan kandungan gula tambahan, mengonsumsi soda atau alkohol, serta jarang melakukan olahraga.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Jerawat Baru Muncul

Pada saat jerawat baru muncul, Sahabat Fimela tidak usah langsung panik atau sedih melihat jerawat baru yang muncul di wajah. Karena munculnya jerawat baru ini bisa dicegah dengan cara yang mudah dan harus telaten.

Hal pertama yang harus dilakukan pada saat muncul jerawat, yaitu rajin mencuci wajah setiap pagi, siang dan malam untuk menjaga kebersihan wajah, mengontrol produksi minyak di kulit dan membantu menjaga pH kulit agar seimbang.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan, adalah menggunakan pelembap wajah yang memiliki kandungan bahan aktif untuk jerawat, seperti retinol atau niacinamide. Kamu juga bisa menggunakan acne spot treatment untuk mengoleskan obat tepat di jerawat baru.

Selain itu, kamu harus menjaga pola pikir agar tidak stres, mengatur waktu olahraga untuk melancarkan sirkulasi darah, mengonsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap dan menggunakan tabir surya untuk melindungi lapisan kulit.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Jerawat Baru Muncul

Selain ada beberapa hal yang harus dilakukan, untuk mencegah dan mengobati jerawat yang baru muncul di kulit wajah, tentu saja ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat jerawat baru muncul.

Hal yang tidak boleh dilakukan pertama adalah terlalu sering mengeksfoliasi kulit. Walaupun teknik eksfoliasi wajah ini sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan tekstur kulit, tetapi terlalu sering melakukan eksfoliasi akan merusak lapisan kulit dan memicu munculnya jerawat baru.

Kamu juga tidak boleh terlalu sering menyentuh atau memencet jerawat. Jika terlalu sering menyentuh jerawat, maka jerawat akan terinfeks, membuat peradangan pada jerawat dan membuat jerawat baru mncul lagi. Sedangkan terlalu sering memencet jerawat bisa menyebabkan bekas luka di kulit wajah.

Hal yang tidak boleh dilakukan yang terakhir, yaitu tidak boleh begadang atau tidur terlalu malam. Karena pada malam hari, sel kulit sedang diperbarui dan kolagen sedang diproduksi untuk membantu mencegah kulit berjerawat dan menghindari kerusakan pada skinbarrier.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading