Sukses

Beauty

Urutan Eksfoliasi Wajah untuk Pemula Tanpa Mengiritasi Kulit

Fimela.com, Jakarta Eksfoliasi wajah adalah cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan wajah serta pori-pori, agar terhindar dari munculnya komedo dan jerawat yang ada di kulit. Mengeksfoliasi wajah juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah.

Teknik eksfoliasi wajah ini hanya boleh dilakukan maksimal seminggu 2 kali saja, karena eksfoliasi wajah adalah cara untuk mengelupas atau mengangkat sel kulit mati, yang bisa menyebabkan iritasi wajah jika dilakukan terlalu sering.

Melakukan eksfoliasi wajah juga bisa membantu menyamarkan garis kerutan, meningkatkan elastisitas kulit dan mempercepat tumbuhnya sel kulit yang baru. Agar hasil maksimal, eksfolisi wajah harus dilakukan dengan urutan yang tepat. Berikut urutan eksfoliasi wajah untuk pemula, dilansir dari berbagai sumber:

Urutan Eksfoliasi Wajah dengan Toner

Eksfoliasi wajah bisa dilakukan dengan menggunakan toner, yang memilik kandungan Alpha Hydrody Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA). Kandungan ini aman digunakan maksimal 2 kali dalam seminggu pada malam hari, agar tidak mengiritasi dan membuat kulit wajah menjadi kemerahan.

Urutan menggunakan toner untuk mengeksfoliasi wajah adalah merendam kapas ke dalam toner selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengompres wajah selama 5 hingga 10 menit. Kemudian usapkan kapas secara lembut, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Contoh produk toner yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi wajah yaitu COSRX AHA/BHA Clarifying Toner, Some By Mi AHA BHA PHA, Avoskin Miraculous Refining Toner dan Benton Aloe BHA Skin Toner.

Urutan Eksfoliasi Wajah dengan Serum

Selain menggunakan toner, eksfoliasi wajah juga bisa menggunakan serum, yang memiliki kandungan AHA, BHA dan PHA. Kandungan yang terdapat di dalam serum ini, bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit dan membunuh kuman serta bakteri yang ada di dalam pori-pori.

Urutan penggunaan serum eksfoliasi yang pertama, memilih produk serum yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang ringan sekitar 3% sampai 5%, kemudian oleskan keseluruh wajah di malam hari dan lanjutkan dengan penggunaan pelembap. Saat melakukan eksfoliasi wajah dengan serum, jangan gunakan toner eksfoliasi agar kulit tidak over eksfoliasi.

Penggunaan serum eksfoliasi ini bisa dilakukan seminggu 2 kali saja. Contoh produk yang bisa digunakan adalah Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution, Avoskin Miraculous Refining Serum dan Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum.

Eksfoliasi Wajah dengan Bahan Alami

Eksfoliasi wajah juga bisa dilakukan dengan cara yang alami. Kamu bisa menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan organik seperti lemon, madu, kopi dan yogurt, yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah.

Urutan menggunakan masker untuk eksfoliasi wajah adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian mengaplikasikan masker ke seluruh wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit, gosok masker secara perlahan dan bilas dengan air hangat.

Setelah menggunakan masker, jangan lupa menggunakan pelembap untuk membuat kulit wajah tetap lembap, tidak iritasi dan membuat kulit lebih halus.

;
Loading