Sukses

Beauty

Kandungan Skincare untuk Menyembuhkan Jerawat Pustula

Fimela.com, Jakarta Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang memiliki titik berwarna putih di puncaknya. Titik putih atau nanah ini disebabkan karena minyak, debu, kotoran dan bakteri yang bercampur.

Jika tidak segera diatasi, titik putih atau nanah ini akan becah dan menyebar ke area wajah, yang menyebabkan peradangan dan memicu munculnya jerawat yang baru.

Awal terjadinya jerawat pustula ini, disebabkan karena adanya penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya komedo, kemudian komedo tersebut terinfeksi dan menyebabkan jerawat pustula. Agar jerawat tidak menyebar, berikut kandungan skincare untuk menyembuhkan jerawat pustula, dilansir dari berbagai sumber:

Ciri-Ciri Jerawat Pustula

Jerawat pustula adalah jerawat yang lebih parah daripada jerawat papula. Karena jerawat ini menyebabkan peradangan dan kemerahan pada kulit wajah, yang membuat kulit menjadi terasa nyeri dan menyebar cepat di area kulit.

Jerawat pustula ini disebabkan karena adanya infeksi pada komedo. Sehingga terdapat titik putih atau nanah yang berada diujung jerawat pustula. Jerawat ini memiliki tekstur yang keras jika disentuh.

Karena jerawat pustula ini disebabkan karena penyumbatan pada pori-pori akibat minyak berlebih, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengontrol produksi minyak, dan memulai pola hidup sehat dan bersih.

Kandungan Skincare yang Harus Digunakan

Salah satu cara untuk mengatasi jerawat pustula adalah menggunakan skincare secara rutin. Urutan penggunaan skincare yang tepat adalah menggunakan facial washtoner, pelembap dan tabir surya yang memiliki kandungan bahan aktif khusus untuk kulit jerawat. Berikut kandungan skincare yang harus digunakan untuk mengatasi jerawat pustula:

Niacinamide

Niacinamide memiliki fungsi untuk membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Sehingga mencegah penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya komedo dan jerawat pustula. Niacinamide bisa digunakan untuk jenis kulit yang berminyak maupun kering.

Salicylic Acid

Kandungan bahan aktif salicylic acid adalah kandungan yang sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak. Kandungan ini bisa menenangkan peradangan pada jerawat pustula, serta membantu mengontrol produksi minyak.

Benzoyl Peroxide

Kandungan yang selanjutnya adalah benzoyl peroxide, yang membantu mengatasi jerawat pustula secara efektif. Karena kandungan ini bersifat sebagai antiseptik dan antiinflamasi, yang cepat membunuh kuman penyebab jerawat.

Kebiasaan yang Harus Dihindari

Untuk mencegah munculnya jerawat pustula yang baru, serta membantu menghambat penyebaran jerawat pustula, kamu bisa menghindari beberapa kebiasaan yang memicu munculnya jerawat pustula.

Tentu saja kamu harus menghindari kebiasaan memencet jerawat pustula, karena jika jerawat ini dipencet, akan menyebabkan peradangan pada jerawat, serta menyebarkan infeksi pada kulit wajah dan memicu munculnya jerawat baru.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak. Karena kandungan gula dan lemak bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, serta meningkatkan produksi minyak di kulit wajah.

Kebiasaan yang harus dihindari yang terakhir, yaitu hindari menggunakan riasan yang terlalu tebal, karena bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan membuat kulit lebih berminyak serta berkomedo.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Cara Alami Membuat Masker Mata untuk Menghilangkan Keriput
Artikel Selanjutnya
Urutan Eksfoliasi Wajah untuk Pemula Tanpa Mengiritasi Kulit