Sukses

Beauty

6 Bahan Makeup yang Harus Dihindari Jika Memiliki Wajah Rentan Berjerawat Menurut Ahli Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Jika dirimu rentan berjerawat, maka harus hati-hati dalam memilih produk kecantikan. Tentu hal ini dilakukan agar jerawat tidak mudah muncul atau membuat semakin parah. 

Melansir bride, wajah yang mudah berjerawat, kuncinya adalah menghindari bahan yang komedogenik (penyumbatan pori). Yoram Harth, MD, dokter kulit dan direktur medis MDacne, menjelaskan, jika suatu produk disebut sebagai komedogenik, itu artinya produk ini lebih cenderung menyebabkan pori-pori tersumbat, yang menjadi penyebab jerawat.

“Jadi bagi siapa pun yang memiliki kulit rentan berjerawat, semua produk harus "non comedogenic,” ujarnya. 

Selain itu, di bawah ini daftar kandungan di makeup yang harus dihindari. 

 

1. Minyak

Minyak termasuk almond, alpukat, minyak kelapa yang terkenal, yang ada di banyak produk alami di pasaran.  

"Hanya karena mereka alami bukan berarti mereka tidak dapat menyebabkan kerusakan," kata Rhonda Klein, MD, MPH, FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology di Westport, CT, Minyak ini sangat komedogenik dan harus dihindari.

Shari Sperling, MD, dokter kulit di Sperling Dermatology di Florham Park, NJ, terutama di dalam hal minyak kelapa harus dihindari karena menyumbat pori-pori dan sangat komedogenik.

2. Silikon

Menurut Deanne Robinson, M.D., FAAD, seorang dokter kulit di Modern Dermatology, silikon adalah bahan lain yang harus dihindari dalam riasan - terutama primer riasan, yang sering ditambahkan untuk memberi produk tekstur yang lembut dan tahan air. 

"Silikon dapat menyebabkan dehidrasi dan penyumbatan pori. Bahan yang menepuk dan menghidrasi yang harus dicari adalah asam hialuronat," kata Robinson. 

3. Wewangian

Ini benar-benar berlaku untuk semua wewangian buatan yang ditambahkan ke riasan, tetapi Harth mengatakan yang harus benar-benar diperhatikan adalah benzaldehida. “Benzaldehyde adalah wewangian buatan yang digunakan oleh beberapa produsen makeup.  Seperti wewangian lainnya, dapat menyumbat pori-pori  "jelasnya. 

 

4. Lanolin

Menurut Harth, lanolin adalah bahan utama yang harus dihindari jika memiliki kulit yang rentan berjerawat, jadi harus sangat berhati-hati saat memeriksa label produk. 

"Lanolin adalah sebum, atau minyak kulit domba. Sayangnya, lanolin sangat komedogenik dan dapat menyebabkan lebih banyak jerawat pada kulit."  Nama lain untuk lanolin adalah, acetylated lanolin alcohol, ethoxylated lanolin, PEG 16 lanolin dan solulan 16. Klein menambahkan lanolin juga dapat menjadi pemicu terjadinya dermatitis kontak.

5. Petrokimia

Menurut Robinson, bahan ini sebenarnya tidak akan disebut "petrokimia" pada labelnya — tetapi tetap berbahaya bagi kesehatan kulit. Petrokimia dapat muncul di label kosmetik dengan kedok lilin parafin, minyak mineral, atau petrolatum.

"Ini adalah bahan kimia yang digunakan untuk menjaga umur simpan produk, tetapi dapat menyumbat pori-pori,” paparnya.

6. Natrium klorida

Ini adalah nama lain untuk garam biasa, yang  tidak mengira akan ada di riasanmu, namun ternyata, terkadang garam ditambahkan ke produk sebagai zat pengental.  Namun, jika rentan berjerawat, itu adalah sesuatu yang harus dihindari.

Sodium Chloride, nama lain dari garam biasa, digunakan untuk jenis alas bedak tertentu.  Mirip dengan makanan asin, bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan lebih banyak jerawat, terutama di bagian dagu dan sekitar mulut.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading