Sukses

Beauty

5 Tips Merawat Kesehatan Kulit Wajah dari Paparan dan Bahaya Asap

Asap tidak hanya merusak organ dalam tubuh, tetapi juga memengaruhi kesehatan kulit wajah. Pasalnya, asap mengandung partikulat, sejenis polusi udara yang akan masuk melalui pori-pori dann menyebabkan radikal bebas, kulit kusam, warna tidak rata, hingga keriput.

Sayangnya sebagian besar aktivitas kita diluar rumah membuat kulit wajah mudah terpapar asap setiap hari. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara yang tepat untuk merawatnya. Jika dibiarkan dan diabaikan, kesehatan kulit wajah dapat terganggu.

Pastinya merawat kulit akibat paparan asap cukup berbeda dari merawat kulit pada biasanya. Terdapat beberapa produk yang perlu kamu gunakan untuk melindungi kulit wajah dari bahaya asap.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 tips merawat kesehatan kulit wajah dari paparan dan bahaya asap. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Rajin Membersihkan Wajah di Malam Hari Sebelum Tidur

Tips merawat kesehatan kulit wajah dari bahaya asap yang pertama ialah dengan rajin membersihkan wajah pada malam hari sebelum tidur. Sebagian orang lebih menyukai membersihkan wajah pada pagi hari. Mulai sekarang, alangkah baiknya, jika kamu membersihkannya saat ingin beranjak ke tempat tidur.

Tujuannya agar bakteri, keringat dan kotoran harian yang menumpuk di kulit, serta menyumbat pori-pori, akan hilang. Selain itu, kulit juga bisa bernapas dan kelembapannya terjaga jika kamu selalu membersihkannya sebelum tidur.

Menggunakan Produk yang Mengandung Antioksidan

Tips merawat kesehatan kulit wajah dari bahaya asap yang kedua ialah menggunakan produk perawatn wajah dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan adalah produk perawatan kulit nomor satu yang ditambahkan ke rutinitas jika kamu terpapar asap rokok.

Antioksida berfungsi untuk menstabilkan radikal bebas yang akan menyebabkan stres. Produk antioksidan juga akan meningkatkan kadar kolagen, membatasi pigmentasi, serta mengurangi peradangan. Sobel menyarankan untuk menggunakan vitamin C dan niacinamide, yang dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah secara rata.

Mengaplikasian Produk Tabir Surya

Tips merawat kesehatan kulit wajah dari bahaya asap yang ketiga ialah dengan selalu mengaplikasikan produk tabir surya ke kulit wajah setiap akan beraktivitas di luar rumah. Meskipun fungsinya hanya untuk melindungi paparan sinar matahari, tabir surya ternyata juga bisa membatasi paparan asap yang sulit dikendalikan, yaitu sinar UV atau matahari.

Sinar UV dapat memicu kerusakan sel, yang menyebabkan penuaan dini, garis-garis halus, bintik matahari dan kulit kendur. Jadi, pemakaian tabir surya penting walaupun saat cuaca mendung.

Hindari Kontak Langsung dengan Asap dengan Menggunakan Masker

Tips merawat kesehatan kulit wajah dari bahaya asap yang keempat ialah dengan menutup dan melindungi kulit wajah dari kontak langsung asap dan polusi. Kamu bisa mengenakan masker agar kulit wajah terhindari dari paparan asap dan juga polusi serta sengatan panas matahari.

Cara ini cukup efektif agar kulit wajah senantiasa terjaga, namun satu hal yang perlu diingat ialah masker yang kamu gunakan juga perlu diganti dan dijaga kebersihannya. Sebab, masker yang kotor akan menginfeksi kulit wajah.

Mengaplikasian Produk dengan Kandungan Tertentu

Terakhir, Tips merawat kesehatan kulit wajah dari bahaya asap yang kelima ialah dengan menggunkan produk kecantikan yang memiliki kandungan tertentu, pastinya kandungan tersebut amat dibutuhkan oleh kulitmu. Bahan-bahan seperti ceramide, squalane, colloidal oat, dan madu manuka ternyata juga bisa membantu mengatasi peradangan, dan menutrisi kulit dengan lipid agar kulit tampak sehat.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cantiknya Makeup Penikahan Chef Aiko, Riasan Kenangan dari Salah Satu Korban Sriwijaya Air SJ 182
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Kandungan Produk Skincare untuk Kulit Berminyak