Sukses

Beauty

3 Cara Menggunakan Toner Wajah yang Benar

Fimela.com, Jakarta Toner adalah rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan. Secara umum, toner digunakan setelah mencuci wajah, karena toner memiliki tekstur cair, yang sangat mudah meresap di kulit.

Toner memiliki fungsi untuk membantu menyegarkan wajah, menyeimbangkan pH kulit, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan dan menghidrasi kulit.

Tentu saja ada banyak kandungan yang terdapat di dalam toner, yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Namun untuk hasil yang maksimal, cara memakai toner harus diperhatikan dengan benar, agar tidak mengiritasi kulit dan menyebabkan bruntusan di wajah. Berikut cara menggunakan toner wajah yang benar, dilansir dari berbagai sumber:

Fungsi Toner

Toner adalah produk perawatan wajah, yang biasanya diaplikasikan setelah mencuci wajah, dengan menggunakan kapas atau disemprot ke wajah.

Sering digunakan sebagai penyegar wajah, ternyata toner memiliki banyak fungsi lainnya, yang bisa membantu mengatasi masalah kulit yang sering dialami oleh perempuan.

Sesuai dengan kandungannya, toner bisa membantu menghidrasi kulit kering, mengontrol produksi minyak, mengeksfoliasi kulit, menghilangkan komedo, memperbaiki tekstur kulit, melembapkan kulit, mencerahkan wajah hingga menghilangkan jerawat.

Kandungan Dalam Toner

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang memiliki jenis kulit kering, kulit berminyak dan kulit sensitif. Sehingga toner diciptakan dengan kandungan yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan jenis kulitmu. Berikut kandungan toner sesuai dengan jenis kulit:

Jenis Kulit Berminyak

Kulit berminyak terjadi pada saat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih. Minyak yang berlebih bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan komedo dan membuat kulit tampak mengkilap. Kandungan toner yang aman digunakan kulit berminyak adalah lidah buaya, lavender, tea tree dan witch hazel.

Jenis Kulit Kering

Kulit kering disebabkan karena kulit kekurangan cairan atau dehidrasi, yang membuat kulit wajah tampak lebih kusam dan kulit mengelupas. Kandungan toner yang bisa digunakan adalah lidah buaya, asam hyaluronic, chamomile, lavender, glycerin dan vitamin E.

Jenis Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kulit yang sangat mudah bereaksi saat bersentuhan dengan bahan kimia, pemicu alergi, udara yang terlalu dingin atau panas, yang disertai munculnya kemerahan di kulit. Kandungan toner yang cocok adalah lidah buaya, asam amino, non alkohol dan bebas pewangi.

Cara Memakai Toner

Toner yang boleh digunakan sehari-hari adalah toner yang bisa menghidrai kulit. Jika jenis toner yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit, gunakan toner hanya 2 atau 3 kali saja dalam seminggu. Toner yang digunakan tidak boleh memiliki kandungan alkohol atau parfum. Berikut cara memakai toner yang benar:

1. Menggunakan Kapas

Cara memakai toner dengan bisa kamu praktekkan, ketika kamu akan mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel kulit mati. Jika menggunakan cara ini terlalu sering, kulit wajah bisa mengalami iritasi dan kulit mengalami pengelupasan. Untuk mengaplikasikan toner dengan kapas, cukup tuangkan toner secukupnya ke kapas, dan usapkan kapas ke wajah dengan lembut.

2. Aplikasikan dengan Tangan atau Spray

Cara memakai toner dengan mengaplikasikan secara langsung dengan tangan, bisa kamu lakukan setiap hari, untuk membantu menghidrasi wajah dengan toner. Caranya dengan menuangkan toner ke tangan, dan tepuk-tepuk wajah dengan lembut. Selain itu, kamu juga bisa langsung menyemprotkan toner ke wajah, dengan menuangkan toner ke dalam botol spray.

3. Menggunakan CSM

CSM atau Chizu Saeki Method adalah cara memakai toner dengan metode ala Jepang, yang berfungsi untuk mencerahkan, melembapkan dan menyegakan wajah. Cara menggunakan CSM adalah siapkan hydrating toner, kapas dan air hangat. Lalu celupkan kapas ke dalam air hangat, kemudian peras kapas hingga kering, tuangkan toner ke kapas dan tempelkan kapas di wajah. Biarkan toner meresap selama 5menit.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Tren Produk Kecantikan dan Fashion di Masa Pandemi 2021
Artikel Selanjutnya
SK-II Tebar Cinta dengan PITERA™ XOXO New Year Limited Edition