Sukses

Beauty

4 Bahan Kimia Berbahaya pada Produk Tabir Surya yang Perlu Diwaspadai

Produk tabir surya atau sunscreen adalah basic skincare yang seharusnya digunakan oleh perempuan dan pria. Produk ini akan menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Ya, sangat dianjurkan bagi kamu untuk menjaga kulit agar tak mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung.

Bila ini terjadi, maka ada beberapa masalah kulit yang bisa terjadi. Salah satu perlindungan kulit yang dianjurkan untuk digunakan adalah menggunakan sunscreen. Sunscreen memang dikenal baik dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Namun, dibalik manfaat itu, ternyata sunscreen menyimpan risiko buruk yang akan berdampak pada kesehatan kulit jika di dalamnya mengandung bahan kimia berbahaya. bBahan kimia yang tersedia pada produk sunscreen ini sebenarnya berfungsi sebagai tabir surya yang nantinya akan menyerap sinar ultraviolet dari matahari.

Sayangnya, kandungan sunscreen chemicals ini dapat mengganggu sistem endokrin, dan mudah diserap oleh tubuh. Maka dari itu, Fimela.com kali ini akan mnegulas 4 bahan kimia berbahaya pada produk tabir surya yang perlu diwaspadai. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Homosalate

Bahan kimia berbahaya pertama yang ada pada produk sunscreen dan perlu kamu waspadai ialah homosalate. Zat ini dikenal baik untuk mempermudah proses penyerapan sunscreem ke kulit. Namun sangat disayangkan, karena saat zat ini sudah terserap sekali saja ke kulit, zat-zat homosalate yang ada di dalam tubuh akan terkumpul lebih cepat.

Hal ini bisa menyebabkan zat berubah menjadi racun yang membahayakan tubuh dan merusak hormon.

Oxybenzone

Bahan kimia berbahaya kedua yang ada pada produk sunscreen dan perlu kamu waspadai ialah oxybenzone. Oxybenzone merupakan bahan kimia yang dapat menyerap UVB. Selain itu, bahan kimia ini juga merupakan salah satu bahan aktif yang paling banyak ditemukan dalam chemical sunscreen. Nah, saat terpapar sinar matahari, bahan kimia ini akan mengakami reaksi kimia.

Kalau terserap kulit, bahan ini akan menimbulkan alergi kulit yang dapat menyebar dan akan berlanjut meski sudah tak terkena sinar matahari lagi. Selain itu, bahan kimia yang biasa ditemukan di produk sunscreen ini juga dapat memproduksi radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan kulit.

Octinoxate

Bahan kimia berbahaya ketiga yang ada pada produk sunscreen dan perlu kamu waspadai ialah octinoxate. Penggunaan bahan kimia octinoxate pada produk sunscreen sangat sering kali ditemukan di pasaran. Bahan ini sering digunakan dalam campuran sunscreen karena mampu menyerap sinar UVB.

Meski reaksi alergi dari octinoxate jarang sekali terjadi, namun pada penggunaan bahan ini dapat menyebabkan endocrine disruptors yang berujung pada gangguan kehamilan atau bahkan dapat menyebabkan kanker. Karena menimbulkan efek yang membahayakan kesehatan tubuh, pada penggunaan bahan kimia ini sangat tidak disarankan untuk anak-anak dan perempuan yang sedang hamil.

Retinyl Palmitate

Bahan kimia berbahaya ketiga yang ada pada produk sunscreen dan perlu kamu waspadai ialah retinyl palmitate. Retinyl Palmitate merupakan sebuah zat antioksidan yang juga termasuk ke dalam vitamin A. Ini sama halnya dengan kandungan vitamin A pada makanan. Sedangkan pada produk sunscreen, kandungan ini digunakan untuk meningkatkan perlindungan terhadap sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Namun, perlu diwaspadai pada bentuk vitamin A seperti retinol yang terkandung dalam produk ber-SPF ini. Alasannya, apabila kandungan ini terpapar sinar matahari, menyebabkan senyawa retinol berisiko pecah dan memproduksi radikal bebas yang bisa meracuni sel, merusak DNA, dan menyebabkan kanker.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Sahur untuk Kesehatan dan Resep Makanan Sehat
Artikel Selanjutnya
Wibu adalah Perwujudan Obsesi pada Budaya Jepang, Kenali Ciri-Cirinya