Sukses

Beauty

17 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dalam Waktu Singkat

Fimela.com, Jakarta Rambut panjang jadi gaya yang kamu pilih di tahun ini tapi terkendala sulit tumbuhnya? Memang, sih, kalau diniatin manjangin rambut prosesnya terasa lama. 

Menurut The American Academy of Dermatology Association rambut tumbuh rata-rata sekitar enam inci tiap tahunnya. Tetapi seringkali terasa lebih pendek, terutama kebanyakan orang kehilangan 50-100 helai rambut per hari.

 

Namun ada rahasia pertumbuhan rambut lebih cepat dengan perawatan rumahan dari para ahli. Simak pro tipsnya memanjangkan rambut lebih cepat secara alami melansir dari goodhousekeeping;

1. Rutin lakukan trim

Mungkin ini tampaknya berlawanan dengan intuisi, tapi jika menginginkan rambut panjang dan sehat, kita perlu memotongnya secara teratur. Tujuannya adalah menghilangkan ujung bercabang yang mematahkan rambut kita.

"Menghilangkan kerusakan memberi kesan jika rambut tumbuh lebih cepat. Lagi pula ujung rambut bercabang yang patah dapat menyebabkan rambut rontok," ujar penata rambut selebriti Michael Dueñas.

 

2. Tunda mewarnai rambut blonde

Mengganti warna gelap ke pirang atau blonde bisa menghambat rambut tumbuh lebih panjang. Sebab saat kutikula rambut rusak akibat bleaching, kita bisa mengalami lebih banyak kerusakan rambut atau ujungnya menjadi bercabang.

"Semakin sedikit perawatan kimiawi, semakin baik rambut tumbuh panjang," ujar Hair Colorist Elizabeth Hiserodt.

 

3. Distribusi minyak rambut alami

Seringnya kita lupa menyisir rambut saat tidur karena bisa jadi sudah kelelahan. Mulai sekarang, gunakan kesempatan mendistribusikan minyak dari kulit kepala secara merata dari akar sampai ujung rambut dengan menyisirnya. 

"Selain itu menyisir rambut di malam hari membantu meningkatkan sirkulasi yang membuat kulit kepala kita lebih sehat," ujar Hair Colorist Meri Kate O'Connor.

 

4. Makanan yang Tepat

Selain penggunaan produk rambut, pemberian makanan dari dalam juga sama pentingnya. Seperti asupan tinggi protein seperti dagung, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

"Meski kamu bukan pecinta daging, pola makan tinggi protein disarankan untuk pertumbuhan rambut. Selain itu vitamin A, E, dan E, mineral seperti zinc dan zat besi serta asam lemak omega-3 juga berkontribusi pada rambut sehat," saran dari Laboratorium Nutrisi Good Housekeeping Institute.

 

5. Minum vitamin di pagi hari

Untuk melengkapi diet dengan nutrisi yang cukup, suplemen atau multivitamin bisa membantunya. Carilah label multivitamin yang diformulasikan untuk rambut, kulit, dan kuku.

"Sebab mereka mengandung vitamin penting seperti biotin dan C plus B yang mendukung kesehatan rambut dan bonus mendapat kulit yang lebih baik dalam prosesnya," ujar Dr. Fusco.

 

6. Hindari keramas setiap hari

 

Stigma rambut bagus adalah bersih dan tidak ada kotoran tidak membantu memanjangkannya. Sebab keramas yang ideal adalah 2-3 kali seminggu untuk memberi waktu minyak alami melembapkan dari akar ke ujung rambut.

 

7. Melembapkan rambut secara rutin

Melapisi helaian rambut dengan kondisioner atau rambut secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan. Mengaplikasikan masker rambut dari akar ke ujung seminggu sekali juga bisa merangsang sirkulasi darah untuk membuat rambut lebih kuat dan panjang dalam waktu singkat.

 

8. Keramas dengan air dingin

Mandi dengan air panas dapat membuat kulit dehidrasi dan bikin kasar rambut kita. Jika ingin tetap membersihkan dengan air panas pastikan suhunya diturunkan sambil beri pijatan pada kepala untuk menghilangkan kotoran dan membantu meningkatkan sirkulasi.

 

9. Hati-hati saat menyisir rambut basah

Rambut sangat rentan patah saat basah. Sebab paparan air membuat bengkak dan meregangkan batang rambut. Sebagai gantinya sisir rambut sebelum keramas dan keringkan rambut setelah keramas dengan hamduk agar air tidak ada yang menetes.

Gunakan kondisioner tanpa bilas dari akar ke ujung serta pilih sisir bergigi lebar. Sisir perlahan untuk menecegah rambut robek.

 

10 Mulai gunakan minoxidil

Minoxidil telah disetujui FDA dan terbukti membantu menyetop kerontokan rambut serta menstimulasi pertumbuhan rambut kembali. Untuk solusi yang tepat sasaran ambil larutan topikal minoxidil 2 persen dan gunakan aplikator pipet untuk fokus pada area masalah yang spesifik.

 

11. Hindari styling dengan panas berlebihan

Berhentilah menata rambut secara berlebihan terutama jika harus menggunakan alat styling bersuhu panas. Jika tak bisa dihindari, selalu lindungi rambut dari panas yang menyebabkan rambut patah dan kusut.

 

12. Tidur di sarung bantal sutra

Merawat rambut saat tidur bisa dilakukan dengan mengganti sarung bantal. Sutra membantu rambut anti-kusut dan patah. Dan semakin sedikit kerusakan rambut, semakin cepat panjang rambut kita.

 

13. Perhatikan kulit kepala kita

Sangat mudah untuk melihat rambut berkilau pada awalnya dan menganggap produk rambut tersebut cocok untuk kita. Namun cobalah perhatikan kulit kepala kita, apakah terasa kering, berminyak, atau lengket?

Sebab jika folikel rambut tersumbat, pertumbuhan rambut tak bisa efisien. Jadi jangan abai dengan memperhatikan kulit kepala.

 

15. Perhatikan apa yang terjadi di bawah permukaan

1 dari 4 perempuan Amerika mengalami rambut menipis termasuk mereka yang lahir dengan rambut helaian tipis seperti bayi yang menjadi genetik. Sementara rambut rontok kerap disebabkan faktir keturunan.

Cobalah untuk menemui dokter untuk mengetahui diagnosisnya. Dan cari tahu perawatan terbaik untuk pertumbuhan rambut kita.

16. Masker Apel

Apel bisa dijadikan sebagai penumbuh rambut. Gunakan apel sebagai masker rambut dengan cara menghaluskan 2 buah apel yang sudah dibersihkan. Kemudian oleskan ke seluruh kulit kepala dan diamkan selama semalaman. Bilas pada saat pagi harinya.

17. Masker Madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Madu juga bisa dijadikan sebagai masker rambut. Kamu bisa mencampurkan madu dan minyak zaitun, lalu aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih dan lakukan secara rutin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading