Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Skin Purging Akibat Mencoba Skincare Baru

Fimela.com, Jakarta Saat mencoba skincare baru, biasanya kita akan dikejutkan dengan kondisi kulit yang mendadak berubah. Sahabat Fimela bisa mengalami munculnya jerawat di kulit wajah. Bahkan kondisi kulit bisa mengelupas dan mendadak kering.

Munculnya jerawat ini bukan berarti karena tidak cocok menggunakan produk skincare yang baru. Bisa saja karena kulit mengalami purging, akibat kandungan di dalam skincare mempercepat proses regenerasi kulit dengan mengeluarkan jerawat ke permukaan kulit.

Tak perlu khawatir jika Sahabat Fimela mengalami skin purging. Kondisi kulit seperti ini sangat wajar terjadi. Skin purging bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

 

Membedakan Skin Purging atau Breakout

Purging adalah reaksi kulit terhadap bahan aktif, karena mencoba produk skincare yang baru. Bahan kimia tersebut akan membersihkan kulit dari kotoran di dalam lapisan kulit, dan memunculkan jerawat baru. Selain itu, skin purging ini disebabkan karena kulit mengalami adaptasi terhadap bahan kimia, yang mempercepat proses regenerasi kulit atau mempercepat cellular turnover.

Biasanya kulit akan mengalami purging jika menggunakan skincare, yang memiliki kandungan AHA, BHA, vitamin C atau retinol. Setelah menggunakan produk tersebut, jerawat akan muncul di area kulit yang sering muncul jerawat. Karena di area kulit tersebut terdapat banyak komedo kecil, yang akan bereaksi terhadap kandungan bahan aktif dan memunculkan jerawat yang tidak meradang atau non inflamasi.

Jika jerawat meradang di area kulit lainnya, maka kondisi tersebut bisa disebut dengan breakout. Saat mengalami skin purging, kulit akan kembali normal selama 30 hari hingga 6 minggu. Tetapi jika jerawat tidak kunjung sembuh, berarti kulitmu sedang mengalami breakout.

 

Cara Mengatasi Skin Purging

1. Tetap Menggunakan Skincare Tersebut

Tak perlu panik jika mengalami skin purging. Walaupun jenis jerawat purging tidak meradang dan akan sembuh dengan sendirinya, tetapi jerawat ini harus tetap dirawat agar tidak meradang. Saat mengalami skin purging, lebih baik lanjutkan penggunaan skincare tersebut, karena semakin berjalannya waktu, kondisi kulit akan terlihat semakin membaik dan sembuh dari jerawat.

2. Gunakan Bertahap

Karena kulit wajah bereaksi terhadap bahan aktif yang terdapat di dalam skincare yang baru, lebih baik gunakan skincare tersebut secara bertahap. Misalnya gunakan 2 kali di malam hari saat minggu pertama, kemudian di minggu ke 2 gunakan 4 kali di malam hari, dan seterusnya hingga kulit beradaptasi terhadap produk tersebut.

3. Gunakan Pelembap dan Sunscreen

Agar lapisan kulit tetap terlindungi pada saat mengalami purging, maka gunakan pelembap wajah yang berfungsi untuk melembapkan, yang mengandung hyaluronic acid, centella asiatica atau emollent. Jangan lupa gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 PA++.

4. Hindari Makeup Tebal

Untuk sementara, hindari penggunaan makeup yang terlalu tebal. Karena makeup bisa membuat kondisi jerawat menjadi semakin parah, bahkan menyebabkan jerawat menjadi meradang dan susah disembuhkan.

5. Jangan Dipencet

Hindari kebiasaan memencet jerawat, karena bisa mengiritasi jerawat dan menginfeksi jerawat. Bekas luka akibat memencet jerawat juga akan susah untuk dihilangkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading