Sukses

Beauty

5 Bahan Berbahaya dalam Skincare yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Skincare adalah produk kecantikan yang berfungsi untuk merawat kulit, agar terhindar dari berbagai macam masalah kulit, seperti kulit kering, kulit berminyak dan kulit berjerawat.

Selain mengandung bahan aktif yang baik untuk merawat kulit, ternyata di dalam produk skincare terdapat bahan berbahaya, yang bisa mengiritasi kulit dan mengakibatkan masalah kulit baru.

Agar terhindar dari bahan berbahaya yang terdapat di dalam skincare, lihatlah komposisi kandungan yang terdapat pada kemasan produk. Berikut bahan berbahaya yang terdapat pada skincare, dilansir dari Merdeka.com:

Paraben

Sering kali saat kita melihat iklan produk skincare, disebutkan bahwa produk skincare tersebut tidak memiliki kandungan paraben. Karena paraben adalah bahan kimia yang berbahaya untuk kulit dan tubuh.

Paraben adalah bahan pengawet yang biasanya digunakan di dalam produk kecantikan. Turunan paraben yang sering terdapat di dalam produk kecantikan adalah butylparaben, ethylparaben, propylparaben dan methylparaben.

Jika menggunakan paraben dalam jangka waktu yang lama, maka bisa mengakibatkan kanker kulit, kanker payudara, gangguan sistem reproduksi dan lain sebagainya.

 

Triclosan dan Triclocarban

Triclosan dan triclocarban adalah bahan berbahaya yang umumnya terdapat di dalam produk sampo, pasta gigi dan deodoran. Tetapi bahan berbahaya ini juga sering ditemukan di dalam produk skincare.

Sebenarnya kedua bahan ini memiliki sifat sebagai anti bakteri, yang bisa membantu membunuh bakteri. Tetapi menurut sebuah penelitian, bahan kimia ini justru membuat bakteri menjadi kebal dan tidak mati.

Kedua bahan kimia ini bisa menyebabkan gangguan hormonal, gangguan fungsi otot, gangguan fungsi kekebalan tubuh, menyebabkan alergi kronis dan masalah kesehatan lainnya.

Polyethylene Glycol

Kandungan bahan bahaya yang terdapat di dalam produk skincare yang selanjutnya, yaitu kandungan polyethylene glycol yang bisa menyebabkan iritasi kulit, serta memicu reaksi alergi yang berlebihan.

Sebenarnya produk ini berfungsi untuk membantu penyerapan skincare di dalam kulit. Sehingga bahan kimia ini sering kali terdapat pada produk skincare yang bahannya cair seperti toner, pelembap, pembersih muka dan lain sebagainya.

Bahan ini juga sering ditemukan di dalam produk perawatan bayi, kosmetik, peralatan rumah tangga dan peralatan mandi. Bahan ini sangat berbahaya jika terkontaminasi oleh etilen oksida dan logam berat.

Oxybenzone

Oxybenzone adalah bahan kimia yang sering terdapat di dalam produk sunscreen. Oxybenzone ini memiliki fungsi sebagai penyerap sinar UVA, yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Sebenarnya ditahun 1987, bahan kimia ini sudah di klaim oleh The American Academy of Dermatology, bahwa bahan kimia itu aman untuk digunakan pada kulit.

Namun penggunaan bahan kimia ini harus digunakan sesuai dengan dosis usia dan daya tahan tubuh. Karena oxybenzone hampir sama dengan obat. Jika menggunakan secara berlebihan, dapat menyebabkan kanker kulit dan gangguan hormon.

Pewangi

Bahan berbahaya yang terakhir adalah parfum atau pewangi. Walaupun dalam keseharian kita menggunakan parfum atau pewangi untuk tubuh dan baju, tetapi pewangi tidak boleh digunakan pada produk skincare.

Pewangi ini memiliki zat yang dapat menyebabkan gangguan hormon, gangguan sistem pernapasan, sakit kepala, iritasi kulit, alergi dan bisa menyebabkan kanker. Pastikan untuk memilih produk skincare yang tidak mengandung pewangi atau fragerance free

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Ampuh Atasi Masuk Angin saat Berpuasa
Artikel Selanjutnya
Cara Memasak Cumi agar Tidak Amis