Sukses

Beauty

5 Urutan Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Kerutan Wajah

Fimela.com, Jakarta Saat seseorang memasuki usia 20an, sering menemukan masalah kulit berupa kerutan di wajah. Kerutan wajah adalah salah satu tanda-tanda kulit mengalami proses penuaan dini. Proses penuaan dini ini sangat wajar terjadi di usia lanjut.

Selain karena disebabkan oleh faktor usia, kerutan di wajah bisa muncul karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Jika Sahabat Fimela sering menggunakan produk kosmetik, maka akan mempengaruhi kondisi kulit wajah. Apalagi kalau kurang mengonsumsi air putih, maka elastisitas wajah akan berkurang dan menyebabkan kerutan.

Walaupun tidak terlalu mudah untuk menghilangkan kerutan di wajah, tetapi kerutan di wajah harus tetap dirawat dengan benar, agar berkurang dan tersamarkan. Kamu bisa melakukan perawatan wajah dengan konsisten. Berikut urutan perawatan wajah menghilangkan kerutan wajah:

Penyebab Kerutan di Wajah

Kerutan di wajah yang sering disebut dengan keriput, adalah proses penuaan dini pada kulit wajah. Kondisi ini menyebabkan tekstur wajah terlihat banyak lipatan. Kerutan ini biasanya muncul di area dahi dan mata.

Penyebab utama kerutan di wajah adalah karena faktor usia. Seiring bertambahnya usia, produksi protein dan kolagen di dalam kulit menjadi berkurang. Sehingga elastisitas kulit menjadi berkurang, kulit menjadi lebih tipis dan lapisan kulit menjadi rusak.

Selain itu, kerutan di wajah akan lebih mudah muncul karena kulit terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Pola hidup yang kurang sehat seperti sering merokok, mengonsumsi alkohol dan kurang mengonsumsi air putih, akan mengakibatkan munculnya kerutan. Apalagi jika jarang menggunakan produk skincare.

Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Kerutan di Wajah

Untuk mencegah dan menghilangkan kerutan di wajah, kamu harus rajin merawat kulit dengan menggunakan produk skincare. Pilih produk skincare yang memiliki kandungan bahan aktif dengan manfaat mampu menghidrasi dan melembapkan kulit wajah.

Kandungan bahan aktif di dalam pelembap yang bisa mencegah kerutan adalah hyaluronic acid, ceramide dan glycerin. Kandungan ini dapat menghidrasi kulit, mengunci kelembapan dan meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Pemilik kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dini juga harus rajin menggunakan serum, yang memiliki kandungan vitamin C, retinol atau bakuchiol.

Kandungan tersebut berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit, sebagai antioksidan yang mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit kusam. Kerutan di wajah juga bisa disebabkan karena kulit kering, yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Sehingga kamu harus menggunakan toner yang memiliki kandungan alpha hydroxy acids.

Urutan Perawatan Wajah untuk Menghilangkan Kerutan

1. Mencuci Wajah

Agar penggunaan skincare lebih optimal di kulit wajah, maka lakukan perawatan wajah dengan urutan yang benar. Urutan pertama dalam merawat wajah adalah dengan mencuci wajah setiap pagi, siang dan malam hari. Untuk kulit yang mengalami penuaan dini, gunakan facial wash yang teksturnya gentle.

2. Toner

Setelah mencuci wajah, gunakan eksfoliasi toner setiap seminggu 2 atau 3 kali di malam hari. Eksfoliasi toner berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Kemudian gunakan hydrating toner setiap hari untuk menghidrasi kulit.

3. Serum

Urutan yang berikutnya adalah menggunakan serum wajah. Serum berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan produksi protein dan kolagen di dalam kulit. Gunakan serum vitamin C, retinol atau bakuchiol di malam hari, dan gunakan serum hyaluronic acid di pagi dan siang hari.

4. Pelembap

Agar wajah lebih lembap dan kerutan di wajah hilang, gunakan pelembap secara rutin setelah serum. Pelembap berfungsi untuk melembapkan, mengontrol kulit wajah dan memperbaiki tekstur kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan dini. Berikan jeda 5 menit saat mengaplikasikan pelembap setelah serum.

5. Tabir Surya

Terakhir, gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 PA ++. Pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide. Fungsi dari sunscreen ini untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading