Sukses

Beauty

Cegah Penuaan dengan 6 Kandungan Skincare Berikut yang Bisa Mengencangkan Kulit

Fimela.com, Jakarta Penuaan tidak bisa dihindari, seiring bertambahnya usia kondisi kulit wajah akan mengalami perubahan. Tanda-tanda penuaan akan muncul pada kulitmu, mulai dari garis-garis halus hingga kerutan.

Kendati demikian, jika terus dibiarkan bisa membuat kulitmu semakin mengalami kerusakan. Belum lagi aktivitas sehari-hari yang menuntut untuk berkerja diluar ruangan, paparan sinar matahari langsung menyebabkan penuaan dini pada kulit wajahmu.

Selain memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat, komposisi produk skincare  juga harus diperhatikan. Kini ada banyak sekali kandungan produk perawatan kulit yang mampu mencegah penuaan. Sehingga akan sangat disayangkan bila dilewatkan.

Dilansir Real Simple, berikut ini 6 kandungan skincare terbaik yang bisa membuat kulitmu kencang dan tampak lebih awet muda.

1. Glycolic acid

Memiliki ukuran molekul terkecil, membuat asam glikolat menjadi kandungan produk perawatan kulit yang bagus untuk kulitmu. Asam glikolat termasuk ke dalam jenis AHA yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, meratakan warna kulit, serta memperkecil ukuran pori.

Selain itu, kandungan ini memiliki manfaat anti penuaan, yang mampu mencegah keriput pada kulitmu. "Bisa meningkatkan kadar kolagen dan elastin pada kulit," kata Rita Linker, seorang dermatologis dari Spring Street Dermatology di New York.

Meskipun demikian, untuk sebagian orang, kandungan ini bisa menyebabkan iritasi kulit. Terutama pada seseorang yang memiliki kulit super sensitif atau jika digunakan dalam konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakannya secara bertahap, agar kulitmu memiliki cukup waktu untuk beradaptasi.

2. Lactic Acid

Sama seperti asam glikolat, asam laktat juga termasuk ke dalam jenis AHA. Namun, kandungan ini lebih lembut dan tak menyebabkan iritasi dibandingkan asam glikolat.

Bahan anti penuaan ini kerap digunakan sebagai produk exfoliasi rumahan, Asam laktat dapat meratakan warna kulit dan membuat kulit lebih bercahaya. Tidak seperti bahan eksfoliasi lainnya yang bisa membuat kulit menjadi kering, asam laktat justru bisa melembabkan kulitmu. "Asam laktat telah terbukti meningkatkan faktor pelembab alami pada kulit,"ujar Jordan Carqueville, seorang ahli dermatologis di Chicago.

Perlu diketahui, bahan aktif ini akan membuat kulitmu lebih sensitif terhadap matahari, karena itu Linkner memperingatkan agar rutin menggunakan sunscreen untuk mencegah kerusakan pada kulit.

3. Hyaluronic Acid

Telah menjadi favorit banyak orang di dunia, hyaluronic acid dikenal sebagai bahan pelembab yang bagus untuk kulit. "Asam hialuronat bertindak seperti spons, menarik air ke dan kemudian menjebaknya di kulit," jelas Linkner.

Tak hanya melembabkan, asam hialuronat dapat membantu mengencangkan kulit, sehingga akan membuatmu tampak lebih muda. "Ini berarti tidak hanya melembabkan tetapi juga dapat membantu mengencangkan kulit Anda dan mengisi garis-garis halus karena dapat menahan hingga seribu kali beratnya sendiri dalam air," kata Carqueville.

Meskipun memiliki fungsi melembabkan, bahan ini tetap tidak bekerja secara efektif di atas permukaan kulit yang kering. Karena itu, Linkner menyarankan untuk mengoleskan bahan asam hialuronat pada kulit yang sedikit lembap atau melapisinya dengan pelembab lain.

4. Vitamin C

Sudah menjadi rahasia umum, vitamin C menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, faktanya vitamin C juga bermanfaat bagi kulitmu.

Vitamin C kaya akan antioksidan yang tinggi untuk membantu menetralkan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, vitamin C juga membantu memudarkan bintik-bintik dan perubahan warna pada kulitmu.Bahkan, vitamin C juga membantu merangsang produksi kolagen, sehingga membuat mu tampak awet muda.

Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap vitamin C daripada yang lain dan mengalami iritasi, dan juga sangat mudah menjadi tidak aktif jika terkena sinar matahari dan udara. Oleh sebab itu, cari produk vitamin C yang disimpan dalam botol gelap dan buram, dan simpan di tempat yang sejuk dan gelap, seperti laci.

5. Niacinimide

Untukmu yang kerap mengalami kemerahan atau iritasi, niacinimide adalah pilihan terbaik. "Suatu bentuk vitamin B3, niacinamide membantu menenangkan kulit yang meradang," kata Carqueville.

Meski dikenal sebagai bahan aktif untuk mencerahkan kulit, niacinimide juga memiliki manfaat ganda untuk anti penuaan. Zat aktif pada skincare ini juga bisa meningkatkan elastisitas sekaligus produksi kolagen pada kulit wajah.

Selain menenangkan kulit, kandungan vitamin B3 nya juga punya kemampuan yang baik untuk mengencangkan kulit lho. Sehingga tentu menjadi produk anti penuaan andalan bagi banyak orang.

6. Retinol

Retinol menjadi bahan aktif yang populer disukai oleh banyak orang karena kandungannya yang bisa mencegah penuaan kulit. Sebab, bahan ini bisa meningkatkan proses regenerasi kulit, sehingga menjadi bahan anti penuaan yang bagus untuk mengatasi garis-garis halus dan kerusakan akibat sinar matahari.

Untuk alasan yang sama, retinol juga bagus untuk memerangi noda. "Jadi jika Anda berurusan dengan jerawat dan keriput, retinol merupakan pilihan yang tepat untuk Anda." ujar Linkner.

Meskipun demikian, retinol memiliki beberapa manfaat negatif. Salah satunya dapat menyebabkan kemerahan pada kulit. Namun tak perlu khawatir, ada satu cara untuk mengatasinya, yakni dengan menggunakannya secara bertahap dan mengapitnya di antara dua lapisan pelembab biasa.

Agar lebih aman, gunakan bahan aktif ini seukuran kacang polong untuk seluruh wajah. Pastikan pula menyimpannya di tempat yang teduh dan gunakan sebelum tidur untuk membantunya bekerja lebih efektif. 

Penulis: Hilda

Loading