Sukses

Beauty

7 Urutan Perawatan Rambut agar Sehat dan Berkilau

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya kulit saja yang harus dirawat secara rutin. Tetapi rambut juga harus dirawat setiap hari dengan perawatan rambut yang tepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan rambut.

Rambut yang jarang dirawat akan mengalami beberapa masalah rambut. Biasanya perempuan akan mengalami masalah rambut rontok, rambut bercabang, rambut kering, kutuan, ketombe dan masalah rambut lainnya. Kondisi ini bisa mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya dirimu menurun.

Sahabat Fimela bisa melakukan perawatan rambut dengan cara yang tepat. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan konsisten. Untuk menghindari permasalahan rambut, berikut urutan perawatan rambut untuk membuat rambut sehat dan berkilau, dilansir dari berbagai sumber:

Urutan Perawatan Rambut

1. Gunakan Hair Oil

Urutan pertama merawat rambut adalah dengan menggunakan hair oil atau minyak rambut, yang diaplikasikan keseluruh lapisan rambut termasuk kulit kepala, kira-kira minimal 2 jam sebelum keramas. Mengaplikasikan hair oil di rambut sebelum keramas, bisa membuat rambut lebih lembap, berkilau, akar menjadi lebih kuat dan mempercepat pertumbuhan rambut. Saat mengaplikasikan minyak rambut ini, gunakan teknik memijat agar sirkulasi darah lancar. Kamu bisa menggunakan minyak almond, zaitun atau peppermint oil, sesuai dengan kondisi dan masalah rambutmu. Menggunakan hair oil ini lebih disarankan untuk rambut yang kering dan kusam.

2. Gunakan Sampo

Setelah menggunakan hair oil, bilas dengan air hangat sampai minyak rambut bersih. Kemudian keramas dengan menggunakan sampo, yang tidak memiliki kandungan ammonium lauryl sulfate, sodium lauryl sulfate dan kandungan keras yang lainnya. Pilihlah sampo yang memiliki kandungan sesuai dengan permasalahan rambutmu, seperti sampo khusus untuk rambut berminyak, sampo anti ketombe atau sampo yang mencegah rambut bercabang. Usahakan keramas setiap 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

3. Gunakan Hair Mask

Jika rambut sudah bersih, kamu bisa mengaplikasikan hair mask ke rambut dalam kondisi yang basah. Penggunaan hair mask ini bisa dilakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kamu bisa menggunakan hair mask yang berbahan alami seperti lidah buaya, alpukat, teh hijau atau buah-buahan yang lainnya, untuk membuat rambut tetap sehat dan berkilau.

Urutan Perawatan Rambut

4. Gunakan Conditioner

Setelah keramas dengan sampo, kamu bisa menggunakan conditioner untuk melembapkan rambut, menguatkan akar rambut dan membuat rambut tetap berkilau.  Saat menggunakan conditioner, usahakan jangan mengenai kulit kepala. Karena bisa membuat rambut menjadi lepek dan ketombean. Conditioner bisa digunakan kalau kamu tidak menggunakan hair mask.

5. Gunakan Vitamin

Setelah proses mencuci rambut selesai, kamu bisa menggunakan vitamin rambut sebelum mengeringkan rambut. Vitamin rambut ini membantu menutrisi rambut agar tidak mudah bercabang, jika terkena alat pengering rambut seperti catokan atau hair dryer.Selain menggunakan vitamin rambut, kamu bisa menggunakan serum rambut atau hair tonic, dalam kondisi rambut setengah basah dan sebelum mengeringkan rambut.

6. Gunakan hair mist

Urutan yang selanjutnya adalah menggunakan hair mist, untuk membuat rambutmu lebih wangi. Apalagi jika kamu lebih sering beraktivitas di lapangan dan menggunakan helm. Hair mist memiliki kandungan UV Protection, yang bisa melindungi rambut dari paparan sinar matahari, mencegah rambut kusam dan membuat rambut lebih mudah untuk disisir.

 7. Sering Sisir Rambut

Jangan lupa untuk sering menyisir rambut, untuk membantu menjaga tekstur rambut tetap lembut, halus dan mudah untuk ditata. Hindari menggunakan kucir rambut terlalu lama. Karena bisa membuat rambut kusam dan bercabang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading