Sukses

Beauty

7 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang Tanpa Harus ke Salon

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat indah merupakan impian setiap orang. Namun kenyataanya, banyak orang  yang harus bergelut dengan masalah rambut kering.

Meski terdengar sepele, rambut kering yang tidak segera diatasi bisa menjadi sumber munculnya berbagai masalah seperti mudah kusut, susah diatur, hingga kerontokan. 

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Dengan menerapkan perawatan yang tepat, rambut dapat menjadi lebih mudah diatur dan terlihat lebih sehat.

 Dilansir Healthline berikut 7 cara mudah merawat rambut kering dan mengembang yang bisa kamu lakukan di rumah. 

 1. Pilih sampo yang tepat

Gunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk rambut kering atau rusak. Karena sampo ini dirancang  untuk menggantikan kelembapan yang hilang. 

 Tetapi jika rambut Anda sangat kering, penata rambut Nathaniel Hawkins merekomendasikan untuk menggunakan sampo berbahan ringan yang hanya berfungsi membersihkan. “Bahan ini cukup lembut untuk menghilangkan kotoran dan penumpukan tanpa menghilangkan minyak pada rambut Anda,” kata Hawkins, dilansir Bhg.

 2. Hindari mencuci rambut setiap hari

Salah satu cara efektif mengatasi rambut kering adalah dengan menghindari mencuci rambut terlalu sering. Pasalnya, selain menghilangan kotoran, sampo juga dapat menghilangkan sebum sebagai minyak alami rambut Anda.

Kebiasaan mencuci rambut setiap hari pada orang-orang yang memiliki tipe rambut kering justru dapat memperburuk kondisi tersebut. Sebagai gantinya, cucilah rambut 1 hingga 2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

Jika Anda tidak bisa sehari tanpa keramas, paling tidak gunakan sampo khusus untuk rambut kering atau bahkan coba sampo bayi. Keduanya membersihkan rambut secara lembut tanpa menghilangkan minyak alami rambut sepenuhnya.

 

Cara merawat rambut kering dan mengembang

3. Gunakan kondisioner dan masker rambut

Selain pemilihan sampo, Anda juga perlu melengkapinya dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Menggunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. 

Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat. Untuk perawataan yang maksimal, Hawkins merekomendasikan untuk menggunakan masker rambut sekali dalam seminggu.

4. Hindari penggunaan pengering rambut

Alih-alih menggunakan pengering rambut setelah keramas, bungkuslah rambut Anda dengan handuk untuk mengeringkan rambut secara alami. Sebab, panas dari pengering rambut dapat membuat kondisi rambut semakin kering dan rusak. 

Jika Anda tidur dengan rambut basah, gunakan sarung bantal sutra agar kelembapan rambut tidak terserap ke bantal. 

5. Batasi penggunaan alat styling rambut

Cara merawat rambut kering berikutnya adalah dengan membatasi penggunaan alat styling rambut. Penggunaan alat-alat styling seperti catokan, pengeriting dan pengering rambut jika dipakai terlalu sering dapat merusak rambut.

 

Cara merawat rambut kering dan mengembang

6. Gunakan minyak esensial

Menggunakan beberapa tetes minyak argan di ujung rambut Anda dapat memberikan tampilan yang lebih halus dan kenyal. Minyak esensial lainnya, seperti minyak peppermint dan minyak lavender, dapat membantu menghentikan rambut rontok dan mencegah kerusakan.

Mencampurkan minyak argan, minyak peppermint, minyak lavender, dan minyak pembawa seperti minyak kelapa untuk membuat pewangi rambut yang cepat dapat mencegah rambut kering dari waktu ke waktu. Lakukanlah perawatan deep conditioning dari minyak kelapa hangat sekali setiap minggu.

 7. Potong rambut

Jika rambut Anda terlalu kering, mungkin ini waktunya untuk di-reset dalam potongan rambut yang baru. Meskipun rambut Anda tidak terlalu panjang, ujung bercabang dapat membuat rambut sulit ditata dan membuatnya terasa kering atau kasar.

“Memotong ujung rambut yang kering dan bercabang merupakan langkah mendapatkan rambut sehat yang instan.” tutur Hawkins.

Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Kering
Artikel Selanjutnya
9 Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang