Sukses

Beauty

Mengenal Rosehip Oil, Kandungan Skincare Dengan Segudang Manfaat untuk Kulit

Fimela.com, Jakarta Rosehip oil merupakan salah satu kandungan skincare yang populer. Dibandingkan minyak alami lainnya, rosehip oil dipercaya lebih unggul dalam hal kekayaan kandungan, khususnya soal urusan merawat kulit.

Dikenal juga sebagai rosehip seed oil, minyak ini berasal dari benih kelompok mawar yang sebagian besar tumbuh di negara Chili. Tidak seperti minyak mawar yang diekstrak dari kelopak mawar, minyak rosehip diperas dari buah dan biji tanaman mawar.

Rosehip oil telah lama dikenal sejak zaman kuno karena manfaat penyembuhannya yang mengesankan. Ekstrak dari benih ini biasanya mengandung banyak vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan asam lemak esensial.

 ”Ini adalah bahan yang populer dalam perawatan kulit karena manfaatnya yang melembabkan dan anti-penuaan." kata Joshua Zeichner , direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam rosehip oil, dirangkum dari Healthline dan Women’s Healh, berikut 8 manfaat dari rosehip oil yang bermanfaat untuk kulit.

 1. Menghidrasi dan melembabkan kulit

Rosehip oil mengandung asam lemak esensial, termasuk asam linoleat dan linolenat yang berperan untuk menghidrasi kulit. Berkat kandungannya tersebut, menjadikan rosehip oil sebagai pilihan yang sangat baik untuk melembabkan kulit kering dan gatal.

“Banyak orang yang secara teratur menggunakan rosehip oil, mencatat bahwa kulit mereka tidak terlalu kering. Ini masuk akal mengingat kandungan asam esensial, termasuk asam linoleat, yang ditemukan dalam produk ini.” kata Suneel Chilukuri, MD, pendiri Refresh Dermatology di Houston. 

 2. Mengatasi jerawat

Manfaat rosehip oil lainnya adalah bisa mengatasi jerawat. Rosehip oil mengandung retinoid, yakni senyawa turunan vitamin A yang baik untuk mengurangi jerawat.

Sebuah studi melaporkan penggunaan krim herbal berbahan dasar rosehip oil efketif mampu mengurangi tampilan jerawat. Studi ini melibatkan 60 peserta untuk melihat potensi anti jerawat dari rosehip oil dan 4 minyak nabati yang kaya akan retinoid.

Manfaat Rosehip Oil

3. Mencerahkan kulit

Kemampuan eksfoliasi secara alami dari rosehip oil, bermanfaat untuk mengurangi kulit kusam sehingga akan membuat kulit Anda cerah dan bersinar. 

Kandungan vitamin A dan C yang tinggi, mendorong pergantian sel kulit dan meregenerasi sel, sehingga meningkatkan kecerahan secara keseluruhan.

4. Mencegah penuaan

Berkat kandungan vitamin C yang tinggi, menjadikan rosehip oil sebagai bahan skincare yang manjur untuk mencegah penuaan. 

“Aktivitas antioksidan dari vitamin C melindungi dan memperbaiki kerusakan akibat sinar UV serta membantu mengurangi kerutan,” kata Kenneth Howe, MD, dokter kulit yang berbasis di New York City di Wexler Dermatology. 

Selain itu, karotenoid, yang merupakan senyawa mirip vitamin A juga mengatur pergantian kulit, "Sehingga membuat kulit lebih cerah, lebih merata,” lanjut Howe.

5. Membantu mengurangi peradangan

Rosehip kaya akan polifenol dan antosianin, yang dapat membantu mengurangi peradangan . Ini juga mengandung vitamin E, antioksidan yang dikenal dengan efek anti-inflamasi.

Dengan pemikiran ini, rosehip oil dapat membantu meredakan iritasi akibat rosacea, psoriasis, eksim, dan infeksi kulit.

6. Memperbaiki bekas luka

Beberapa penelitian pendahuluan tentang sel kulit di laboratorium menunjukkan bahwa rosehip oil secara efektif memperbaiki bekas luka.

Rosehip oil membantu menstimulasi makrofag bergeser ke bentuk yang mendorong penyembuhan yang baik, berlawanan dengan bentuk yang menyebabkan penyembuhan yang buruk dan pembentukan bekas luka yang lebih besar.

 

 

Manfaat Rosehip Oil

7. Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi membentuk bintik hitam atau bercak pada kulit. Umumnya, hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk paparan sinar matahari, perubahan hormonal, dan obat-obatan tertentu.

Namun, kandungan vitamin A termasuk retinoid pada rosehip oil, dapat mengurangi hiperpigmentasi dan tanda-tanda penuaan lainnya yang terlihat dengan penggunaan teratur. "Mereka juga mempercepat pematangan dan pergantian sel, yang menghasilkan efek pencerahan secara keseluruhan," kata Howe. 

8. Membantu mengurangi strech mark atau garis halus

Minyak rosehip kaya akan asam lemak esensial dan antioksidan, yang merupakan bagian integral dari jaringan dan regenerasi sel di kulit. Tidak heran jika minyak ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi bekas luka dan garis halus.

Satu studi baru-baru ini mengamati krim pencegah stretch mark yang mengandung minyak rosehip. Hebatnya, "Wanita yang menggunakan krim rosehip oil selama kehamilan cenderung tidak mengalami stretch mark, dan mereka yang sudah mengonsumsinya tidak bertambah parah." tutur Howe.

Efek samping rosehip oil

Pada umumnya, rosehip oil tidak memiliki efek samping tertentu dan aman digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, sebaiknya lakukan test patch sebelum menambahkan produk baru ke rutinitas harian Anda.

 

Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Loading