Sukses

Beauty

5 Tips Mencerahkan Kulit Leher dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Leher adalah salah satu bagian tubuh yang harus dirawat dan dijaga kebersihannya, untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri, mencegah kulit area leher menjadi kusam dan mencerahkan kulit leher yang menggelap.

Jika kulit leher tidak dirawat dengan benar, maka akan terjadi penumpukan sel kulit mati di area leher, yang membuat kulit leher terlihat kusam dan menggelap.

Apalagi area leher adalah area yang mudah terpapar sinar matahari, sering mengeluarkan banyak keringat dan bersentuhan denganr rambut. Sehingga harus rajin untuk dibersihkan setiap hari.

Agar kulit leher terlihat lebih cerah dan bersih, berikut tips mencerahkan kulit leher dengan bahan alami, dilansir dari berbagai sumber:

Pentingnya Merawat Kulit Leher

Menurut Dr. Howard Murad, yang merupakan dokter kulit dan pendiri Murad skincare, leher adalah bagian tubuh yang harus dirawat dengan telaten.

Karena kulit leher adalah area yang paling rentan terpapar sinar matahari dan radikal bebas. Paparan dari sinar matahari dan radikal bebas ini, bisa menyebabkan kulit leher terlihat kusam, menggelap dan memicu munculnya garis-garis halus.

Kebiasaan menundukkan leher saat beraktivitas, juga bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini di kulit leher. Sehingga kulit leher harus dirawat dan dibersihkan secara teratur.

Tips Membersihkan Area Leher

Kulit leher yang jarang dibersihkan dan dirawat dengan benar, bisa membuat kulit tampak gelap dan teksturnya kasar, karena sel kulit mati menumpuk di area leher.

Untuk membersihkannya, kamu bisa melakukan teknik eksfoliasi dengan masker yang biasanya di gunakan di wajah, untuk membantu mengangkat sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit yang kasar dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, aplikasikan sabun saat mandi sampai ke area leher dan dagu, agar biang keringat tidak menempel di area leher. Kamu juga bisa menjaga berat badan tetap ideal dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan, untuk menghindari masalah kulit yang muncul di bagian leher.

Tips Mencerahkan Leher dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya

Tips mencerahkan leher yang pertama yaitu dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan flavonoid yang bisa mencegah hiperpigmentasi kulit. Kandungan asam lemak, vitamin dan mineral di dalam lidah buaya juga bisa menghidrasi kulit leher, sehingga kulit leher tampak lebih cerah dan tidak kusam.

2. Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi kulit leher. Sehingga sel kulit mati yang terdapat di kulit leher bisa terangkat, dan kulit leher akan tampak lebih cerah. Caranya dengan mencampurkan cuka apel dengan air, lalu oleskan di area leher dengan kapas setiap 2 hari sekali.

3. Minyak Zaitun

Bahan alami yang selanjutnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun diperkaya dengan kandungan vitamin E, yang bisa membuat kulit terasa lebih lembap, tekstur kulit menjadi lebih halus dan mencegah tanda-tanda penuaan dini yang muncul di kulit leher.

4. Lemon

Perasan air lemon bisa digunakan sebagai masker leher, yang bisa membantu mencerahkan kulit dan membersihkan sel kulit mati. Karena air lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan, yang bisa melindungi kulit leher dari paparan sinar matahari dan radikal bebas.

5. Kentang

Tips mencerahkan leher yang terakhir, yaitu menggunakan kentang yang merupakan jenis umbi-umbian. Cara menggunakan kentang untuk leher, yaitu parut kentang dan peras air kentang. Setelah itu aplikasikan air perasan tersebut ke area leher, diamkan selama 10menit dan bilas dengan air bersih.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional, Ketahui Jenis dan Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Ambigu adalah Ketaksaan dalam Kata dengan Beragam Makna, Kenali Jenis-Jenisnya