Sukses

Beauty

5 Cara Memilih Parfum yang Aromanya Menyegarkan dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki aroma tubuh yang berbeda-beda. Tetapi bau badan yang tidak sedap bisa mengganggu penampilan. Sehingga banyak orang yang memilih menggunakan parfum, untuk membuat aroma tubuh lebih wangi.

Parfum adalah minyak wangi yang bisa di gunakan di tubuh atau pakaian, dengan kandungan alkohol, minyak esensial, senyawa aroma, fiksatif dan pelarut, yang membuat aroma tubuh menjadi segar dan wangi.

Parfum memiliki beberapa jenis yang ketahanan aromanya berbeda-beda, yaitu ekstrak parfum, eau de parfum, eau de toilette dan eau de cologne. Untuk mendapatkan aroma parfum yang menyegarkan dan tahan lama, berikut cara memilih parfum, yang dilansir dari Liputan6.com:

Jenis Parfum

Parfum terbagi menjadi 4 jenis, yaitu ekstrak parfum, eau de parfum, eau de toilette dan eau de cologne, berikut penjelasannya:

Ekstrak Parfum

Jenis ekstrak parfum adalah parfum yang memiliki kandungan minyak esensial sebanyak 20 hingga 40persen. Parfum ini aromanya kuat dan tahan lama. Karena kandungan minyak esensialnya banyak, sehingga tidak mudah menguap aromanya.

Eau De Parfum

Banyak orang menyukai parfum jenis eau de parfum. Jenis eau de parfum memiliki kandungan minyak esensial sebanyak 10 hingga 15 persen. Jenis parfum ini bisa bertahan sampai 6jam.

Eau De Toilette

Parfum jenis eau de toilette adalah parfum yang mengandung alkohol ringan, dengan kandungan minyak esensial sebanyak 4 hingga 10 persen. Parfum ini tahan selama 3 jam saja.

Eau De Cologne

Jenis parfum eau de cologne memiliki kandungan alkohol yang lebih banyak, daripada kandungan minyak esensial di dalamnya. Parfum ini mudah menguap dan tahan selama 2 jam saja.

Cara Memilih Parfum

1. Memilih Jenis Parfum

Cara memilih parfum yang pertama adalah memilih jenis parfum, yang tepat digunakan sesuai dengan kebutuhan harianmu. Contohnya, kalau kamu akan bekerja bisa menggunakan parfum eau de parfum, kalau di rumah saja bisa menggunakan parfum eau de cologne.

2. Pilih Sesuai Aroma yang Disukai

Kalau kamu menyukai aroma parfum yang sejenis, kamu bisa memilih aroma parfum dengan bahan dasar yang sama, agar aroma parfumnya sama, seperti aroma bunga, kayu atau aroma buah citrus.

3. Mencoba Aroma yang Ringan Terlebih Dahulu

Saat memilih aroma parfum, kamu bisa mencoba aroma parfum yang ringan seperti citrus, kemudian cobalah parfum yang aromanya kuat seperti bunga.

4. Jangan Mencoba Banyak Parfum

Agar parfum yang dipilih sesuai dengan aroma kesukaanmu, jangan mencoba banyak aroma parfum yang berbeda-beda. Cobalah maksimal 3 parfum saja, agar tidak bingung menentukan aroma. Kamu juga bisa memberi jeda waktu selama 15 menit, untuk mencoba aroma parfum yang lainnya.

5. Coba Di Area Tubuh Tertentu

Pada umumnya, orang-orang mencoba parfum di area pergelangan tangan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba parfum di area belakang daun telinga, area bawah tenggorokan, bagian dalam siku dan lutut.

Tips Menyimpan Parfum

Agar aroma parfum lebih tahan lama dan tetap menyegarkan, kamu bisa menyimpan parfum di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, yang udaranya sejuk dan tidak lembap.

Karena parfum memiliki kandungan alkohol, jadi jangan taruh parfum di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung, atau di dalam kamar mandi yang udaranya sangat lembap.

Jangan lupa untuk selalu menutup botol parfum. Parfum yang tidak ditutup bisa menguap, aromanya mudah hilang, cairannya menjadi oksidasi dan mudah kedaluwarsa.

Cara Menggunakan Parfum

Cara menggunakan parfum agar aromanya tetap menyegarkan dan tahan lama, bisa disemprotkan di area nadi seperti pergelangan tangan, area belakang daun telinga, area bawah tenggorokan, bagian dalam siku dan lutut.

Semprotkan juga parfum di seluruh pakaian. Karena serat kain pada pakaian bisa mengikat aroma parfum, agar aromanya tidak mudah hilang bahkan setelah pakaian dicuci.

Sebelum menggunakan parfum di area nadi, kamu juga bisa menggunakan lotion atau pelembap tanpa wangi-wangian, untuk menahan aroma parfum pada kulit yang lembap.

Hospital Playlist 2 Raih Rating Tinggi di Episode Perdana
Loading
Artikel Selanjutnya
Menilik Karakter Perempuan dengan Zodiak Gemini
Artikel Selanjutnya
Kumpulan Kata-kata Sabar dan Ikhlas agar Hati Tenang dan Damai