Sukses

Beauty

Inilah Alasan Mengapa Ketiak Bisa Berbau Seperti Bawang

Fimela.com, Jakarta Bau ketiak dengan aroma yang tidak sedap tentu dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Apalagi jika aromanya sangat menyengat seperti bau bawang. Tetapi mengapa itu bisa terjadi? Deirdre Hooper, seorang dokter kulit di klik kecantikan Audubon Dermatology berbasis di Louisiana, mengungkapkan bau itu disebabkan oleh keringat dan bakteri yang hidup di ketiak.

“Keringat memberi makan bakteri yang ada di kulit, sementara bakteri tersebut menghasilkan bau ketiak,” ujarnya kepada Livestrong. Hooper menjelaskan, setiap orang memiliki mikrobioma yang berbeda. Mikrobioma adalah koloni beragam mikroorganisme seperti bakteri yang hidup di dalam tubuh. Mikrobioma ini dipengaruhi oleh banyak hal seperti pola makan, stres, lingkungan, dan gen.

"Alasan mengapa keringat seseorang berbau lebih menyengat didasarkan pada mikrobioma mereka sendiri. Yang tidak berarti bahwa Anda kotor," kata Hooper.

Tidak menggunakan antiperspiran berpotensi menumbuhkan bakteri

Sebuah studi yang dimuat di Microbiome pada Januari 2015 mencoba mengusap ketiak dari 24 pria dan wanita. Hasilnya, mereka menemukan bahwa orang yang tidak menggunakan antiperspiran cenderung memiliki bakteri sekitar 50 kali lebih banyak daripada mereka yang menggunakan penghenti keringat topikal tersebut.

Rata-rata aroma yang dihasilkan ialah menyerupai bau urine kucing, bau asam pedas, bau kaki jamur, hingga bau bawang segar. Jadi dapat disimpulkan, seseorang yang memiliki aroma seperti bawang, disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di ketiaknya.

Bagaimana cara menghilangkan bau seperti bawang?

1. Membersihkan area ketiak

 Untuk mencegah aroma ketiak yang berbau tidak sedap, bersihkan area ketiak saat mandi. Carilah sabun lembut dengan kandungan anti bajteri atau pembersih dengan sodium hyochlorite.

"Kemudian, usapkan sabun ke ketiak selama 10 hingga 15 detik. Ini akan membantu membersihkan bakteri di area ketiak untuk sementara waktu," kata Hooper.

 2. Keringkan dengan baik

 Tips lain yang dibagikan oleh Hopper adalah mengeringkan ketiak dengan tuntas, terutama setelah mandi. Anda bisa menggunakan pengering rambut atau mengusapnya dengan handuk.

 Sebab, kekeringan akan menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi bakteri untuk berkembang biak. 

 

 

3. Gunakan antiperspirant

 3. Gunakan antiperspirant

Antiperspirant umumnya menggunakan aluminium untuk menyumbat saluran keringat untuk sementara, meskipun beberapa antiperspiran alami menggunakan bahan alternatif untuk mengurangi keringat. 

Dalam studi Microbiome 2015, orang yang memiliki bau ketiak bawang lebih intens adalah mereka yang tidak menggunakan antiperspirant.

4. Coba botox

Jika antiperspirant tidak cukup dan keringat masih sangat mengganggu, Anda bisa mencoba suntik botox. "Ini adalah cara yang aman dan efektif untuk mengurangi keringat di ketiak." kata Hooper.

 

Penulis: Hilda Irach

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading