Sukses

Beauty

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tubuh bagi Umat Muslim, Menurut Ustadz Riza Mihammad 

Fimela.com, Jakarta Dalam Islam, setiap orang dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan mulai dari menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan hati, hingga menjaga kebersihan diri, sebab kebersihan ialah sebagian dari iman.

Melalui kegiatan GIV Hijab Camp Ramadan, Ustadz Riza Muhammad menjelaskan lebih lanjut terkait kebersihan diri. Ia mengatakan jika Islam mencintai kebersihan dan kesucian, tidak hanya jasmani tapi juga batin. 

“Itulah mengapa hidup bersih adalah modal awal yang sangat penting bagi setiap manusia untuk menjalani hidup secara positif,” ujar Ustadz Riza dalam acara GIV Hijab Camp. 

Ustadz Riza menambahkan jika umat Islam diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan, contohnya seperti mandi dan berwudhu. Rasulullah SAW telah memberikan contoh kepada kita tentang kebersihan diri dan cara menjaganya. Ada hadis yang berbunyi “Bersuci (thaharah) itu setengah daripada iman" (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi). 

“Dari hadis tersebut kita bisa belajar bahwa menjaga kebersihan dapat menambah iman kita kepada Allah SWT. Lalu, turunannya dari hal ini adalah hadirnya banyak manfaat lain untuk diri kita, seperti dijauhkan dari penyakit, karena kesehatan merupakan salah satu nikmat yang tak ternilai harganya,” tambah Ustadz Riza. 

Ustadz Riza juga menjabarkan ayat ke-4 dari surat At-Tin, yang memiliki arti “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya,” yang secara umum mengajarkan manusia untuk senantiasa bersyukur karena Allah SWT telah menciptakan manusia sebagai makhluk paling sempurna.

“Oleh karena itu, sudah sepatutnya jika umat Islam mengikuti teladan Nabi Muhammad sebagai bentuk rasa syukur tersebut, salah satunya adalah menjaga kebersihan diri dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Pentingnya menjaga kebersihan dan merawat kulit tubuh kepada masyarakat, dengan menggunakan sabun kecantikan GIV Hijab yang mengandung bahan-bahan Islami yakni tin dan zaitun.

Stella Eidelina, Brand Manager GIV Hijab mengatakan banyak tumbuh di Asia Barat, buah tin yang juga dikenal dengan sebutan buah ara ini sudah ada sejak dahulu kala. Bahkan, berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Darda, buah tin merupakan salah satu buah yang diturunkan dari surga. 

Buah tin sendiri memiliki kandungan vitamin, mineral, dan fitronutrien yang berfungsi sebagai anti-oksidan, sehingga dapat membantu merawat kulit dengan sangat baik. Selanjutnya adalah buah zaitun yang kerap diesktrak ke dalam bentuk minyak. 

Minyak zaitun sendiri merupakan lemak yang diambil dari buah pohon zaitun yang berasal dari daerah Mediterania. Manfaat minyak zaitun pun sangat beragam, mulai dari menjaga kesehatan sampai memberikan nutrisi bagi kulit. 

“Kedua kandungan yang juga disebutkan di dalam Al-Quran ini pun kini dapat dirasakan manfaatnya melalui produk GIV Hijab Perfumed Beauty Soap yang dapat memberikan kesegaran serta membantu merawat kulit tubuh dengan sangat baik. Dan sudah bersertifikasi halal,” papar Stella. 

Merawat tubuh dan pikiran agar cantik luar dalam

Selain menjaga kebersihan tubuh, Beauty enthusiast, Listy Farianti Arifa menyampaikan ada beberapa cara agar seorang perempuan dapat terlihat cantik luar dan dalam, seperti berolahraga secara rutin, menjaga komunikasi dan interaksi dengan keluarga dan sahabat, terus aktif belajar berbagai hal baru serta memiliki sikap yang positif dalam menjalani keseharian. 

Listy juga mengatakan menggunakan produk kecantikan, skincare dan body care yang tepat sangat penting, seperti sabun mandi yang dapat merawat kulit tubuh dan memberikan kesegaran sepanjang hari.

 “Kecantikan dari dalam diri itu menurut aku adalah di saat kita memiliki hati dan pikiran yang sehat ya. Yang terpancar dari pribadi yang lembut, memiliki jiwa sosial yang tinggi dan tentunya memiliki kepercayaan diri sehingga mau dan berani untuk keluar dari zona nyaman. Rasa percaya diri inilah yang dapat memancarkan kecantikan dari dalam diri kita,” ungkapnya.

Selain itu, Listy juga menganjurkan agar kita tidak lupa melakukan aktivitas yang disenangi agar tubuh dan pikiran dapat tersegarkan kembali setelah beraktivitas, apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Bentuk kegiatan “me time” ini penting banget ya. Menurutku, salah satu bentuk “me time” adalah mandi, apalagi setelah seharian melakukan aktivitas yang padat. Kita bisa membasuh tubuh menggunakan air hangat sehingga dapat membantu melancarkan peredaran darah, kemudian bisa memijat tubuh sehingga otot jadi lebih relaks,” tutup Listy.

#Elevate Women

Loading