Sukses

Beauty

4 Cara Menggunakan Minyak Wijen untuk Rambut Rontok

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok adalah masalah yang sering dialami perempuan, saat hormon di dalam tubuh mengalami perubahan. Rambut rontok juga bisa disebabkan karena pengaruh pola hidup yang kurang baik dan juga stres berlebih. Rambut rontok yang tidak diatasi bisa menyebabkan kebotakan.

Kerontokan rambut ini tidak hanya terjadi pada usia dewasa saja, bahkan anak-anak juga bisa mengalami kerontokan rambut, yang disebabkan karena faktor keturunan, demam tinggi atau anak mengalami trauma. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat rambut yang rontok. Salah satunya adalah menggunakan minyak alami, yaitu minyak wijen. Minyak wijen merupakan minyak nabati yang dihasilkan dari ekstraksi biji wijen.

Selain bisa digunakan untuk merawat rambut yang rontok, minyak wijen juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Cara menggunakan minyak wijen ini cukup mudah. Untuk itu, berikut manfaat minyak wijen dan cara menggunakan minyak wijen untuk rambut rontok yang perlu diketahui:

Manfaat Minyak Wijen untuk Rambut

1. Mengatasi Rambut Rontok

Minyak wijen memiliki kandungan asam lemak tak jenuh, yaitu lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan asam lemak ini bisa membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut baru, melancarkan sirkulasi darah dan membantu mencegah rambut rontok.

2. Mengatasi Ketombe

Ketombe termasuk masalah rambut yang membuat kulit kepala terasa menjadi gatal. Ketombe ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh di kulit kepala, kurang bersih saat mencuci rambut dan kulit kepala yang kering. Minyak wijen ini memiliki kandungan yang bersifat sebagai antimikroba. Kandungannya ini bisa membantu mengatasi ketombe di rambut, membasmi jamur kulit dan melembapkan kulit kepala.

3. Menghambat Pertumbuhan Uban

Munculnya uban di rambut, bisa membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Menggunakan minyak wijen untuk merawat rambut, bermanfaat untuk membantu menghambat proses pertumbuhan uban. Karena minyak wijen diperkaya dengan kandungan vitamin yang lengkap.

4. Merawat Rambut yang Kusam

Manfaat menggunakan minyak wijen yang selanjutnya, yaitu bisa membantu merawat rambut yang kusam. Rambut kusam biasanya disebabkan karena rambut terlalu sering terpapar sinar matahari. Untuk itu, gunakan minyak wijen sebagai masker rambut, agar rambut tampak lebih berkilau dan sehat.

5. Melembapkan Rambut

Manfaat minyak wijen yang terakhir, yaitu membantu melembapkan rambut yang kering dan bercabang. Minyak wijen memiliki kandungan vitamin E, yang berfungsi untuk melembapkan.

Manfaat Minyak Wijen yang Lainnya

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Minyak wijen bisa dioleskan di gigi selama 10menit sebelum gosok gigi. Karena minyak wijen memiliki manfaat yang baik untuk gigi dan mulut. Kandungan minyak wijen dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, untuk mencegah bau mulut tidak sedap dan gusi berdarah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Minyak wijen juga bisa diaplikasikan pada kulit. Karena minyak wijen diperkaya dengan kandungan yang tinggi akan antioksidan. Kandungan ini bisa membantu mencegah paparan radikal bebas dan menghambat tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Minyak wijen dapat dikonsumsi sebagai minyak yang sehat untuk tubuh. Karena minyak wijen mengandung antioksidan dan asam lemak tak jenuh, maka minyak wijen bisa membantu mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Sehingga terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Diabetes

Minyak wijen juga bisa membantu mencegah penyakit diabetes. Karena minyak wijen mampu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Bahkan dapat berperan dalam regulasi gula darah jangka panjang.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat minyak wijen yang terakhir, yaitu bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga terhindar dari penyakit sembelit, peradangan usus besar dan bisa menurunkan berat badan.

Cara Menggunakan Minyak Wijen untuk Rambut

Setelah kita mengetahui berbagai macam manfaat minyak wijen, baik untuk rambut, kesehatan gigi, kecantikan kulit dan kesehatan tubuh, kamu perlu mengetahui cara mengaplikasikan minyak wijen di rambut, agar hasilnya menjadi optimal. Berikut cara menggunakan minyak wijen untuk rambut:

  1. Aplikasikan 2 hingga 3 tetes minyak wijen ke telapat tangan.
  2. Kemudian oleskan keseluruh rambut dan juga kulit kepala.
  3. Diamkan selama 30 menit sebelum keramas atau semalaman.
  4. Bilas hingga bersih saat keramas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading