Sukses

Beauty

Tips Makeup Tahan Lama dan Anti Nempel di Masker untuk Lebaran

Fimela.com, Jakarta Sebentar lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun sama seperti tahun sebelumnya, lebaran tahun ini masih dirayakan di tengah pandemi. Kendati demikian, situasi ini bukan menjadi penghalang untuk kamu tetap tampil cantik. Kamu bisa menggunakan makeup tahan lama yang natural untuk menyempurnakan penampilanmu di hari raya.

Akan tetapi sayangnya, bagi banyak orang makeup tahan lama sulit untuk diwujudkan. Makeup sering kali luntur dan menempel di masker. Apalagi setelah digunakan seharian, kondisi terik matahari yang panas dan berkeringat membuat makeup dengan mudahnya transfer ke masker.

Untuk menyiasatinya, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu intip agar makeup tahan lama dan tidak menempel di masker. Simak selengkapnya Sahabat Fimela.

1. Jangan menggunakan primer secara berlebihan

Primer sebenarnya bagus untuk mengisi garis-garis halus dan menjaga riasanmu tetap utuh. Namun penggunaan primer yang berlebihan justru akan berdampak sebaliknya.

Over-priming pada kulitmu hanya akan menciptakan penumpukan produk. Sehingga kemungkinan besar riasanmu akan transfer atau berpindah dengan mudah ke masker. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menggunakan serum atau primer yang menghidrasi secara ringan.

2. Pilihlah foundation matte yang tahan lama

Agar mendapatkan makeup tahan lama dan anti luntur saat pakai masker, tips selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan foundation matte yang tahan lama. Foundation matte bisa menahan produksi minyak berlebih di wajah, sehingga hasilnya pun lebih awet.

 

3. Gunakan bedak tabur dengan hasil matte

Saat base makeup sudah diaplikasikan secara merata, waktunya kamu untuk memakai bedak. Agar makeup awet dan anti menempel di masker, kamu bisa memilih jenis bedak tabur yang memberikan hasil matte.

Bedak tabur juga memberikan hasil yang lebih ringan sehingga membantumu terhindar dari makeup yang menempel di masker. 4. Fokus pada riasan mata

Menggunakan masker adalah waktu yang tepat untuk bereksperimen dengan riasan mata, termasuk permainan warna dan tekstur yang berbeda. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan eyeliner dan eyeshadow yang berkilau.Kamu juga bisa membuat wing liner dalam bentuk memanjang untuk benar-benar menonjolkan bentuk mata kamu.

 

5. Gunakan lip matte atau lip tint

Selain riasan di bagian wajah yang sering menempel di masker, ada juga lipstik di bagian bibir yang kerap menempel. Kondisi ini cukup menganggu karena warna lipstik yang cenderung terang dan cerah, sehingga saat masker dibuka akan terlihat jelas.

Untuk mengatasinya, hindari produk krim, satin, dan lip balm. Sebab produk bibir ini dapat dengan mudah menempel di masker. Sebaliknya, piihlah lipmatte atau liptint yang menyerap di bibir.

6. Kunci dengan setting spray

Langkah terakhir, agar hasil makeup lebih awet dan maksimal, aplikasikan setting spray di wajahmu. Dengan menggunakan setting spray, dapat mengunci makeup sehingga mencegahnya menggeser dan menempel di masker.

Pilihlah spray yang memberikan hasil matte sekaligus melindungi kulit kamu secara bersamaan. Idealnya dengan SPF dan antioksidan dengan SPF dan antioksidan yang menghalangi sinar UV dan polutan apa pun di udara.

Penulis: Hilda Irach

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran