Sukses

Beauty

4 Cara Menghaluskan Tekstur Kulit Wajah yang Kasar

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti ingin memiliki tekstur kulit yang lembut dan sehat. Jika memiliki kulit yang kering dan teksturnya kasar, bisa menyebabkan rasa kepercayaan diri menurun. Kondisi ini juga akan membuat makeup jadi susah menempel.

Tekstur kulit yang kasar ini bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati. Kemudian sel kulit mati akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berkomedo. Selain itu, bisa juga memicu munculnya beruntusan atau jerawat di kulit.

Kulit yang kasar atau kulit bertekstur ini, bisa dirawat dengan perawatan yang tepat. Sehingga tekstur kulit lebih lembut, halus, lembap dan memperbarui sel kulit yang mati. Berikut cara menghaluskan tekstur kulit wajah yang kasar:

Penyebab Kulit Kasar

Kulit yang kasar merupakan kondisi kulit yang kering, kusam dan berjerawat. Kondisi kulit kasar ini merupakan kondisi saat lapisan kulit atau skin barrier rusak, akibat paparan sinar matahari maupun radikal bebas. Kulit kasar juga bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati.

Sel kulit mati membuat pori-pori tersumbat dan membesar. Kemudian tekstur wajah akan bergelombang dan menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar. Kondisi kulit yang kasar juga bisa disebabkan karena proses penuaan dini pada kulit.

Produksi kolagen dan cairan di dalam kulit yang berkurang, membuat kulit menjadi dehidrasi dan teksturnya pun berubah menjadi lebih kasar. Bahkan pola hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar, seperti sering merokok, mengonsumsi alkohol, jarang mengonsumsi air putih dan stres.

Cara Menghaluskan Kulit Kasar

1. Mengeksfoliasi Kulit

Cara pertama menghaluskan tekstur kulit yang kasar yaitu dengan melakukan eksfoliasi kulit. Tetapi sebelum melakukan eksfoliasi, gunakan teknik double cleansing, untuk membersihkan wajah setelah seharian menggunakan riasan atau beraktivitas. Teknik double cleansing adalah yang pertama membersihkan wajah dengan micellar water lalu facial foam.

Jika wajah sudah bersih, lanjutkan dengan mengeksfoliasi wajah menggunakan toner yang mengandung AHA atau BHA, untuk mengangkat sel kulit mati dan meratakan tekstur kulit. Lakukan eksfoliasi wajah secara rutin setiap 2 kali seminggu.

2. Menggunakan Pelembap

Karena kulit yang kasar ini disebabkan karena kulit dehidrasi, maka gunakan pelembap untuk menghaluskan tekstur kulit yang kasar. Pelembap memiliki fungsi untuk mengontrol produksi minyak di wajah, menyeimbangkan pH kulit, menjaga kulit tetap lembap dan menjaga elastisitas kulit. Pelembap yang bisa digunakan untuk menghaluskan tekstur kulit yang kasar, yaitu pelembap yang memiliki kandungan humektan dan emollient, seperti hyaluronic acid. Selain itu kamu bisa menggunakan face oil seperti jojoba oil, argan oil dan grappesed oil.

3. Menggunakan Sunscreen

Kulit kasar juga bisa disebabkan karena pengaruh paparan sinar matahari. Jadi setelah menggunakan pelembap, aplikasikan sunscreen ke wajah di pagi dan siang hari, dengan kandungan UV Protection minimal SPF 30 PA++. Karena sunscreen tidak bisa bertahan lama di kulit, maka aplikasikan sunscreen setiap 4 jam sekali.

4. Ubah Pola Hidup

Ubah pola hidup menjadi lebih baik. Pola hidup dapat diubah mulai dari pola makan. Usahakan untuk menghindari makanan yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin, minerat, serat, karbohidrat dan kandungan nutrisi lainnya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih, agar kulit terhidrasi. Hindari mengonsumsi alkohol, minuman bersoda, makanan cepat saji, merokok dan begadang. Kamu juga bisa rajin melakukan olahraga, karena olahraga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat tampak awet muda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading