Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Mandi adalah aktivitas sehari-hari yang rutin dilakukan. Untuk membersihkan kulit dari kotoran, Sahabat Fimela bisa menggunakan sabun cair dengan kandungan yang aman untuk kulit.

Apalagi jika memiliki kulit yang sensitif, lebih baik memilih sabun mandi cair yang tidak memiliki kandungan parfum atau bahan kimia, karena bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kering dan mengelupas.

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang mudah bereaksi terhadap alergi, baik faktor kandungan bahan kimia atau faktor lingkungan. Sabun mandi cair yang bisa digunakan untuk kulit sensitif adalah sabun yang teksturnya gentle atau mild. Bagi pemilik kulit yang sensitif, berikut rekomendasi sabun mandi cair untuk kulit yang sensitif.

Kandungan Sabun Mandi untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kulit yang sangat rentan terhadap alergi, sehingga harus cermat saat memilih sabun mandi yang cocok digunakan untuk kulit sensitif. Sangat penting memperhatikan isi kandungan yang terdapat di dalam sabun mandi, untuk mencegah terjadinya iritasi atau pengelupasan kulit, akibat tidak cocok menggunakan kandungan di dalam sabun mandi.

Kulit sensitif sering terjadi pada kulit yang kering. Hal ini disebabkan karena kulit kering kekurangan cairan yang melindungi lapisan kulit. Untuk merawat kulit sensitif ini, kamu bisa menggunakan sabun mandi dengan kandungan amino acid seperti na cocoyl glutamate, cocoyl glycine K atau lauroyl methyl alanine na. Serta memilih yang ada kandungan amphoteric surfactant seperti na cocoamphoacetate dan cocamidopropyl betaine. Kandungan tersebut memiliki deterjen ringan sehingga ringan digunakan kulit sensitif.

Selain itu, kulit sensitif juga membutuhkan kandungan pelembap seperti emolien, seperti squalene, ceramide, hyaluronid acid dan oil. Jangan lupa memilih sabun mandi yang memiliki klaim hypoallergenic.

Hal yang Harus Dihindari Kulit Sensitif Saat Mandi

Untuk mencegah kulit sensitif jadi iritasi, lebih baik saat mandi hindari sabun mandi yang menggunakan alkohol, parfum atau deterjen. Kandungan tersebut terlalu keras untuk kulit yang sensitif.

Hal yang harus dihindari saat mandi yang selanjutnya, yaitu menghindari menggunakan scrub terlalu berlebihan. Walaupun produk body scrub bisa membantu melembutkan tekstur kulit dan mengangkat sel kulit mati, tetapi butiran scrub bisa membuat kulit iritasi dan mengelupas. Sebaiknya produk body scrub digunakan sebulan 2 kali saja.

Saat mandi, usahakan untuk tidak menggunakan air hangat, karena air hangat bisa membuat lapisan kulit menjadi kering dan dehidrasi. Air hangat tetap boleh digunakan, tetapi tidak boleh terlalu sering.

Rekomendasi Sabun Mandi

1. Dove Peach Self-Foaming Cloud Foam Body Wash

Rekomendasi sabun mandi yang pertama adalah Dove Peach Self-Foaming Cloud Foam Body Wash. Sabun mandi ini memiliki kandungan pelembap, seperti beauty essence dan hydro-ceramide yang aman digunakan untuk kulit sensitif. Sabun mandi jenis foam ini dijual dengan harga Rp 180ribuan.

2. Cetaphil Ultra Gentle Body Wash

Produk dari Cetaphil Ultra Gentle Body Wash adalah sabun mandi untuk kulit sensitif, yang memiliki klaim hypoallergenic dan non-comedogenic. Sabun mandi ini juga memiliki kandungan glycerin, aloe vera, vitamin B5 dan hydrolyzed wheat protein. Harga sabun mandi ini sekitar Rp 195ribuan.

3. Sensatia Botanicals Hydrating Body Wash

Rekomendasi produk yang selanjutnya adalah Sensatia Botanicals Hydrating Body Wash. Produk ini bisa merawat kulit kering yang sensitif, karena kandungan petitgrain oil dan lavender oil bisa menghidrasi kulit kering. Sabun mandi ini dijual dengan harga Rp 180ribuan.

4. The Body Shop Almond Milk & Honey Soothing & Caring Shower Cream

The Body Shop Almond Milk & Honey Soothing & Caring Shower Cream adalah sabun mandi yang bisa digunakan untuk kulit sensitif cenderung kering. Sabun mandi ini memiliki kandungan bahan alami seperti susu, almond dan madu yang bisa melembapkan kulit. Harga dari sabun mandi ini sekitar Rp 100ribuan.

5. St.Ives Soothing Oatmeal & Shea Butter Body Wash

Rekomendasi sabun mandi yang terakhir adalah St.Ives Soothing Oatmeal & Shea Butter Body Wash. Ekstrak oatmeal dan shea butter bisa membantu melembapkan dan mengatasi iritasi pada kulit sensitif. Harga produk ini sekitar Rp 60ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading