Sukses

Beauty

Susah Lepas dari Gadget saat WFH? Waspadai Blue Light yang Bisa Munculkan Kerutan Pada Wajah

Fimela.com, Jakarta Lebih dari setahun lamanya Work From Home alias WFH digaungkan sejak tahun lalu. Selama ini pula, nggak sedikit yang sampai sekarang masih terus beraktivitas di rumah. Bagi ibu rumah tangga yang juga sekaligus perempuan karier, WFH ini tentu membuat pekerjaan di rumah jadi dobel.

Selain harus membereskan pekerjaan kantor, juga harus pintar membagi waktu untuk mengurus keluarga. Satu hal yang mungkin nggak disadari, jika selama WFH, hampir segala pekerjaan dilakukan secara online. Akibatnya, gadget pun hampir nggak pernah lepas dari tangan. Ini belum ditambah banyak hiburan online juga, yang bikin durasi penggunaan gadget menjadi lebih lama di rumah.

Hampir semua gadget menghasilkan blue light. Padahal, ada efek buruk yang disebabkan oleh blue light, dari layar gadget bagi kesehatan mata dan juga kulit! Bagi kulit bisa memunculkan kerutan pada wajah. Seberapa tahukah kamu mengenai hal ini?

Blue Light dan Akibat yang Ditimbulkannya

Secara umum blue light diartikan sebagai gelombang cahaya pendek yang juga disebut sebagai cahaya biru dengan panjang 450-470nm. Blue light bisa dihasilkan dari sinar matahari, tetapi paling sering paparannya diterima dari layar gadget seperti smartphone, laptop hingga TV. Efek paparan jangka panjang dari blue light diketahui bisa menganggu waktu tidur, berisiko menganggu kesehatan mata, hingga bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah.

Blue Light Bisa Hancurkan Kolagen Pada Kulit

Mungkin kamu nggak merasakan bagaimana efek blue light ini pada kulit saat sedang memandangi smartphone selama berjam-jam lamanya, tetapi efek jangka panjangnya ternyata dapat menghancurkan kolagen. Proses tersebut terjadi lewat stres oksidatif. Selain itu, di dalam kulit terdapat sebuah zat bernama flavin yang mampu menyerap blue light dari gadget yang sering kamu pakai. Akibat proses ini, tubuh jadi lebih menghasilkan radikal bebas yang berisiko merusak kulit, hingga menyebabkan kerutan pada wajah.

Efek Blue Light Dapat Picu Noda Hitam

Nggak hanya sampai di situ, hasil penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Investigative Dermatology pada 2010 mengungkapkan jika efek blue light ini juga bisa memicu terjadinya noda hitam. Efek tersebut terjadi akibat hiperpigmentasi terutama bagi pemilik kulit gelap. Sekalipun pengaruhnya bagi pemilik kulit terang nggak terlalu signifikan menyebabkan munculnya noda hitam, tetapi bukan berarti dapat diabaikan. Sebab, terlalu lama menatap layar gadget juga bisa menyebabkan wajah jadi tampak kusam.

Cara Mencegah Kulit Agar Nggak Terpapar Efek Blue Light

Supaya efek negatif blue light pada kulit ini nggak berkelanjutan, mulailah untuk lebih efektif mengatur jam kerja. Begitu juga dengan durasi menatap layar gadget, cobalah untuk menguranginya secara perlahan. Alihkan dengan mengajak keluarga di rumah berinteraksi langsung, bermain, atau aktivitas seru lain. Selain bisa menghindarkan dari kebiasaan memegang gadget sendiri-sendiri, juga bisa meningkatkan waktu berkualitas bersama keluarga saat WFH.

Ada baiknya juga mulai rutin melakukan perawatan ekstra untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan blue light, seperti kulit kusam, noda hitam, hingga munculnya kerutan. Pastinya, kamu bia mengandalkan Pond's Age Miracle agar kulit tetap muda bercahaya. Apalagi Pond’s Age Miracle baru-baru ini memunculkan rangkaian perawatan kulit terbaik, yaitu Sheet & Eye Mask dan Mini Seru yang bisa membuat wajah tetap glowing biarpun di rumah saja.

Pond's Age Miracle Advanced Youth Serum Eye Mask hadir dalam bentuk eye patch dengan bahan hydrogel. Produk ini digunakan untuk area kulit bawah mata, agar tampak lebih segar dan cerah. Sementara Pond's Age Miracle Advanced Youth Serum Mask adalah masker wajah yang hadir dalam bentuk sheet mask dengan kandungan 10x serum untuk menjaga kecerahan dan kelembapan kulit wajah, sekaligus membuat wajah lebih glowing hanya dalam 10 menit.

Lengkapi rangkaian perawatan kulit indahmu dengan Pond's Age Miracle Double Action Serum. Serum yang bekerja 2in1 dari Pond’s Age Miracle ini memiliki 10x brightening power dan 2x anti aging power. Kandungan formula aktif di dalamnya dapat membantu regenerasi kulit baru, serta menutrisi kulit agar garis-garis halus dapat disamarkan dan noda hitam berkurang. Selain itu, kulit kamu jadi terasa kencang, lembap sekaligus cerah!

Loading
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Keren Seniman Mural Singapura dan Indonesia Mengekspresikan Kerinduan Akan Travelling Kembali
Artikel Selanjutnya
Sederet Bukti Menarik Jika Aice Nggak Hanya Peduli Kualitas Tapi Juga Kesehatan