Sukses

Beauty

Mengenal Istilah Clean Beauty Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulit

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang bersih tentu meningkatkan rasa percaya diri seorang perempuan. Kebutuhan untuk tampil cantik pun membuat banyak produk-produk skincare lokal berlomba merebut pasar. Yang kemudian kerap menjadi masalah dan dipertanyakan ialah kandungan bahan-bahan dalam skincare yang tak semuanya aman sehingga ditakutkan dapat memberikan efek samping jika dipergunakan dalam jangka panjang.

Walau tidak ada definisi pasti, namun istilah Clean Beauty untuk produk perawatan kecantikan kerap diartikan sebagai perawatan tanpa menggunakan bahan-bahan beracun. Umumnya, produk-produk kecantikan yang dikategorikan ke dalam clean beauty harus terbebas dari toxin atau bahan-bahan kimia yang jika digunakan dalam jangka panjang dapat berpotensi mengancam kesehatan.

Beberapa bahan yang tidak akan di pakai oleh produk-produk yang mengusung konsep clean beauty antara lain adalah synthetic fragrance, Paraben, Phthalates dan Hydroquinone. Lantas, kenapa konsep clean beauty harus menjadi prioritas dalam memilih skincare? Berikut penjelasan dan manfaatnya:

 

Manfaat skincare berkonsep clean beauty

1. Clean beauty skincare Menggunakan bahan yang aman dan non-toksin demi kesehatan konsumen

Clean beauty sendiri sebenarnya tidak fokus pada penggunaan bahan-bahan yang benar-benar alami. Kandungan di dalam produk skincare yang mengusung konsep clean beauty bisa juga terbuat dari bahan sintetis. Meskipun begitu, tak perlu ada yang dikhawatirkan, karena bahan tersebut biasanya sudah diteliti dan dikurasi agar aman untuk kesehatan.

2. Clean beauty skincare sebagai investasi kecantikan di masa depan

Sama seperti trend clean-eating, clean beauty juga menggabungkan konsep wellbeing dan kecantikan secara keseluruhan. Maka dari itu, menggunakan produk clean beauty biasanya tidak langsung membuat kulit cerah bercahaya seketika, karena merupakan sebuah gaya hidup yang harus dilakukan konsisten secara terus menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Transparansi antara produsen dan konsumen

Pada umumnya, clean beauty brand lebih transparan dengan komposisi yang ada di dalam produknya. Terlebih, saat ini masyarakat sudah semakin melek dengan kandungan yang terdapat di dalam produk yang digunakan. Hal itu pun diakui oleh Wenny, co-Founder dari brand Indoganic, skincare lokal yang mengusung konsep clean beauty pada setiap produknya.

"Melihat trend di 2021, masyarakat sudah mulai peduli dengan kesehatan dan lingkungan, dan kami sangat berharap konsumen untuk mencari tahu dan mengerti tentang bahan-bahan yang ada di dalam produk yang mereka gunakan," ungkap Wenny.

Indoganic sendiri merupakan brand skincare lokal yang menjual skincare tanpa penggunaan bahan-bahan berbahaya dalam produknya. Wenny berharap customer bisa semakin teliti untuk membaca bahan baku yang digunakan dalam suatu produk, terutama untuk produk skincare atau kosmetik yang digunakan sehari-hari.

Sampai saat ini, Indoganic konsisten menyediakan produk-produk yang membantu wujudkan keinginan masyarakat terhadap produk skincare berbahan aman, salah satunya melalui Brightening Vitamin C Serum with Glutathione. Kandungan utamanya terdiri dari Ascorbic Acid, Galactomyces dan Glutathione serta bebas dari pemutih kimia buatan. Formulasinya pun dibuat seminimalis mungkin sehingga tidak ada tambahan bahan yang tidak diperlukan.

"Saya tetap percaya wanita yang paling cantik adalah wanita yang sehat dan bahagia dengan dirinya sendiri," pungkas Wenny.

 

#Elevate Women

Loading