Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Milia dengan Kauter Wajah

Fimela.com, Jakarta Milia adalah salah satu masalah kulit yang sering muncul saat memasuki usia 20tahunan. Milia merupakan kista kecil yang bentuknya seperti benjolan di wajah, yang memiliki isi keratin atau protein. Semakin bertambahnya usia, milia akan bertumbuh semakin banyak dan sangat mengganggu penampilan.

Untuk mengatasi milia di wajah, Sahabat Fimela bisa melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan, yang bernama kauter wajah. Kauter adalah salah satu perawatan wajah untuk menghilangkan milia di wajah, yang dibantuk dengan alat modern dan dilakukan oleh dokter kulit. Tetapi sebenarnya kauter ini sudah dilakukan sejak zaman sebelum masehi.

Perawatan wajah dengan kauter sering disamakan dengan laser. Padalah kedua perawatan wajah ini memiliki fungsi yang berbeda. Agar tidak salah membedakan kauter dan laser, yuk kenali kauter wajah yang bisa menghilangkan milia:

Mengenal Kauter Wajah

Istilah kauter berasal dari bahasa Latin yaitu cautery. Kauter memiliki arti penggumpalan atau penghancuran jaringan tubuh, yang sudah dilakukan sejak zaman sebelum masehi. Di zaman dahulu, kauter digunakan untuk menghancurkan jaringan tubuh dan menghentikan pendarahan, dengan cara menggunakan benda panas seperti logam panas atau bahan kimia.

Seiring berkembangnya zaman, kauter hanya dilakukan oleh dokter kulit menggunakan alat bertenaga listrik atau eletrocautery. Sebelum melakukan kauter, biasanya pasien diberikan anastesi selama beberapa menit, agar tidak merasakan sakit saat dokter melakukan tindakan medis ini. Umumnya, kauter listrik ini dilakukan untuk operasi kecil seperti mengambil kutil di wajah atau milia.

Selain berfungsi untuk menghilangkan milia di wajah, kauter memiliki fungsi lain untuk menghilangkan tahi lalat dan kutil di wajah, dengan menggunakan jarum kecil steril yang diberi aliran listrik untuk menghasilkan energi panas. Bahkan alat kauter ini juga berfungsi di dunia medis untuk mengeringkan jaringan (electrodessication), menghilangkan gumpalan darah (electrocoagulation), membuang tumor dan juga sunat.

Bedanya Kauter dan Laser

Sebagian orang sering menyamakan antara laser dan kauter. Walaupun laser dan kauter memiliki fungsi yang hampir mirip, tetapi kedua alat ini memiliki perbedaan. Fungsi dari kedua alat ini memiliki perbedaan dan cara kerja alatnya yang berbeda.

Laser adalah light amplification by stimulated emission of radiation, yang cara kerjanya menggunakan sinar dengan fokus pada satu titik saja, dengan panjang gelombang tertentu dan intensitas yang tinggi. Laser memiliki fungsi untuk memotong, membakar dan merusak jaringan tubuh dengan tepat atau fokus pada satu titik saja. Sehingga jaringan sekitar tubuhnya tidak akan terkena sinar laser.

Laser bisa digunakan untuk memotong rambut, mengoperasi varises, memutihkan gigi, operasi batu ginjal, membunuh sel tumor, operasi mata dan lain sebagainya. Sedangkan kauter dilakukan dengan alat yang dialiri dengan listrik, bahan kimia atau perak nitrat, yang bisa berdampak besar bagi jaringan tubuh lainnya, karena cara kerjanya tidak hanya fokus pada satu titik saja.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading