Sukses

Beauty

3 Cara Meratakan Warna Kulit dengan Skincare yang Tepat Sesuai Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Warna kulit yang tidak rata bisa menyebabkan rasa percaya diri menurun. Warna kulit yang tidak rata ini, membuat kulit menjadi tidak cerah. Kondisi ini disebabkan karena adanya banyak faktor, seperti jerawat atau paparan sinar matahari.

Cara meratakan warna kulit bisa dilakukan dengan rutin melakukan perawatan. Sahabat Fimela bisa mengaplikasikan skincare yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Karena tidak semua penggelapan di kulit wajah, disebabkan karena satu faktor saja.

Saat menggunakan skincare, sebaiknya pahami kandungan bahan aktif di dalam skincare. Karena kandungan skincare memiliki banyak jenis dan fungsi, salah satunya untuk mencerahkan wajah atau meratakan warna kulit. Pastikan skincare yang digunakan tidak menyebabkan iritasi di kulit atau memicu masalah baru di kulit wajah. Untuk itu, yuk simak cara meratakan warna kulit berikut ini:

 

Penyebab Warna Kulit Tidak Rata

Penggelapan kulit atau warna kulit yang tidak rata, tidak hanya disebabkan oleh satu penyebab saja. Walaupun warna kulit tidak rata ini sering kali disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kulit yang menggelap karena paparan sinar matahari ini, sebenarnya terjadi secara alami karena tubuh memproduksi melamin untuk memperbaiki dan melindungi sel kulit yang terpapar sinar ultraviolet.

Warna kulit yang tidak rata juga disebabkan karena adanya bekas jerawat atau bekas luka. Hal ini biasanya disebut dengan hiperpigmentasi pasca peradangan (PIH). Jerawat atau luka yang meradang mulai sembuh, kulit akan mengalami kelebihan melanin yang membantu proses penyembuhan. Kelebihan melanin inilah yang membuat kulit menggelap dan membuat bekas jerawat atau bekas luka.

Adanya perubahan hormon bisa menyebabkan warna kulit jadi tidak rata, seperti munculnya melasma atau bercak gelap di kulit, terutama di bagian atas pipi, hidung, dagu dan bibir atas. Melasma ini biasa dialami saat perempuan sedang hamil.

Kandungan Bahan Aktif yang Meratakan Warna Kulit

1. Alpha Hydroxy Acids

Alpha Hydroxy Acids (AHA) adalah kandungan bahan aktif dalam skincare, yang termasuk asam alami yang ditemukan dalam makanan, seperti asam glikolat yang berasal dari tebu, asam sitrat dari jeruk, asam tartarat dari anggur dan asam malat dari apel. AHA memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit. Sehingga kandungan bahan aktif ini bisa membantu meratakan warna kulit.

2. Retinol

Retinol adalah vitamin A, yang sering kali terdapat dalam produk skincare untuk mencerahkan wajah. Kandungan senyawa ini aman digunakan untuk kulit yang berjerawat dan berminyak, karena kandungannya bisa membantu menyamarkan bekas jerawat, mencegah penuaan dini dan memperbaiki tekstur kulit.

3. Vitamin C

Kandungan bahan aktif dalam skincare yang bisa meratakan warna kulit selanjutnya, yaitu menggunakan vitamin C. Kandungan vitamin C ini memiliki sifat antioksidan, yang bisa melawan radikal bebas dan paparan sinar matahari, yang baik untuk mencerahkan warna kulit.

4. Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan bahan aktif yang sangat umum ditemukan dalam produk skincare pencerah. Kandungan ini bisa membantu meratakan warna kulit, karena berasal dari vitamin B3, yang aman juga digunakan untuk ibu hamil.

5. Alpha Arbutin

Kandungan yang terakhir adalah alpha arbutin, yang termasuk kedalam brigthening agents. Kandungan ini bisa membantu mengurangi produksi melanin di dalam kulit, sehingga akan menghambat penggelapan pada kulit wajah.

Cara Meratakan Warna Kulit

1. Akibat Paparan Sinar Matahari

Cara meratakan warna kulit akibat paparan sinar matahari, bisa dilakukan dengan cara rutin menggunakan produk sunscreen dengan kandungan UV Protection minimal SPF30 PA++, yang digunakan setiap pagi dan siang hari, serta diaplikasikan setiap 4 jam sekali dan 30 menit sebelum keluar rumah. Di saat malam hari, kamu bisa menggunakan sheetmask yang memiliki kandungan vitamin C atau niacinamide, yang bisa membantu meratakan warna kulit di malam hari, serta memperbaiki tekstur kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

2. Akibat Bekas Jerawat atau Luka

Perawatan kulit wajah dengan produk skincare, yang bisa membantu meratakan warna kulit wajah akibat bekas jerawat atau luka, yaitu skincare yang sifatnya sebagai eksfoliator. Kamu bisa menggunakan toner yang mengandung AHA dan serum retinol di malam hari, lalu di pagi harinya gunakan serum yang mengandung niacinamide, alpha arbutin atau vitamin C. Jangan lupa gunakan sunscreen juga.

3. Akibat Perubahan Hormon

Perubahan hormon adalah hal yang normal dialami oleh tubuk. Untuk meratakan warna kulit akibat perubahan hormon saat hamil, kamu bisa menggunakan produk niacinamide yang aman untuk ibu hamil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading